Satria Ramadhan: 11 Hal yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat Ke Festival Musik

Buat kita pecinta musik, datang ke Konser Band yang digemari atau datang ke Festival Musik Dalam atau luar negri itu, selain menambah wawasan musik, adalah menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Nah, sebelum berangkat kesana, saya mencoba membuat checklist beberapa hal yang perlu diingat dan dipersiapkan, supaya nonton konser dan ber-festival kita tambah mabrur.

1.Beli tiket Festival dan Pesawat dari Jauh-jauh hari

Persiapkan semuanya dari jauh-jauh hari, seperti membeli tiket festival. Biasanya penyelenggara festival sudah mengumumkan tanggal acara dari jauh-jauh hari dan ada penawaran tiket Pre-Sale yang harganya lebih murah, namun jumlahnya terbatas. Setelah tiket festival aman, langsung beli tiket penerbangan ke kota atau negara tujuan. Kalau eventnya diluar negreri, pastikan paspor Anda masih berlaku minimal 6 bulan pada saat keberangkatan .

2.Sediakan Kamera yang Proper.

Ya, siapkan kamera kamu, DSLR atau minimal kamera pocket, untuk mengabadikan momen-momen keren disana, lebih keren lagi kalo kamu merekam perjalanan kamu mulai dari berangkat sampai pulang buat kenangan disaat tua nanti. Kalau kamera diperbolehkan masuk, kamu bisa siapkan peralatan pendukungnya, seperti pelindung kamera untuk hujan, lensa tele, dan kapasitas memory yang besar. jangan lupa bawa backup baterai dan kartu memory cadangan tentunya. Kalau kamu beruntung, kamu bisa foto bareng sama salah satu artist di line up-nya.

3.Bawa Rilisan Fisik Band yang tampil dan Spidol

Seperti yang disebutin diatas, kalau beruntung, kita bisa ketemu sama pengisi acara, yang kebetulan lewat, seliweran atau memang ramah menyapa fansnya, jangan pikir panjang, langsung aja dihampiri, minta tanda tangan atau sekedar ngobrol dengan mereka. Kalau kamu rajin, kamu tunggu mereka dipagar pembatas backstage. Kesempatan gak datang dua kali.

4.Sesuaikan Pakaian dengan Kondisi Cuaca.

Kadang, cuaca gak bisa ketebak, Beruntunglah kita di Indonesia, ada yang namanya Pawang Hujan. Nah, Kalau di luar Indonesia, cuaca akan jadi faktor yang menentukan pakaian yang akan kita pakai. Mulai dari Baju, Celana dan pemilihan Sepatu, harus sesuai dengan kondisi cuaca di venue yang akan kita datangi. Kalau sedang musim hujan, disarankan menggunakan sepatu yang santai, yg gak selip kalau licin,  jangan yang terlalu bagus apalagi ber-hak tinggi dan kalau perlu bawa sandal. Untuk antisipasi lainnya, silakan bawa payung dan jas hujan yang layak, serta pakaian ganti.

5.Bawa Tikar untuk Alas duduk.

Biar berasa aura festivalnya, kamu juga bisa bawa tikar / kain lipat untuk alas duduk. Bisa buat santai menghemat tenaga sambil menunggu Band yang kamu tunggu. Kursi Lipat kecil juga bisa dijadikan alternatif.

[pagebreak]

6.Makan dan Minum sepuasnya sebelum ke berangkat ke Venue

Kenapa begitu? Karena buat kamu yang datang dengan budget pas-pasan, sebaiknya kamu isi dulu perut kamu dengan makan dan minum di luar venue, karena makanan dan minuman yang tersedia di venue, selain terbatas jenisnya, kamu harus mengantri panjang dan harganya agak ‘ajaib’.

7.Hindari barang bawaan yang dilarang.

Seperti pada peraturan nonton konser pada umumnya, kamu dilarang bawa makanan dan minuman dari luar, botol plastik, senjata tajam, narkoba dan sejenisnya. Biar enak malah gak perlu bawa tas yang besar yang akhirnya bikin repot kita sendiri.

8.Datang lebih awal untuk menghindari antrian

Buat kamu yang beli tiket via online, kamu harus menukarkan vouchernya di booth ticket box di venue. Jadi, buat menghindari antrian yang panjang, sebaiknya kamu datang lebih awal, memudahkan kamu juga untuk milih spot nonton yang nyaman dan belanja merchandise.

9.Serbu Stand Merchandise lebih awal.

Untuk mengantisipasi kehabisan merchandise band yang kamu suka dan kalau kamu memang berniat untuk membeli merchandise, sebaiknya langsung menuju booth Merchandise biar gak keabisan stock dan terutama ukuran. Biasanya Band gak  membawa stock kaos yang banyak dan biasanya mereka juga bawa CD yang dijual lebih murah dari harga toko.

10.Cari Posisi Menonton yang Nyaman.

Saat masuk Venue, pelajari areal nonton yang nyaman menurut kamu. Ada yang suka nonton sedekat mungkin dengan panggung, ada yang suka nonton dekat Mixer FOH, silakan pilih. Keunggulan nonton dari jauh, kamu bisa nonton tanpa khawatir kehalangan penonton lainnya. Tapi kalo untuk ngedapetin sound yang pas di kuping, sebaiknya berdirilah tepat didepan area mixer FOH, karena dari situ kamu akan dapetin kualistas sound yang memuaskan. Malah kalau kamu beruntung, kamu bisa mengkoleksi Setlist Bandnya yang biasanya dipegang juga oleh Soundman mereka.

11.Post di Social Media.

Buat kamu yang aktif disocial media, jangan lupa untuk post foto atau live report-nya. Jangan lupa mention bandnya. Cari angle yang bagus dan gunakan bahasa inggris (Kalau bandnya Band Internasional), biar di RT sama mereka. Tapi jangan lupa, etika menggunakan smartphone saat menonton pertunjukan, jangan sampai mengganggu penonton lain yang sedang khusyuk menonton.

Selamat Ber-Festival!

0 COMMENTS

Info Terkait

supernoize
836 views
supernoize
836 views
supernoize
836 views
supernoize
836 views
supernoize
836 views
supernoize
3077 views

Saat Venue Musik Gugur Perlahan