Apps Musik Asoi

  • By: Eric Wirjanata
  • Selasa, 18 August 2015
  • 3459 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Kalau kamu bisa sampai ke artikel ini, besar kemungkinan kamu adalah pencinta musik atau bahkan musisi, atau (calon) musisi. Saya yakin banyak diantara kamu juga yang sangat sibuk bekerja demi membayar tagihan setiap bulan, demi menabung untuk rumah impian atau menabung demi membeli gitar impian supaya kalau manggung bisa keren (walau jarang manggung). Tanpa kamu sadari, waktu untuk menulis lagu malah tidak ada karena sudah lelah bekerja dan waktu lebih banyak dihabiskan di perjalanan pulang pergi kerja.

Waktu untuk menulis lagu menjadi sangat singkat, maka beruntunglah karena sekarang handphone-handphone sudah pada pintar. Pergunakan iOS atau Android kamu menjadi studio musik virtual dan kamu bisa menulis beat-beat asoi di perjalanan komuter via kereta atau bis.

Ini ada beberapa apps yang bisa kamu unduh dan menjadi investasi demi menancapkan kuku mu di tongak sejarah musik.

Apps untuk bikin bunyi-bunyian

Animoog

Sebagai anak musik, kamu mungkin sudah mengenal khas nya bebunyian dari Moog. Pionir synthetiser yang karakternya tiada tara, dan apps ini berhasil untuk menerjemahkan pengalaman memainkan moog ke dalam data-data biner. Berbagai bunyi bisa kamu hasilkan di apps ini via controller, bahkan sensasi bebunyiannya akan membuat semua pencinta bebunyian mencapai orgasme via touch screen.

(iOS)

Caustic 3

Adalah keyboard virtual yang mengkombinasi 14 synths dan 16 efek suara untuk menciptakan bebunyian a'la keyboard klasik. Bebunyian bisa diatur dengan knob, sliders, dan kabel-kabel virtual patch yang hasilnya akan membuat perjalanan komuter anda menjadi lebih menyenangkan. Namun hati-hati jika tiba-tiba eargasm di perjalanan, bisa disangka orang aneh. Use this apps wisely.

(iOS)

Apps untuk menulis lagu

Yellofier

Apps ini digunakan untuk merekam snippet-snippet suara, kemudian kamu tinggal menyusunnya di layar. Rekam suara meong, guk-guk, tepok tangan, gitar, piano atau apapun. Setelah terekam, tinggal disusun untuk dijadikan beat, melodi atau lagu.

Apps ini berguna banget untuk kamu yang suka membuat eksperimen, kamu bisa merekam bunyi kereta, mobil, atau suara apapun di perjalanan pulang untuk menjadi bagian dari mahakarya mu nanti.

(iOS, Android)

Figure

Dengan apps ini kamu tinggal memilih instrumen yang ingin dimainkan – drum, bass, dan lainnya- lalu mainkan dengan tap. Juga tersedia fitur layers dan overdub. Apps ini sangat adiktif dan bisa membuat kamu lupa waktu saat membuat lagu. Oh iya, apps ini gratis.

(iOS)

Apps untuk merekam.

FourTrack

Perekam empat track adalah alat rekam kecil legendaris yang sudah lama tidak terlihat. Kalau dulu banyak dipergunakan studio kecil untuk merekam demo, dan musisi untuk merekam lagu di rumah sebelum pada punya komputer atau laptop. Simulasi nostalgia a'la 4 track dihadirkan kembali di perekam digital multi track ini. Kualitas suara yang dihasilkan cukup tinggi, setingkat CD.

Cara menggunakannya cukup mencari tempat yang enak, kemudian mulailah bernyanyi, merekam suara gitar, drum. Setelah itu atur EQ sambil di mixing yang enak. Juga tersedia fitur guitar-amp emulator, jadi bisa menghemat biaya belanja efek untuk rekaman.

(iOS)

Audio Evolution Mobile Studio

Konsep apps ini adalah Studio Musik portable untuk merekam instrumen secara live, lalu tambahkan efek chorus, delay lalu atur-atur mixingannya biar cakep. Bisa juga cut, paste dan cross fade buat bikin loops. Fitur nya banyak banget, dan terus bertambah.

Bisa jadi ini investasi yang lebih murah dan efisien dibandingkan harus membeli atau menyewa studio untuk merekam demo.

(Android)

Publishers.

Setelah lagu-lagu demo kamu selesai, mungkin kamu ingin mendapatkan input dari orang lain atau malah mendapat duit. Maka publikasikan karya kamu via saluran berikut:

Soundcloud

Banyak banget penyanyi merekam suara dengan kualitas lo-fi pada awalnya lalu setelah memperoleh sambutan luas, tidak lama kemudian menjadi album. Di Soundcloud bertebaran demo, sample, sampai official track dari berbagai artis dan label rekaman. Cari lah akun-akun yang serupa dengan musik kamu, follow, saling komentar dan dukung, maka jalan akan terbuka lebar untuk masa depan kamu.

(iOS, Android)

Bandcamp

Di saat merilis fisik membutuhkan investasi yang tidak sedikit, kamu bisa merilisnya secara digital dengan potongan harga yang lebih masuk akal dibanding layanan lain. Menggunakan apps ini kamu bisa mencari rilisan-rilisan yang serupa dengan musik kamu, dan saling mempromosikan musik sambil membangun fanbase. Semua bisa dilakukan dengan 'tap' di touchscreen.

(iOS, Android)

Selamat berkreasi, jika kamu sudah memiliki akun Soundcloud atau merilis sesuatu via Bandcamp silahkan menuliskannya di kolom komentar.

Bisa juga membaginya di FB Group Deathrockstar.

0 COMMENTS

Info Terkait