MARC BOLAN: The Original Rocking T-Rex!

  • By: ERA
  • Selasa, 20 September 2016
  • 1841 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Bicara tentang trend musik Rock awal dekade 70an di daratan Inggris, pasti tidak akan pernah lepas dari nama David Bowie dan kompetitor utamanya Marc Bolan. Tak hanya bersaing dengan Bowie di chart tangga lagu, tapi juga dengan glamor dan androgini. Bolan bisa disebut sebagai salah satu pionir Glam Rock yang akhirnya meledak dan merubah lansekap peta musik dunia.

Lahir dengan nama Mark Feld tanggal 30 September 1947 di area suburban Hackney London timur, ia mendapat gitar pertamanya saat berusia 9 tahun dan terhipnotis raungan Rock n Roll dari Elvis Presley, Little Richard, Eddie Cochran, Gene Vincent dan Chuck Berry. Selalu tampil penuh percaya diri dengan karisma tinggi, Bolan menyadari ambisinya untuk menjadi bintang sejak usia remaja, dengan sempat tampil sebagai model di katalog dan majalah fashion serta memainkan peran kecil di beberapa seri TV.

Saat berusia 17 tahun, Bolan mulai menyelami dengan serius karir di dunia musik. Memainkan musik psychedelic folk ala Bob Dylan dan Donovan, ia sempat memakai nama Toby Tyler yang tidak bertahan lama. Seperti kisahnya saat bergabung dengan band proto punk John’s Childrens di tahun 1966, yang dikenal lewat aksi panggung liar. Sayangnya, usia band ini juga hanya sebentar dan bubar setelah merilis satu album setahun kemudian.

Tidak menunggu lama, Bolan langsung membentuk proyek musik baru dengan nama Tyrannosaurus Rex. Dengan format akustik folk, grup ini merilis 3 album dengan pengaruh psychedelic dan lirik penuh referensi magis, sci-fi dan literatur folklore. Tahun 1970 Bolan merombak konsep band-nya menjadi elektrik dan memangkas nama menjadi T-Rex. Mulai titik ini, T-Rex menyerang chart Inggris dengan serentetan single hits seperti “Ride A White Swan”, “Hot Love”, “Get It On (Bang A Gong)” dan “Metal Guru” yang pada akhirnya terkumpul dalam album fenomenal Electric Warrior - dirilis tahun 1971.

Berlanjut dengan dirilisnya album The Slider pada tahun 1972, yang bersenjatakan serangkaian single andalan, seperti “Solid Gold Easy Action” dan “Twentieth Century Boy”. Album Tanx yang dirilis pada tahun 1973 juga sukses menembus chart album di beberapa negara. Ini lah periode puncak kejayaan Bolan dengan popularitas ‘T-Rextasy’ mania menyebar cepat ke penjuru benua Eropa dan Amerika. Sayangnya, egomania dan kokain mulai mempengaruhi kreatifitas Bolan hingga band dan kehidupan pribadinya berantakan.

Penurunan karir tidak terhindarkan dan beberapa album T-Rex yang dirilis setelah tahun 1975 mulai ditinggal penggemarnya. Hingga akhirnya di malam tanggal 16 September 1977 mobil yang dikendarai istrinya, Gloria Jones, menabrak pohon dan membunuh Bolan seketika. Ironisnya, saat itu ia sedang mempersiapkan album dan tur comeback nya setelah tenggelam selama beberapa tahun.

Pengaruh musik Bolan terus menjalar ke berbagai genre musik hingga sekarang, mulai dari Glam Metal, Goth, New Wave, Punk, Psychedelic, Elektronik, dan lainnya. Sederet nama seperti Siouxsie & The Banshees, The Replacements, Guns N Roses, Adam Ant, Def Leppard, Fantomas, Martin Gore hingga Pete Doherty pernah membawakan karya Bolan sebagai penghormatan. Walaupun terkesan berada di bawah baying-bayang Bowie, Bolan adalah fenomena tersendiri yang pengaruhnya tidak kalah penting dalam pembentukan anatomi musik Rock. 

 

0 COMMENTS

Info Terkait

supericon
4182 views