Billy Sheehan Sosok Bassist Yang Mampu Menjadi Ikon

  • By: AFR
  • Selasa, 18 August 2015
  • 5658 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Sudah bukan hal aneh ketika seorang vokalis band rock memiliki pamor melebihi personil lainnya atau bahkan menjadi ikon dari bandnya. Lalu bagaimana dengan seorang bassist di band rock? Pada umumnya bassist dari band rock kurang memiliki pamor dibandingkan personil lainnya, apalagi menjadi ikon dibandnya, itu merupakan hal yang sangat sulit. Masih ingat nama-nama besar bassist rock, seperti Geezer Butler (Black Sabbath), John Paul Jones (Led Zeppelin), Cliff Burton (Metallica), Paul McCartney (The Beatles), Steve Harris (Iron Maiden), Sid Vicious (Sex Pistols), Nikki Sixx (Motley Crue) dan Flea (Red Hot Chili Peppers), mereka memang memiliki pamor besar dan menjadi legenda digenerasinya. Pamor yang mereka peroleh bukan semata sebagai bassist saja, melainkan menjadi vokalis atau gaya hidup liar yang membuat mereka memlilik pamor besar. Kalau elo suka mengamati musik Rock pertengahan tahun 80 sampai 90-an pasti elo bakal kenal sosok seperti Billy Sheehan dari Mr.Big.

(Billy Sheehan/dimarzio.com)

Suka atau gak suka, Billy Sheehan memang sebuah nama fenomenal yang berhasil menggebrak belantika musik rock dengan gaya permainan “lead bass”, sampai dia dianggap sebagai ikon dari band yang dibentuknya, Mr. Big. Bukan cuma bandnya aja yang mendapatkan pengakuan internasional tapi Billy Sheehan berkali-kali di daulat sebagai bassist rock terbaik. Kecepatan tangan dari Billy Sheehan layaknya permainan Steve Harris bersama Iron Maiden, terlebih saat Billy Sheehan memainkan teknik two-handed tapping yang sebelumnya hanya dikenal sebagai teknik permainan gitar elektrik. Konon pengembangan teknik two-handend tapping untuk bassist ini terinspirasi dari permainan gitar Billy Gibbons.

Karena gitar adalah instrumen pertama yang dipelajari oleh Billy Sheehan, sosok seperti Jimi Hendrix dipastikan jadi inspirasi awal yang bikin Billy Sheehan terus memperluas referensi musiknya sampai berani bereksperimen dengan gaya musiknya, ia menggunakan bor listrik untuk bermain bass dalam lagu “Daddy, Brother, Lover, Little Boy”. Walaupun teknik dan kecepatan tangannya luar biasa tapi sound bass dari Billy tetap terdengar harmonis, terlebih kepekaannya dalam mengolah permainan bass untuk mengisi kekosongan disetiap lagu sehingga stuktur musik yang dibawa tetap terjaga dengan baik.

Mungkin bukan hal yang berlebihan pencapaian Billy Sheehan karena skill dan tekniknya, membuatnya menjadi satu-satunya bassist yang mampu menjadi seorang ikon didalam band rock “raksasa”, seperti Mr. Big.

0 COMMENTS

Info Terkait

supericon
61 views
supericon
61 views
supericon
61 views
supericon
61 views
supericon
61 views
supericon
61 views