Tips Memilih Distortion Pedal Bagi Gitaris Pemula

  • By: Agung Hellfrog
  • Rabu, 29 November 2017
  • 5540 Views
  • 8 Likes
  • 26 Shares

Setelah di artikel sebelumnya kita membahas tentang overdrive pedal, kali ini kita akan membahas pedal serupa tapi tak sama yaitu distortion pedal. Secara fungsi, pedal ini mirip dengan overdrive namun dengan jangkauan range distorsi yang lebih besar ketimbang pedal overdrive

[bacajuga]

Cara memilih distortion pedal?

Cara termudah untuk memilih pedal distorsi adalah dengan melihat kepada gitaris yang ingin kalian kejar sound-nya. Dengan melihat apa yang orang gunakan, setidaknya itu akan menjadi acuan pertama kita dalam menjawab kebingungan dalam memilih pedal yang akan kita gunakan.

Cara lainnya adalah dengan mendengar opini dari teman-teman yang sudah menggunakan pedal distorsi terlebih dahulu. Yang perlu diingat dalam melakukan hal ini adalah kita hanya mendengar opini untuk mengumpulkan informasi, bukan mengikuti apa yang teman kita lakukan. Jangan hanya karena teman kita menggunakan BOSS OD-3 dengan ampli Marshall lantas kita juga harus menggunakan itu. Namun, saat teman atau orang itu sedang live performance, kita dapat memperhatikan bagaimana gear tersebut bekerja dan apa bedanya saat pedal tersebut digunakan ataupun tidak digunakan.

Poin yang dapat dijadikan acuan: tone, kualitas, fleksibilitas, dan harga.

Untuk musik tertentu, kadar distorsi memainkan peran yang sangat penting. Karena untuk beberapa jenis musik: terlalu sedikit distorsi, sound kita terdengar lemah, namun terlalu banyak distorsi juga bisa berakibat parah, karena sound jadi tidak jelas. Berikut adalah beberapa poin yang bisa kalian jadikan acuan:

Tone

Poin ini mungkin akan memakan cukup banyak waktu, karena akan butuh waktu bagi kalian untuk meriset karakter tone dari beberapa pedal.

Kualitas

Poin yang satu ini mungkin lebih mudah untuk dipelajari. Kita tinggal melihat reputasi dari pabrik yang mengeluarkan pedal yang bersangkutan.

Fleksibilitas

Saat kita mencoba ataupun sedang melihat demo dari sebuah pedal distorsi, ada baiknya kita memperhatikan kemungkinan sound yang dapat dihasilkan oleh pedal tersebut, apakah sesusai dengan musik yang kita mainkan atau tidak

Harga

Poin terakhir tapi merupakan faktor yang paling menentukan hehe.

Seperti biasa, saya akan memberikan beberapa referensi pedal yang dapat kalian jadikan acuan. Dan menariknya, pedal-pedal yang akan saya jabarkan berada di kisaran harga satu jutaan namun tetap mempunyai kualitas yang oke.

Pro Co RAT2 Distortion pedal

Bisa dibilang sebagai pedal yang mempunyai sound setengah fuzz dan setengah distorsi. Dengan karakter sound yang berupa gabungan kedua hal tersebut, pedal ini mempunyai sound yang unik yang sulit ditemukan di pedal lain. Dengan fleksibilitas yang cukup tinggi, pedal ini dapat mengakomodir kita mulai dari genre blues, sampai hard rock ataupun metal namun dengan sound-nya yang khas

BOSS DS1 Distortion Pedal

Salah satu pedal klasik dengan sound yang cukup unik. Fitur yang paling menarik dari pedal ini mungkin harganya yang ramah. Meski demikian, pedal ini pernah ada di dalam rangkaian efek gitaris virtuoso sekelas Steve Vai

Joyo JF-02 Ultimate Overdrive

Lagi-lagi pedal ini masuk dalam list kita. Dengan deskripsi yang masih sama seperti di artikel sebelumnya, pedal ini memang mempunyai fleksibilitas tinggi yang dapat mengakomodir kita untuk mendapatkan sound, mulai dari overdrive yang smooth sampai sound pedal distorsi.

BOSS DS-2 Turbo Distortion

Masih saudara dari BOSS DS1, namun pedal ini menghadirkan sound distorsi yang lebih thick dan juga warm, dengan fitur dua ‘turbo’ setting dari BOSS, pedal ini bisa dibilang pantas masuk list kita saat ini.

Electro-Harmonix Soul Food

Mungkin pedal ini sedikit kurang cocok untuk pencinta high-distortion, namun merupakan pilihan menarik bagi gitaris yang mencari karakter tone yang warm, dengan level distorsi low-mid.

Well, semoga uraian di artikel kali ini dan artikel sebelumnya dapat membantu kalian untuk lebih paham mengenai pedal overdrive dan distortion. So, selamat mencoba dan jangan lupa untuk selalu memahami apa yang kalian perlukan untuk menjadi musisi yang baik.

2 COMMENTS
  • yukeren

    Keren tips nya

  • dephythreehandoko

    TIPS KEREN

Info Terkait

supergears
20 views
supergears
20 views
supergears
20 views
supergears
20 views
supergears
20 views
supergears
20 views