Audio Interfaces

Tips Memilih Audio Interface

  • By: Agung Hellfrog
  • Senin, 31 August 2020
  • 287 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Setelah Superfriends memiliki komputer dengan kecepatan dan kekuatan yang cukup sesuai dengan kebutuhan pekerjaan audio, selanjutnya kalian memerlukan perangkat keras yang sesuai untuk menghubungkan instrumen ke komputer kemudian diteruskan ke pengeras suara (speaker). Kebanyakan audio interface saat ini terhubung dengan komputer sobat baik melalui koneksi FireWire atau koneksi USB. Sebelum membeli audio interface, langkah pertama adalah memastikan jenis koneksi apa yang didukung komputer yang sobat punya. Namun dalam artikel ini juga akan dijelaskan jenis koneksi yang tercatat dalam perjalanan audio interface. Secara singkat audio interface tersedia dengan tiga jenis metode koneksi: PCI, FireWire, dan USB. Detailnya seperti di bawah ini:

PCI (Peripheral Component Interconnect)

PCI biasanya dihubungkan/dipasang ke dalam salah satu slot PCI yang terletak di dalam CPU. PCI termasuk teknologi yang cukup jadul dalam perjalanan perkembangan audio interface. Terdapat 3 variasi PCI yaitu:

1. Soundcard yang terpisah tanpa input dan output analog, itu berarti kalian perlu membeli alat tambahan seperti preamp terpisah, direct boxes, dan konverter AD (analog-todigital) dan DA (digital-ke-analog). Faktanya, bahkan untuk para profesional, ini bukanlah pilihan yang paling populer - terlalu banyak sehingga opsi ini dengan cepat jatuh dari pasar.

2. Input dan output analog di dalam kartu: Memiliki koneksi analog yang terletak di PCI namun hal itu biasanya menimbulkan masalah lainnya seperti hasil rekaman yang mendengung.

3. input dan output analog ditempatkan dalam kotak terpisah: Kotak ini disebut kotak breakout. Karena masalah dengungan tingkat rendah pada interface dengan konenktor analog, sebagian besar pabrikan audio interface berbasis PCI meletakkan sirkuit analog mereka di kotak terpisah dengan kabel yang terpasang ke kartu PCI. Satu keuntungan dari ini -selain menghilangkan dengungan-kalian juga dapat mengubah tingkat input dan output tanpa harus menggunakan menu perangkat lunak.

Salah satu keunggulannya dibandingkan jenis lainnya terletak pada kecepatan transfer, namun demikian jenis PCI bukan berarti tanpa masalah, terdapat beberapa masalah yang sering timbul seperti banyak komputer atau laptop (semua mac kecuali power mac) tidak memiliki slot PCI dan karena teknologi PCI berubah, sehingga menyebabkan card tidak muat lagi di semua komputer, maksudnya jika berniat membeli jenis PCI, silahkan pertimbangkan agar sesuai dengan komputer yang ada di rumah.

Firewire Interfaces

Audio interface dengan jenis koneksi firewire dianggap lebih praktis dan serbaguna dibandingkan PCI karena dengan mudah sobat dapat memindahkan antara dua komputer hanya dengan memindahkan kabel firewire dari satu komputer ke komputer lainnya atau jika kalian ingin ingin melakukan perekaman di luar studio sobat, ini menjadi nilai tambah karena interface dengan sistem firewire ini dapat dibawa sobat kemana pun yang sobat mau, tapi tentunya tetap harus bawa laptop, kemudian hasil perekaman suara tersebut bisa kalian bawa pulang untuk di-edit atau di-mixing di studio home recording sobat. 

FireWire tersedia dalam dua jenis: FireWire 400 dan FireWire 800, dan secara umum harganya berimbang dan sesuai dengan performa. Perangkat FireWire memiliki bandwidth yang lebih tinggi daripada USB 2.0, dan karenanya dapat mengirim lebih banyak data dengan lebih cepat. Dengan demikian maka akan menghasilkan kemampuan untuk memanfaatkan lebih banyak input dan output, serta peningkatan kinerja dan stabilitas. Selain itu FireWire biasanya didedikasikan untuk keperluan audio/video, keunggulan lainnya ialah beberapa perangkat FireWire dari keluarga yang sama dapat dihubungkan bersama untuk input dan output tambahan. Misalnya, kalian dapat menghubungkan dua Proyek PreSonus FireStudio bersama-sama untuk total input 20 dan 20 output.

USB Interfaces

Jenis koneksi USB merupakan solusi rekaman berbiaya rendah, untuk orang yang hanya membutuhkan beberapa input dan output tanpa mengurangi kualitas suara. Satu-satunya masalah dengan sistem koneksi USB untuk merekam audio adalah kecepatan transfer yang relatif lambat. Perangkat USB dapat digunakan hampir di semua komputer, karena hampir semua komputer memiliki port USB. Sebaliknya, kebanyakan PC modern tidak memiliki port FireWire built-in. Seseorang biasanya dapat memutakhirkan komputer mereka untuk mendukung FireWire, tetapi ini memerlukan pembelian perangkat keras tambahan. Tidak ada bentuk ketidakcocokan chipset dengan perangkat USB. Interface USB 2.0 dapat digunakan di hampir semua port USB 2.0; namun, dengan FireWire, seseorang harus memiliki chipset yang mendukung agar dapat menggunakan perangkat dengan benar. Perangkat USB biasanya memiliki harga yang lebih rendah daripada perangkat FireWire, sehingga mungkin lebih menarik bagi pengguna dengan anggaran terbatas dengan manfaat yang lebih praktis dan kualitas yang sepadan.

Dengan pertimbangan kekurangan dan kelebihan audio interface di atas, kini saatnya Superfriends memilih jenis koneksi terbaik bagi kebutuhan perekaman kalian, tapi yang terpenting kalau lo adalah musisi, pastikan karyanya disiapkan agar mudah untuk direkam dengan perangkat ini. Selamat memilih!

Foto: New York Times, istimewa

0 COMMENTS