Andy Tielman Jejak Musik Dari Godfather of Indorock

  • By: AFR
  • Selasa, 18 August 2015
  • 7335 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Andy Tielman yang dilahirkan 79 tahun yang lalu adalah salah satu sosok yang kita rasa sangat penting dalam perkembangan musik rock di Indonesia, bahkan Eropa. Mungkin sebagian besar masih banyak yang belum tau tentang sosok Andy Tielman. Ya! emang Andy Tielman bukan sosok dengan nama sebesar Jimi Hendrix tapi 11 tahun sebelum munculnya Jimi Hendrix sebagai gitaris terbaik sepanjang masa, Andy Tielman telah lebih dulu bermain gitar menggunakan gigi dan kakinya. Musik yang dibawa oleh Andy Tielman juga gak sebesar apa yang dipunya The Beatles, tapi secara terang-terangan Sir Paul McCartney mengakui kalau band dari Andy Tielman adalah salah satu inspirasi dari The Beatles.

Bukan hal yang berlebihan kalau dunia menyebut Andy Tielman sebagai Godfather of Indorock, karena selain berhasil menggambungkan beberapa jenis musik, seperti rock, musik dari Hawai dan musik tradisional Indonesia seperti gamelan atau keroncong menjadi kesatuan benang merah bernama “Indorcok”. Andy Tielman juga dianggap berhasil mempopulerkan jenis musik Indorock di era 50-an. Skill bermain gitar yang dimiliki Andy Tielman, berhasil membuatnya menjadi satu-satunya musisi yang dapat mencuri perhatian George Harrison saat mengadakan tur di Belanda. Bukan hanya permainan gitar saja yang diolah sedemikian rupa tapi aksi panggungnya pun superatraktif dan belum pernah dilakukan oleh musisi manapun, lihat aksi Andy Tielman di beberap videoclip, seperti “Bossa Nova Baby”, “Black Eye Rock” dan “Rollin Rock”

Di Belanda sendiri Andy Tielman bersama The Tielman Brothers menjadi band rock pertama di Belanda yang mengalami kesuksesan hingga ke Eropa, hingga brand gitar seperti Gibson Les Paul mempercayakan Andy Tielman sebagai musisi eropa pertama yang menggunakan alat musik tersebut. Walaupun besar di Belanda, tapi Andy Tielman tetap saja ikon yang dijuluki Godfather of Indorock. Setiap karya-karyanya sudah dipastikan menjadi jejak awal mula kemunculan musik rock di Indonesia.

0 COMMENTS

Info Terkait

supericon
90 views
supericon
90 views
supericon
90 views
supericon
90 views
supericon
90 views
supericon
90 views