Bagvs

Bagvs: Ini Cara Kita Membantu Seniman Industri Pertunjukan di Masa Pandemi

  • By: Bagvs
  • Jumat, 15 May 2020
  • 1983 Views
  • 3 Likes
  • 3 Shares

Menunjukan dukungan langsung di masa krisis; bagaimana audiens bisa membantu artis/seniman industri pertunjukan

Ketika pandemi menghambat semua aspek di industri pertunjukan yang kurang sempurna ini, adalah saat yang tepat sekarang untuk mengambil aksi  meningkatkan dukungan dan memperjuangkan komunitas musik dan ekosistem industri pertunjukan.

Pandemi ini telah membuat semua aspek tidak stabil, dari mulai infrastruktur kesehatan masyarakat sampai pemerintahan nasional bahkan dunia ikut berantakan. Dengan menyebarnya virus ini, para pelaku maupun penikmat di industri hiburan dan musik khususnya, berada di bawah ancaman. Salah satu yang terkena imbas secara langsung adalah para artis dan seniman yang menggantungkan hidupnya dari pendapatan konser/gig yang mereka lakukan, tidak hanya para artis/seniman nya saja efek domino akan terus berjalan merambah kepada semua aspek pendukung akan yang akan panjang sekali list-nya kalau kita bahas satu persatu.

Pandemi ini juga menunjukan kepada kita bahwa kurang lengkap nya industri ini untuk mendukung artis/seniman yang tidak dapat berpartisipasi dalam ekonomi pertunjukan ketika force majeure terjadi. Oleh karena hal tersebut seperti nya kita harus mulai mengevaluasi dan menguji kembali bagaimana cara kita mendukung para artis dan seniman favorit kita di masa sulit seperti ini, yang membuat lebih terasa sulit adalah kita tidak tahu pasti tepatnya ini semua akan berakhir.

Adanya perubahan yang tiba-tiba seperti ini dan dibarengi oleh imobilisasi para artis/seniman yang kita sedang hadapi mendorong perubahan yang perlu segera dilakukan dalam bagaimana kita harus mendukung artis/seniman dan label, di era di mana rilisan fisik dan digital diambil alih oleh layanan streaming service. Kita perlu menjadi konsumen yang lebih sadar dan memikirkan juga bagaimana  dan role seperti apa yang dibutuhkan untuk tetap mendukung artis/seniman dan kultur ini,  di masa sulit yang sedang kita hadapi bersama.

Menjadi patron yang lebih baik

Pilihan yang paling ideal saat ini adalah penjualan langsung kepada audiens, platform seperti Bandcamp adalah opsi pilihan yang paling jelas untuk artis/seniman yang menggunakannya untuk distribusi karya mereka. Dibandingkan dengan platform lain, Bandcamp memiliki supply chain yang lebih rendah, yang artinya lebih banyak profit yang masuk kepada tiap artisnya. Untuk artis/seniman dan label independen ini sangat berarti. Para fans pun bisa memutuskan berapa banyak uang yang bisa mereka keluarkan untuk membeli dan mendukung karya artis/seniman favorit mereka, jika mereka ingin membayar lebih. Belakangan kemarin Bandcamp menaikan share dari tiap penjualan yang diberikan kepada artist/seniman sebagai bentuk dari bantuan yang mereka berikan untuk di masa sulit ini.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dalam dekade terakhir perkembangan dalam industri musik dan dunia hiburan telah meyakinkan semua orang bahwa mereka tidak harus bayar untuk menikmati setiap hiburan yang mereka inginkan. Namun sebaliknya, sekarang adalah saat yang paling tepat untuk mengapresiasi waktu yang telah dihabiskan oleh para artis/seniman favoritmu dalam pembuatan karya yang biasa kalian nikmati. Analoginya budget yang biasa kamu keluarkan untuk pergi konser atau biaya tiket masuk sekarang bisa kamu alokasikan untuk membeli karya dan rilisan dari artis/seniman favoritmu. Untuk para full-time artist hal ini akan sangat membantu mereka hidup dan akan membuat artist favoritmu tetap semangat untuk tetap membuat karya menarik lainya yang bisa kamu terus nikmati nanti. 

Mengevaluasi ulang bentuk dukungan kita

Sejujurnya model industri yang sudah berjalan dan sebenarnya paling menguntungkan, tidak memihak kepada artis/seniman. Karya yang mereka buat dianggap hanya sebagai komoditas yang dijual di pasar yang hanya dihargai di bawah rata-rata. Di platform streaming yang mungkin kamu adalah salah satu pelanggan aktif, hampir tidak ada keuntungan yang didapatkan dari karya mereka yang dipajang di sana, walaupun ada dipastikan tidak banyak yang didapat dari situ . Ini adalah isu mendesak dari ketidaksempurnaan industri yang sedang kita jalani, perusahaan ini mengadaptasi model ritel lama di medium baru dalam mengakses musik yang hanya menjual sebuah exposure untuk setiap karya mereka.

Selain itu di saat seperti ini karena para performing artist sesungguhnya tidak memiliki proteksi finansial yang jelas untuk setiap pembatalan konser dan pertunjukan yang akan datang, tidak ada asuransi di industri ini untuk menutupi kerugian dalam keadaan yang tidak terduga seperti pandemi saat ini. Oleh karena keadaan tersebut tidak heran artis, promotor, dan venue telah meminta para audiens untuk menahan diri atau bahkan mengikhlaskan atas pengembalian penuh dana untuk setiap pertunjukan atau festival yang dibatalkan atau tertunda sebagai cara untuk membantu performer atau orang di industri yang terkena dampak langsung untuk tetap bertahan dalam beberapa bulan kedepan. Opsi seperti berdonasi langsung pada setiap penampilan live streaming apapun yang mereka lakukan juga bisa menjadi pilihan ideal yang dilakukan jika kamu benar-benar ingin membantu artis/seniman favoritmu saat ini.

Mencari alternatif lainnya yang dapat memberdayakan artist/seniman secara finansial

Selain platform seperti Bandcamp, membeli langsung merchandise atau produk langsung adalah bentuk apresiasi yang nyata. Merchandise bisa dibilang adalah sumber penghasilan lain yang mungkin kedua terbesar setelah performing. Jadi bisa dibayangkan jika nama-nama seniman besar menggantungkan hidupnya dari sini, bagaimana dengan para seniman independen. Bahkan belakangan ini pun medium merchandising atau rilisan fisik adalah satu bentuk untuk para seniman mengeksplor kreatifitas mereka dalam inovasi dimana kolaborasi antar lintas disiplin sering terjadi disini. Bisa dibilang ini adalah saat yang tepat untukmu membeli rilisan fisik dan produk dari artis favoritmu.

Lalu selain itu yang paling menarik adalah berbagai macam platform baru seperti Currents FM yang lebih pro kepada seniman sejak awal sebagai salah satu contohnya. Akhir-akhir ini para seniman global telah bekerja sama dengan berbondong-bondong memikirkan bagaimana caranya membuat distribusi pendapatan ini agar lebih sehat dibanding aliran yang akan mereka terima dari streaming service yang hanya akan didapat setelah karya nya mencapai 18.000++ / 100.000++ plays dan baru mendapatkan keuntungan dari situ. 

Buatlah perbedaan dengan beraksi sekarang juga

Kita berada ada di saat yang kritis akan kemunduran finansial yang dihadapi oleh para pelaku industri hiburan dan ekonomi pertunjukan. Di mana para personil band, promotor musik beserta semua kru pertunjukan, label rekaman, produser musik, DJ sedang menghadapi pengangguran massal. Pertimbangan untuk berdonasi di suguhan streaming langsung yang sekarang sedang marak dilakukan di media sosial oleh para artis dan seniman di kanal mereka merupakan hal yang tidak usah kamu pikir dua kali lagi, anjuran membeli langsung produk dan rilisan yang mereka buat merupakan dukungan yang sangat dibutuhkan oleh para teman-teman saat ini. Sosialisme dan solidaritas akan satu sama lain merupakan kunci keberlangsungan hidup ekosistem industri ini, yang sekarang dalam melewati masa sulit yang penuh dengan ketidakpastian.

Foto: Alec Favale on Unsplash (cover), dokumentasi penulis

0 COMMENTS