OZZY OSBOURNE: Sejatinya Pangeran Kegelapan

  • By: OGP
  • Selasa, 4 October 2016
  • 6684 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Kalau berbicara tentang musik Rock, sosok penting yang digilai penggemar fanatiknya sangat banyak. Namun era 70’an tidak lepas dari sosok legendaris dan kontroversial Ozzy Osbourne. Si vokalis Black Sabbath yang didaulat sebagai “Pangeran Kegelapan” yang hingga sekarang dipandang sebagai dedengkot Heavy Metal legendaris.

Lahir 3 Desember 1948 dan besar di daerah tepian Birmingham, Britania Raya 67 tahun silam, John Michael Osbourne lahir. Akrab dipanggil Ozzy oleh teman-teman sebayannya, Ozzy kecil menderita disleksia. Namun minat bermusiknya tumbuh saat ia pertama kali mendengarkan The Beatles kala remaja. Mendaulat dirinya sebagai fans berat kuartet kenamaan Liverpool tersebut, track “She Loves You” milik Lennon cs mendorong dirinya untuk menjadi seorang bintang Rock.

Seiring berjalannya waktu, Osbourne mendapat ajakan dari Tony Iommi dan Bill Ward untuk bergabung dan membentuk Black Sabbath bersama Geezer Butler. Sempat bernama Polka Tulk Blues Band, yang kemudian berganti menjadi EARTH, Osbourne cs menyadari kalau nama band mereka sama dengan grup Inggris yang lain. Akhirnya mereka memutuskan menggunakan nama Black Sabbath, terinspirasi dari film yang diperankan Boris Karloff dan disutradarai Mario Bava. Langsung mengganti imej, materi musik serta lirik mereka, Black Sabbath tak lupa menyuntikkan gimmick serba gelap yang pekat dengan elemen grim, layaknya film horror. 

Tak butuh waktu lama, kesuksesan Osbourne dan Black Sabbath langsung terjawab dengan meledaknya album Paranoid di tahun 1970, yang juga dianggap sebagai blueprint untuk komunitas metal. Selain Paranoid mereka juga menerlurkan beberapa album penting lainnya, seperti Black Sabbath (1970), Master of Reality (1971) dan Sabbath Bloody Sabbath (1973). Track seperti "War Pigs", "Paranoid", "Children of the Grave", "Iron Man" dan "The Wizard" terlampau intim di telinga para pecinta musik Metal khususnya.

Di pertengahan tahun 1978, Ozzy sempat dikeluarkan dari band oleh Tony Iommi yang membesarkannya, dikarenakan ketergantungan Ozzy terhadap narkoba dan alkohol. Tak menunggu lama, Ozzy memutuskan untuk bersolo karir. Sebelas album telah ditelurkannya dalam rentang waktu 20 tahun. Bukti bahwa dirinya produktif dan serius dalam berkarya dapat didengar lewat album Blizzard of Ozz (1980) dan No More Tears (1991) yang laris manis di pasaran global.

Karakter Ozzy Osbourne yang dikenal eksentrik membuat dirinya sering dituding sebagai pemuja setan. Didukung oleh ketertarikannya dengan okultisme, ia menampik dengan tegas tudingan tersebut. Momen kontroversial Ozzy yang akan selalu dikenang dan menjadi ciri khasnya adalah ketika ia tak sengaja menggigit kepala seekor kelelawar hingga putus pada sebuah konser. Ozzy berkelit ia mengira kelelawar tersebut adalah boneka yang terlempar ke arah stage. Selain karakter dan aksi panggungnya yang liar, lirik yang ia tulis juga mengundang banyak kecaman. Di tahun 1985, dilaporkan seorang remaja asal negeri Paman Sam tewas bunuh diri setelah mendengarkan lagu "Suicide Solution" yang diambil dari album Diary of A Madman.

Terlepas karakter panggungnya yang aneh, kehidupan pribadinya tergolong wajar. Osbourne menikahi Sharon Arden di hari yang bertepatan dengan perayaan kemerdekaan AS, supaya dia tidak pernah lupa. Sebagai salah satu keluarga terkaya di Inggris, ketenaran nama Osbourne melambung kembali sejak ditayangkan reality-show The Osbournes bersama Sharon, Kelly dan Jack (anak tertua Aimee tidak ingin mendapatkan sorotan berlebih). Dengan tremor berkepanjangan yang ia alami, banyak yang menyangka hal itu merupakan efek samping dari konsumsi napza berlebih. Baru pada Mei 2005, Osbourne di diagnosa menderita sindrom Parkin, kondisi genetis yang satu tipe dengan penyakit Parkinson.

Dengan Black Sabbath yang terus berganti personil, sosok Ozzy Osbourne kini menjadi lebih besar jika dibandingkan dengan band yang membesarkannya. Di balik kontroversi yang ia lakukan, Osbourne terbukti menjadi legenda bagi penikmat musik Rock. Memulai terbentuknya Ozzfest, festival bergengsi bagi unit Metal seantero dunia, Osbourne juga menyabet berbagai penghargaan. Salah satunya Grammy Awards untuk kategori Best Metal Performance. Di tahun 2006 lalu, Osbourne bersama rekannya di Black Sabbath dilantik secara terhormat di ajang Rock and Roll Hall of Fame. Gelar “The Godfather of Metal” memang pantas Osbourne sandang – mendampingi titel abadi untuk dirinya sebagai “The (True) Prince of Darkness”.

2 COMMENTS
  • arfan

    Serem tapi keren haha

  • rikysubagza31

    Ngeri banget pangeran kegelapan takut gelap ah

Info Terkait