Xotic EP Booster

  • By: Agung Hellfrog
  • Sabtu, 4 June 2016
  • 1836 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Xotic, nama yang membuat effect-effect popular seperti RC dan AC booster, Robotalk, BB preamp, kini kembali mengeluarkan efek berukuran mini ; EP Booster. Efek ini memungkinkan user untuk mem-boost level volume sampai dengan 20 db. Cara kerja circuit yang ada dalam efek ini ini menggunakan jenis FET (mungkin akan kita bahas di lain waktu, atau untuk lebih jelasnya bisa googling tentang FET hehe).  Efek ini didesain sedemikian rupa sehingga akan dengan mudah masuk kedalam rangkaian pedalboard yang paling sempit sekalipun.

Beberapa masa silam terdapat sebuah gear legendaris bernama Echoplex (EP-3) yang juga digunakan oleh nama besar seperti Jimmy Page, Van Halen, dsb.  Berdasarkan benda legendaris inilah EP booster dibuat. Hal pertama yang ditangkap oleh kita saat melihat efek ini adalah ukurannya yang mungil, dengan satu tombol on/off dan satu buah knob pengatur besaran decibel yang dikeluarkan. Namun sebenarnya didalam efek ini terdapat dua switch mini untuk Tonal shaping. Dua switch mini didalam efek ini berfungsi untuk boost baik high-end dan juga low-end freq.

Bisa dibilang efek ini lebih dari sekedar volume booster yang simple, tetapi juga efek ini dapat berfungsi sebagai pembentuk karakter sound secara keseluruhan yang dapat  digunakan untuk mem-push freq agar sesuai dengan telinga user.  Untuk gitaris yang menginginkan fitur overdrive atau eq lainnya, efek ini memang bukan pilihan yang tepat, namun untuk user yang menginginkan booster yang mempunyai sound yang natural atau lebih warm, benda ini sangat direkomendasikan.  

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
199 views
supergears
199 views
supergears
199 views
supergears
199 views
supergears
199 views
supergears
316 views