Dave Grohl Humble Rock Star with Attitude

  • By: Lana Syahbani
  • Senin, 8 August 2016
  • 6992 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Sosoknya sebagai drummer Nirvana memang melekat kuat, tapi bukan hal ini saja yang membuat seorang Dave Grohl patut dikatakan sebagai icon. Ia adalah seorang rock star rendah hati dengan attitude.

Bangkit setelah kematian Cobain

Nama besar Nirvana sebagai band paling berpengaruh dan penting di era modern merupakan tanggungan berat bagi Dave Grohl setelah sang frontman Kurt Cobain wafat. Saat itu, Dave bisa saja berdiam diri dan menghabiskan hidup dengan titel ex-drummer band legendaris tanpa melakukan hal berarti. Semenjak berkarir sebagai drummer Nirvana, Dave memang rutin menciptakan lagu, tetapi tidak pernah diberikan untuk materi Nirvana-dengan alasan tidak mau mengganggu proses penulisan Kurt Cobain. Toh, pada akhirnya materi-materi itu berguna juga. Setelah cukup bingung harus melakukan apa setelah kematian Kurt, Dave merekam semua materi seorang diri dan mengemasnya ke dalam kaset. Siapa sangka, kaset demo itu merupakan langkah awal Dave menjadi seorang icon musik dunia.

Keputusan Dave berkarir dari nol merupakan langkah yang sangat riskan. Jika saja Dave bukan seorang multi-instrumentalis dengan bakat dan idealisme, ia hanya akan tenggelam di bawah nama Nirvana, tapi tidak. Kesuksesan penjualan album self-titled Foo Fighters (1995) adalah bukti musikalitas dari seorang Dave Grohl. Asal tahu saja, seluruh lagu dalam album tersebut ditulis oleh Dave, kecuali beberapa part gitar yang diisi oleh Greg Dulli. Bersama Foo Fighter, Dave memikat hati pendengar musik di US, UK, Kanada, Australia dan New Zealand.

Konsisten di dunia rock

Genre musik semakin banyak dan band bergenre musik rock yang bertahan di ranah mainstream tidak lah banyak. Foo Fighters dengan Dave sebagai leader, konsisten berkontribusi dalam dunia musik rock sejak 1994 hingga kini. Tidak ada band dengan musik hard rock yang masih produktif dan bermusik seperti Foo Fighters di era ini.

Tidak hanya bersama Foo Fighters, Dave juga merupakan co-founder supergroup Them Crooked Vultures dan terlibat dalam projek Queens of the Stone Age. Keterlibatannya di dunia rock tak hanya sebatas menjadi personil dalam sebuah band. Dave berkontribusi dalam projek rekaman para musisi dunia sebagai drummer, sebut saja Nine Inch Nails, David Bowie, Paul McCartney, Slash, Iggy Pop, bahkan sampai projek solo dari vokalis Motorhead, Lemmy Kilmister.

Dave Grohl yang rendah hati ini tidak hanya berkontribusi untuk projek musisi-musisi rock besar dan ternama. Dave menggantikan drummer band garage rock asal Amerika Cage The Elephant dalam salah satu show, Oktober 2011. Dave pun menawarkan diri untuk bermain bersama mereka sepanjang tur, karena drummer mereka masih harus melewati masa pemulihan setelah operasi usus buntu. Musisi besar mana yang mau bermain bersama band yang bisa dikatakan dalam posisi junior jika dibandingkan dengan Dave yang telah melanglangbuana dan menerima Grammy dalam karirnya? No one can beat him yet!

Rock star with attitude

Dace adalah rock star yang rela melakukan apapun di atas panggung demi kepuasan fans dan penonton, termasuk saat dirinya terjatuh dan mengalami patah kaki, Juni lalu. Ia rela menyelesaikan show meski harus menahan kesakitan. Ini bukan kali pertama Dave berbaik hati pada fans. Ia membantu seorang anak naik ke atas panggung karena suasana penonton yang rusuh. Dave juga pernah menghentikan konser hanya karena ada oknum yang mengacaukan show dan menyuruhnya keluar dari venue dengan segera. He’s a caring rockstar afterall.

Banyak rock star multi-talenta dan berkarakter di luar sana, katakanlah Eddie Vedder atau Noel Gallagher, tetapi Dave adalah seseorang yang melebihi mereka. Selain gaya bermainnya yang sulit diimitasikan oleh musisi lain, ia tidak merasa malu untuk memakai kostum apapun dalam video klipnya dan ia seperti ensiklopedia rock berjalan yang memahami seluk-beluk tentang dunia rock. Dave akan selalu menjadi rock star terbaik, terhumoris dan paling disegani di Bumi.

Foto: lynezixi.comze.com, alternativenation.net, stuff.co

4 COMMENTS
  • WillyPrvs

    Rock On !!!!

  • rikysubagza31

    Sebagai drummer iya di katakan icon rock star renda hati, keren apa lagi dia punya attitude

  • selly

    Rock mesti punya attitude

  • amelsyahtar15

Info Terkait

supericon
82 views

Chuck D: Public Enemy Number One

supericon
82 views

Chuck D: Public Enemy Number One

supericon
82 views

Chuck D: Public Enemy Number One

supericon
82 views

Chuck D: Public Enemy Number One

supericon
82 views

Chuck D: Public Enemy Number One

supericon
82 views

Chuck D: Public Enemy Number One