Jimmy Page Versatile Guitarist, Songwriter and Producer

  • By: Lana Syahbani
  • Selasa, 18 August 2015
  • 5930 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Bukan soal penguasaan teknik dan secepat apa seorang gitaris bermain ‘bersih’. Seorang Jimmy Page dengan caranya sendiri bisa menciptakan musik berkualitas dan khas, melebihi semua gitaris yang bermain secara sangat teknikal. Sosoknya pun dikenal sebagai seorang songwriter sekaligus produser yang disegani dalam industri musik rock.

Permainan kotor berkarakter

Page telah memiliki reputasi sebagai salah satu gitaris terbaik dunia. Ia menjadi salah satu icon yang membentuk dan memengaruhi musik rock di dunia. Riffs dan tones yang ia mainkan akan selalu menjadi acuan untuk membuat karakter permainan musik rock serta blues. Ya, permainan gitar Page dalam Led Zeppelin memang berbeda dari band heavy blues-rock yang ada di tahun 1960-an.

Cream dan Jeff Beck Group memang memiliki skill improvisasi, tetapi Led Zeppelin bersama Jimmy Page bisa membentuk keseimbangan dalam durasi lagu yang lebih lama. Eksplorasi dalam “Whole Lotta Love” dan “Dazed and Confused” yang berisi solo inspirasional jelas bukan lah musik yang membosankan meskipun dengan durasi panjang.

Page memang merupakan gitaris dengan permainan terunik dan mengesankan dalam bermain blues pada eranya. Kontras dengan Eric Clapton yang bermain dengan solo yang dinamis, Page dikenal dengan permainannya yang ‘kotor’ dan sangat versatile. Meskipun dalam beberapa tahun terakhir Page terlihat lebih kalem dan nampak seperti seseorang yang lebih hangat, ia tetap dapat memainkan solo yang terdengar begitu garang dan mengingatkan kita pada masa kejayaannya bersama Led Zeppelin.  

Perkawinan blues, hard rock dan akustik ala Page

Tanpa Page, sejarah Led Zeppelin dan dunia rock mungkin akan berbeda. Di balik nomor-nomor hits Led Zeppelin yang menjadi inspirasi berbagai kalangan dalam bermain musik rock, Page merupakan seorang leader dan songwriter,. Tidak akan sama jika kita hanya mendengarkan Page bermain gitar tanpa mengiringi lagu-lagu Led Zeppelin. Meski sebelumnya sempat bermain dengan The Yardbirds dan memegang posisi sebagai lead guitarist, peran Page dalam Led Zeppelin merupakan suatu kontribusi yang sangat berharga.

Besarnya peran Page ini membawa Led Zeppelin menjadi grup dengan penjualan lebih dari 300 juta keping album. Perkawinan musik blues, hard rock dan akustik yang dilakukan Page nyatanya tidak terpikirkan oleh songwriter lain pada masanya dan membuat pemikiran Page terbilang spesial. Tanpa mengesampingkan elemen lain dalam musik Led Zeppelin, tidak berlebihan jika kita menyebut Page sebagai juru kunci dari band yang satu ini.

Brilliant British Producer

Gitaris, songwriter sekaligus produser. Sosok Page sebagai produser bukan lah sesuatu yang patut dipandang remeh. Ia merupakan salah satu inovator dalam dunia sound recording. Page memiliki reputasi dalam penggunaan efek dengan cara baru dan mencoba metode berbeda dalam menggunakan mic dan amplifier dalam proses rekaman. Ia yang menemukan ide menambahkan additional mic dengan jarak tertentu dari amplifier dan merekam dari keduanya.

Dengan teknik tersebut Page menjadi salah satu produser British yang merekam suara ambient dalam proses rekaman. Teknik lainnya yang membuat Page dikenal sebagai produser yang disegani adalah pemakaian reverse echo yang membuat rekaman-rekaman Led Zeppelin terdengar khas.

Foto: npr.org, rollingstone.com

0 COMMENTS

Info Terkait

supericon
114 views
supericon
114 views
supericon
114 views
supericon
114 views
supericon
114 views
supericon
114 views