Justin Timberlake

Justin Timberlake: Pop Star Pria Terbesar Abad 21

  • By: NND
  • Kamis, 28 November 2019
  • 238 Views
  • 7 Likes
  • 378 Shares

Nama Justin Timberlake seperti sudah melekat dengan pendar musik pop selama dua dekade terakhir ini. Berawal aktor TV, kemudian tenar sebagai frontman dari boyband NSYNC, lalu melejit melalui karier solo yang spektakuler; JT—akrabnya disapa—sudah menjadi nama yang besar, lebih besar dari seorang bintang. Kariernya bak sebuah kerajaan yang ia bangun sendiri. Trek macam “Cry Me a River” dan “Rock Your Body” memastikan kerajaannya itu tetap terdengar oleh siapapun, Kebolehannya itu tak hanya ada dalam dunia musik. Dalam olah peran, nama Justin juga cukup tersohor. Ia berhasil bermain peran di film-film besar Hollywood. Bahkan, ia sempat memenangkan Grammy untuk salah satu filmnya, yakni The Social Network. Baca selengkapnya, di bawah ini!

***

Thanks, Mickey

Kisahnya dimulai di Memphis, Tennessee. Lahir di sana pada 31 Januari, 1981; Justin kecil mulai menggeluti dunia penampilan dari usia yang dini. Ia berhasil masuk ke dalam acara pencarian bakat di TV  saat masih berusia 11 tahun atas nama Justin Randdall. Dari sana, ia diterima masuk ke The New Mickey Mouse Club pada tahun 1993. Jebolan grup aktor anak kecil ini dibanjiri bintang-bintang pop kenamaan macam Britney Spears, Christina Aguilera, hingga aktor Ryan Gosling. Ada pula JC Chasez di dalamnya, yang kemudian membantu Justin ke NSYNC.

Manajer boyband tersebut, Lou Pearlman, membentuk NSYNC di tahun 1994 setelah program Mickey Mouse Club dibatalkan pada tahun yang sama. Justin dan Chasez digaet, masuk pula Joey Fatone, Lance Bass, dan Chris Kirkpatrick. Bersama Justin, NSYNC mulai merintis karirnya menuju ikon pop pada tahun 1996 ketika album debutnya meluncur di Eropa. Selang dua tahun, album tersebut akhirnya masuk Amerika dan dengan bekal trek macam “Tearin’ Up My Heart”, dan “I Want You Back”, serta “A Little More Time on You”, mereka berhasil mendarat di tangga lagu Top Ten. Pencapaian tersebut membuka jalan bagi album berikutnya: No Strings Attachhed di tahun 2000. Album kedua yang berisikan hits macam “It’s Gonna Be Me” dan “Bye Bye Bye” itu berhasil menjadi titik puncak karir NSYNC. Angka penjualannya berada di titik 2,4 juta keping lebih dan berhasil mencetak rekor tak terkalahkan selama 15 tahun.

Sumber foto

Meski begitu, album NSYNC berikutnya, Celebrity (2001) adalah yang terakhir dari boyband itu. Album ketiga ini merumahi single-single “Pop”, “Gone”, dan “Girlfriend” dan membuka ruang kreatif yang lebih besar kepada para personelnya. Justin dan Chasez menulis dan memproduseri sejumlah lagu di dalamnya. Setelah turnya rampung, grup ini memutuskan untuk mengambil jarak dan hiatus untuk sementara. Keputusan yang berujung dengan pembubaran NSYNC karena setelahnya mereka tak kunjung bersatu kembali.

Un-synced!

Paska NSYNC, tak butuh waktu lama bagi Justin untuk terjun ke dunia solo. Justified, debut solonya yang diproduseri oleh the Neptunes dan Timbaland, rilis tak jauh dari album terakhir NSYNC dan menyajikan kebolehan Justin dengan baik. Melalui album tersebut Justin dikenal sebagai sosok musisi yang lebih dewasa, yang juga diakui oleh dunia R&B sebagai vokalis berkualitas yang bukan sekedar “popstar”. Album itu kembali laris dan menguasai gelombang radio. Mendukungnya, Justin menggarap tur dengan rekan sejahwatnya dulu, Christina Aguilera. Justified berhasil mengantongi Grammy di tahun 2004.

Saat pengerjaan album kedua bersama Timbaland, Justin menyempatkan waktu untuk kembali menghidupi karier olah perannya. Ia tampil memainkan peran-peran utama di Southland Tales, Alpha Dog, dan Black Snake Moan. Album keduanya, FutureSex/LoveSounds rilis lebih dulu sebelum film-film tersebut tayang, tepatnya pada bulan September 2006. “SexyBack” sebagai salah satu single-nya duduk di peringkat pertama selama tujuh minggu, sedangkan “My Love” dan “What Goes Around…Comes Around” juga berhasil mengamankan posisi yang sama di tahun berikutnya. Di kemudian hari, album ini bahkan berhasil mendarat di daftar Rock and Roll Hall of Fame.

Sumber foto

Usai FutureSex/LoveSounds, Justin sempat menjauh dari dunia musik. Meski begitu, ia tidak sepenuhnya menghilang. Pria multi-talenta itu sempat hadir dalam beberapa single kolaborasi milik musisi lain di tahun 2007-2008 seperti “Give It to Me” milik Timbaland, “Ayo Technology” milik 50 cent, dan “4 Minutes” milik Madonna. Selama beberapa tahun ini, ia memfokuskan dirinya ke dunia akting. Tahun 2010, Justin mencapai puncak karirnya dalam olah peran melalui The Social Network garapan David Fincher, yang langsung menggiring tawaran akting lainnya macam film Bad Teacher dan Friends With Benefits.

All Dressed Up and Ready To Go

Pada tahun 2013, Justin merilis single baru bertajuk “Suit & Tie”. Aksi itu disusul pula dengan penampilan meriah di Grammy 2013 dan kembali turun ke SNL. Dengan begitu, jalur untuk merilis album ketiganya, The 20/20 Experience, terbuka. Album tersebut resmi rilis tiba Maret 2013. Langsung debut di nomor satu tangga lagu Billboard 200, The 20/20 Experience berhasil menjadi rilisan double-platinum. “Suit & Tie” dan “Mirros” menjadi single andalannya, Part ke-2 dari album itu, yang direkam di sesi yang sama, menyusul di bulan September. Nasibnya sama dengan sebelumnya, langsung mendarat di posisi teratas dan single-singlenya—seperti “Take Back the Night” dan “Not a Bad Thing”—sukses diterima publik.

Justin Timberlake kembali ke tanggal lagu Top Ten di tahun berikutnya melalui lagu mendiang Michael Jackson yang ia bantu garap ulang, yakni “Love Never Felt So Good”. Ia juga memajukan trek “Can’t Stop the Feeling!” sebagai soundtrack dari film Trolls. Lagu-lagu tersebut berhasil berlaku bagi di tangga lagu pop. Pengerjaan musik untuk film seorang Justin juga dilanjutkan dengan menggarap soundtrack The Book of Love—sebuah film yang menempatkan istrinya, Jessica Biel, sebagai pemeran dan juga co-producer.

Baru-baru ini, tepatnya tahun lalu, Justin kembali dengan kolaborator utamanya, Timbaland, juga dengan Dania, untuk merilis trek “Filthy”. Adapula lagu-lagu terkininya, macam “Supplies” dan “Say Something” yang menyusul tak lama. Album keempatnya yang diisi oleh single-single tersebut, resmi rilis bertepatan dengan penampilannya di Super Bowl 2018. Man of the Woods menjadi album keempat dan yang teranyar dari seorang Justin Timberlake.

SexyBiz

Selain aktif bermusik, JT juga merupakan seorang wirausahawan yang cukup pandai. Terbukti, ia memiliki tiga endorsement di restoran yang tersebut di Amerika; yakni “Chi” di Cali, serta “Destino” dan “Southern Hospitality” di New York. Bisnisnya juga tersebar ke ranah fesyen. Justin memiliki clothing line bersama teman masa kecilnya Juan Ayala yang bernama “William Rast”. Ia memproduksi sederet jaket-jaket slick, sweater cashmere, jeans, dan kemeja polo.

Bermuara dari hobinya bermain golf, ia juga memiliki sebuah lapangan golf di kampung halamannya Millington, Tennessee. Dinamakan “Big Creek Golf Course”, lapangan itu menerapkan teknologi eco-friendly yang membutuhkan sekitar US$16 juta dalam pengerjaannya. Oleh karenanya, ia dianugerahi Enviromental Media Awards.

Selain berbisnis, Justin juga dikenal sebagai seorang filantropi. Ia mendirikan Justin Timberlake Foundation yang membiayai banyak program-program musik lintas sekolah. Sekarang, mereka pun melebarkan agendanya dan mulai menyikapi isu-isu lain. Bahkan, ia dan sang istri Jessica Biel, bersama pula dengan produser andalannya, Timbaland, sempat turun ke jalan dan melakukan aksi langsung saat badai Sandy menimpa New York. Selebihnya, ia juga aktif menyumbang dalam beberapa pendanaan social melalui charity milik NSYNC dan lainnya.

***

Disebut-sebut sebagai “President of Pop” dan “Prince of Pop”, karya-karya Justin Timberlake tentu sudah mendunia. Ia berhasil membentuk dan mendefiniskan ulang genre tersebut. Tak aneh rasanya jika ia diangkat sebagai salah satu musisi pop terbaik generasi ini. Mulai dari aksi-aksinya di atas panggung, style-nya, hingga kualitas vokalnya, JT menjadi embodiment sempurna dari musisi pop lelaki yang bermutu dan berkualitas!

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
71 views
superbuzz
245 views
supernoize
497 views
superbuzz
243 views
superbuzz
218 views
superbuzz
202 views