Mike Patton

Mike Patton: Vokalis Seribu Suara

  • By: NND
  • Kamis, 13 June 2019
  • 1016 Views
  • 10 Likes
  • 43 Shares

Michael Allan Patton, atau yang biasa dipanggil Mike Patton, merupakan seorang penyanyi-penulis lagu, aktor, produser, multi-instrumentalis, dan komposer film, yang dikenal melalui aksi-aksinya sebagai frontman dari grup musik alternative metal Faith No More. Lahir pada 23 Janurari 1968, Patton merupakan seorang musisi yang aktif bermusik dan gemar berkolaborasi, ia tergabung  dalam sejumlah band dan proyek musik, antara lain Mr. Bungle, Tomahawk, Fantomas, Dead Cross, Lovage, The Dillinger Escape Plan, dan Peeping Tom, serta masih banyak lagi.

Patton juga dikenal melalui karakteristiknya yang kerap memiliki referensi unik dan proyek-proyek eksperimental. Namun, sebagai seorang vokalis, ia menjadi sosok yang fenomenal melalui range vokal yang ia miliki. Pada masa kejayaannya, Patton bisa bernyanyi hingga enam oktav tangga nada. Koneksinya pun tidak bisa dikesampingkan begitu saja, ia merupakan seorang musisi yang bekerja dengan sejumlah nama-nama kawakan dalam dunia musik sebagai seorang produser atau co-producer; Melvins, Sepultura, Kool Keith, dan beberapa lainnya, merupakan contoh dari musisi yang ia rekam materi dengan arahannya.

Dari Mr. Bungle hingga Faith No More.

Dilahirkan di Eureka, California, Patton mendirikan band pertamanya, Mr. Bungle, bersama kedua rekannya, Trey dan Trevor, pada tahun 1985. Hingga senjakala era 80-an, Mr. Bungle telah berhasil menelurkan sejumlah rilisan. Namun, nama Patton sendiri mulai menjadi sosok yang besar dalam kancah musik rock semenjak ia bergabung dengan Faith No More. Tahun 1989, Faith No More membukakan ruang pada posisi vokalis untuk Patton, hal tersebut mendorongnya untuk meninggalkan studinya dan bergabung dengan Faith No More—secara resmi menggantikan Chuck Mosley pada posisi lead vocal.

Album jebolan tahun 1989 dari Faith No More, The Real Thing, dirilis dengan sambutan yang positif dikarenakan pemutaran ulang singlenya, "Epic", secara konsisten oleh MTV. Setelah itu mereka menelurkan tiga keping album, Angel Dust, King for a Day... Fool for a Lifetime, dan Album of the Year; sebelum akhirnya bubar pada tahun 1998. Patton menyatakan bahwa pembubaran tersebut dilatari oleh menurunnya kualitas bermusik dari Faith No More.

Pada 24 Februari 2009, Faith No More bersama Patton resmi bersatu kembali. Dibariskan dengan lineup era Album of the Year, mereka menggarap tur yang dinamakan The Second Coming Tour. Lineup tersebut kemudian berhasil merilis sebuah album baru bertajuk Sol Invictus pada tahun 2015 silam.

Selama menyandang posisi vokal di Faith No More, Patton tetap menjalankan bandnya lawasnya, Mr. Bungle. Suksesnya Patton dalam arus utama musik rock via Faith No More turut serta berimplikasi kepada Mr. Bungle, sehingga berhasil melandaskan kontrak bersama label besar macam Warner bros. Bersama Mr. Bungle, Patton mengasilkan tiga buah album: Debut self-titled (1991), Disco Volante (1995) dan juga California (1999). Usai tur album terakhir, mereka sudah tidak lagi aktif tetapi bubarnya baru diresmikan pada tahun 2004.

Selalu bereksperimentasi, selalu berkolaborasi

Pada tahun 1998, Patton membesut supergroup metal Fantomas bersama Buzz Osbourne (The Melvins), Trevor Dunn (Mr. Bungle), dan Dave Lombardo (Slayer). Kuartet ini berhasil menghasilkan empat keping album. Selanjutnya, ada juga Tomahawk, unit rock tanpa basa-basi yang dijalankan Patton bersama dengan Duane Denison dari Mr. Bungle. Duo tersebut memainkan musik yang kerap disamakan dengan Faith No More era dua album terakhirnya. Patton juga merupakan seorang vokalis yang pernah bekerja bersama dengan grup milik Chino Moreno dari Deftones, Teem Sleep, pada 2001. Setahun kemudian, ia menjajal posisi vokal pada EP tahun 2002 milik grup mathcore, The Dillinger Escape Plan, Irony Is A Dead Scene.

Grup Peeping tom milik Patton berhasil menjebolkan satu album yang mengudara pada 4 Mei 2006 melalui labelnya sendiri, Ipecac. Album self-titled itu disusun hingga rampung dari hasil kirim-mengirim materi antara Patton dan para kolaborator, yang di antaranya adalah Norah Jones, Bebel Gilberto, Massive Attack, dan sejumlah lainnya. Mike Patton juga merupakan anggota dari trio supergroup Nevermen, di mana grup tersebut tersusun atas Tunde Adebimpe dari TV on the Radio, dan Doseone. Album debutnya rilis pada tahun 2016 silam. Tahun 2017 menjadi tahun dimana album baru dari Dead Cross, sebuah supergroup—dan yang ke sekian dalam karier Patton, yang digawangi oleh Dave Lombardo dan personil dari Retox.

Musik saja tidak cukup

Sempat menikah pada tahun 1994, namun berpisah pada 2001, Patton mahir berbahasa Italia sebab mantan istrinya merupakan seorang yang berasal dari Itali. Patton juga memiliki penyakit yang ia dapati akibat kecelakaan pada saat naik panggung bersama Faith No More, yang menyebabkan tanggan mati rasa akibat syaraf yang terpotong pecahan botol.

Karisma dan luasnya kemampuan mampu mendorong Patton menjadi sosok yang dominan dalam bermusik dan berkolaborasi. Tidak hanya musik, Patton yang merupakan seorang gamer garis keras juga sering terlibat dalam proses kreatif penggarapan video game Seakan enggan dibatas-bataskan, ia juga memiliki riwayat yang cukup menarik dalam dunia perfilman—terutama dalam mengisi soundtrack dan scoring.

Patton, sebagai seorang musisi yang memiliki range vokal yang luas, menjadi sebuah paket yang lengkap—seorang musisi versatile yang terbuka atas eksperimentasi dan genre-genre lain. Bermodalkan hal tersebut, tidak aneh rasanya jika ia kerap berkolaborsi dengan para musisi lain, meski lintas genre dan pendekatan terhadap musik. Kemampuannya dalam bernanyi membuka ruang yang besar untuk mengeksplorasi musik dan mengulik karya-karya segar dibalik proses kreatif.

2 COMMENTS
  • Christianseanl

    Like

  • dephythreehandoko

    ga ada matinya

Info Terkait