Toontrack Drums of Destruction

Toontrack Drums of Destruction: Plugin Rasa Lamb of God!

  • By: Agung Hellfrog
  • Senin, 18 March 2019
  • 822 Views
  • 8 Likes
  • 4 Shares

Mau membuat karya metal dengan sentuhan Chris Adler ‘Lamb Of God’? Beli plug-in ini!

Drums of Destruction

Di awal perkembangan era digital, saya masih melihat beberapa teman yang membuat file dram dengan cara yang sangat sulit: kick, snare dan lainnya digambar satu persatu, ini sudah tentu dengan velocity yang masih sangat rata. Tidak ada pilihan pattern yang sudah jadi dan bisa kita drag ke track Midi dalam session lagu yang sedang kita buat. Jadi saya membayangkan sendiri betapa ribetnya untuk membuat sebuah komposisi dengan track dram.

Tak lama kemudian setelah diperkenalkan seorang teman ke EZ Drammer pikiran saya mulai terbuka karena membuat komposisi, khususnya musik metal, dalam plug-in ini terdapat berbagai macam variasi pattern dan fill-in yang sering dijumpai. Jadi untuk contoh beat sederhana sampai blast beat yang rumit untuk digambar pun sudah ada di dalamnya. Fitur ini membuat komposer bisa menggambar draft lagu dengan lebih cepat.

Saya adalah salah satu yang senang menggunakan EZ Drammer. Bagi saya, seri yang saya gunakan sebelumnya Dram Kit From Hell, sangat membantu dalam proses "menggambar" dram. Plug-in ini sangat mudah digunakan, khususnya saat mengaransemen komposisi musik metal dan terbilang sudah cukup lengkap dari sisi pattern dan fill in, sekaligus mendukung sekali dari segi output sound.

Dram Kit From Hell adalah hasil kolaborasi dari Toontrack dengan Tomas Haake (Meshuggah) yang sudah berjalan lebih dari 15 tahun. Produk ini sekarang berkolaborasi dengan produser/engineer langganan Grammy, Josh Wilbur (Lamb of God, Megadeth, Korn, Gojira) dengan seorang drammer yang sangat fenomenal, Chris Adler (Lamb of God) dengan nama Toontrack Drums of Destruction. Hmmm, so Toontrack will deliver the Slam of God!

Build

Drums of Destruction memuat hasil rekaman langsung tepat setelah sesi album  Legion: XX  karya Lamb of God di Hybrid Studio, California. Adler mengunakan sampling  snare Black Panther Nomad, Black Panther Hammered Brass dan Warbid snare serta dramkit Mapex (2x  22", 10", 12", 16", 18").

Rekaman tersebut menghasilkan sound khas Adler, yang sangat bersih dan mempunyai artikulasi jelas dengan penambahan cymbals dari Meinl seperti Byzance, ride, hi hat sampai ke effect cymbal seperti bell dan china. Jadi semuanya menggunaka alat-alat yang biasa dipakai oleh Chris Adler.

Selain itu, opsi sound lainnya dalam plug in ini menggunakan beberapa pilihan sound dari Pearl dan Gretsch Dram. Bagi para penggemar Lamb Of God khususnya, Adler sepertinya menggunakan plug in VST ini dalam komputernya, dengan begitu penggunaan plug-in merupakan sebuah keharusan.

Feature

Selain semua direkam secara langsung oleh Chris Adler dan di studio rekaman Lamb of God, detil Plug-in ini mempunyai fitur spesifik seperti :

  • Dua kit dram (Mapex dan Pearl)
  • Lima sampling kick dan tiga sampling snare dram
  • 14 preset dan lima effect preset
  • Beberapa file Midi dram lagu Lamb Of God yang dimainkan Adler
  • Plug-in ini bisa digunakan pada platform dram digital yang sering kita jumpai, seperti EZ Drummer atau Addictive Drums

Conclusion

Banyak sekali variasi yang bisa kita gunakan untuk mengkomposisi sebuah karya metal dengan plug-in ini, tapi menurut saya plug ini ini kurang direkomendasikan untuk dipakai pada komposisi musik ballad dan pop. Sebabnya: jelas judul programnya saja sudah ada kata Destruction :D

Sudah tentu plug-in ini minimal digunakan untuk musik heavy rock dan varian yang lebih keras. Suara kick khas metal yang dihasilkan sangat solid dan terdefinisi dengan baik. Suara snare dengan range luas dari sound yang sangat deep maupun bright, dan suara cymbal yang bervariasi bisa memunculkan suara cymbal yang biasa dimainkan dram metal, termasuk small crash dan china cymbal.

Kita juga bisa menyesuaikan posisi microphone yang akan digunakan dengan menambahkan reverb atau kompresor. Tidak ada yang aneh dari semua sound yang dihasilkan, ini sangat mewakili untuk mengkomposisi musik metal secara digital.

Sekeras apapun gitar atau bass yang kita buat dalam mengkomposisi sebuah karya, dram merupakan sebuah fondasi penting dalam musik metal. Apalagi sound yang dihasilkan terdengar sangat real dari studio. Hal ini akan membuat komposer bisa lebih merasakan emosi lagunya secara nyata. Using Drums of Destruction, you have an awful lot to work with \m/

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
4222 views
superbuzz
1368 views

Randy Blythe Bentuk Band Baru

superbuzz
1782 views