Diegoshefa ‘GHO$$’: Deretan Film Bertema Fans Musik untuk Mengisi Waktu Luang

  • By: Diegoshefa
  • Kamis, 17 May 2018
  • 1265 Views
  • 0 Likes
  • 4 Shares

Sebagai seorang pendengar dan pencinta musik, sudah pasti senang rasanya ketika mengetahui ada orang lain yang mempunyai minat terhadap musik atau band yang sama. Terlebih lagi ketika kita menemukan hal baru yang lebih luas tentang hal yang kita minati, entah itu kita temukan sendiri atau dari orang lain, baik itu kita kenal atau tidak kita kenal.

Contoh, ketika kita pendekatan dengan seseorang sudah pasti kita mencari tahu “apa sih yang dia suka?” dan ketika kita temukan itu, kita merasa menjadi satu dan “klop” dengan orang itu, di situ juga kita mendapatkan jalan untuk menjembatani hubungan yang lebih dalam.

Kali ini izinkan saya berusaha menjembatani dan berbagi interest saya dalam seni visual, film tepatnya, agar bisa kalian nikmati juga.

Sebagai seseorang yang menggandrungi musik berdistorsi, entah itu gain tipis atau tebal, saya senang sekali ketika saya menemukan film yang bertema tentang “pencinta musik” dengan genre yang berbeda.

Karena film bertema “pencinta musik” itu sangatlah banyak dan beragam. Saya akan berikan film-film yang patut ditonton untuk menghibur waktu kosong kalian!

1. Tenacious D: Pick Of Destiny (2006)

Film garapan sutradara Liam Lynch yang bergenre musikal/komedi/fantasi ini dibintangi Jack Black dan Kyle Gass. Bercerita tentang dua orang pria dewasa yang berusaha menjadi  legenda rock.

Perjalanan mereka untuk menjadi legenda ini diawali dengan bertemunya mereka dan disertai “quest” unik untuk mencari sebuah pick gitar legenda yang pernah dipakai oleh bintang-bintang rock legendaris lainnya.

Cerita jenaka tentang dua orang teman ini disertai beberapa konflik realita kehidupan, digabung dengan beberapa fantasi tentang pick gitar tersebut. Seru ditonton untuk mengisi waktu luang dan dijamin pasti bakal ketawa! Oh ya, di film ini kalian bisa melihat aksi Dave Grohl menjadi setan dari neraka!

Menurut saya film ini asik buat ditonton pas kalian lagi sama temen atau pas lagi gabut di tongkrongan. Cocok banget buat menghilangkan stres!

2. London Town (2016)

Film drama dari Inggris ini bercerita tentang seorang anak kecil bernama Shay di tahun 70-an yang tinggal dengan ayah dan adiknya.

Surat dan kaset band legendaris post-punk/new wave, The Clash, yang ditinggalkan ibunya menjadi pelatuk untuk mencari di mana ibunya berada.

Film tentang realita kehidupan anak sulung garapan Derrick Borte ini bisa menjadi pilihan baik untuk kalian tonton pas kalian lagi santai karena film ini lumayan membutuhkan atensi, soalnya filmnya gak ringan-ringan banget.

Film ini bisa jadi tontonan santai sebelum kalian tidur atau setelah pulang beraktivitas.

3. The Taqwacores (2009)

Film drama unik ini bercerita tentang Yusef, pemuda pakistan muslim konservatif yang kuliah berjurusan teknik. Berpindah dari asrama ke suatu tempat baru yang dipenuhi anak-anak punk beraliran taqwacore.

Di film ini kalian bisa lihat tentang potret kehidupan penuh konflik batin antara seorang konservatif yang hidup satu atap dengan beberapa muslim radikal dan liberal. Judul film Taqwacore sendiri itu adalah salah satu sub-genre dari punk.

Film yang didasari novel fiksi tulisan Michael Muhammad Knight ini lumayan menghibur buat kalian yang suka sama punk. Menurut saya butuh perhatian untuk menikmati film ini, jadi lebih baik ditonton pas kalian lagi kosong dan bingung mau nonton apa.

4. Metalhead (Málmhaus)

Film dari Islandia ini bercerita tentang seorang wanita bernama Hera (Ya! Wanita!) yang diwarisi sebuah rasa cinta terhadap metal (Ya! METAL!) setelah kematian kakaknya.

Konflik keluarga dan kehidupan dewasa Hera, seorang wanita yang tinggal di desa ini diakibatkan rasa berkabung yang berkepanjangan atas kematian kakaknya.

Di film ini digambarkan juga bahwa tumbuh di keluarga Kristiani yang konservatif tak menjadi penghalang Hera untuk menjadi seorang metalhead, bahkan untuk menjadi seseorang musisi black metal dari desa.

Film drama unik berlatar belakang era 80-an ini cukup unik, karena emosi di ceritanya yang intens dan sinematografinya. Apalagi di saat Hera main gitar di depan makam kakaknya (maaf rada spoiler, hehe).

Film ini lumayan menyita atensi, jadi menurut saya kalo mau nonton film ini agak lebih serius ya nontonnya. Soalnya ini bukan tipe film yang bisa kalian tonton sambil multi-tasking (main handphone, masak, olahraga, berenang, loh?).

5. This Is England (2006)

Siapa yang belum tahu film garapan Shane Meadows ini? Film yang punya peran utama anak kecil bernama Shaun ini bercerita tentang anak laki-laki berumur 12 tahun yang bergaul dengan sekelompok skinhead.

Film ini berlatarbelakang inggris pada tahun 80-an, di mana rasisme dan pergerakan nasionalis kaum kulit putih sangatlah kental, dan bisa dibilang menjadi kontras di film yang memiliki soundtrack lagu-lagu ska dan reggae ini.

Perjalanan Shaun menjadi member terkecil di tengah sekelompok skinhead dalam film ini bisa dibilang dipenuhi warna. Dari tentang cinta, kenakalan anak kecil, dan tuntutannya untuk menjadi anak yang lebih dewasa dalam menyikapi kehidupannya.

Film ini cocok buat kalian tonton jika kalian sedang haus akan hiburan yang pintar dan punya waktu untuk benar-benar mengikuti alur ceritanya.

BONUS!

6. Detroit Metal City (2008)

Film drama/musikal/komedi dari Negeri Sakura ini bisa dibilang unik. Kenapa? Karena film ini diadaptasi dari manga Kiminori Wakasugi yang berjudul Detoroito Metaru Shiti.

Bercerita tentang pemuda bernama Soichi, lelaki pecinta musik indie pop bergaya stylish, yang tidak sengaja terpilih menjadi vokalis band death metal di jepang. Karena menjadi vokalis death metal adalah tuntutan realistis dalam hidupnya, tak jarang dia memiliki konflik dengan sisi idealisnya, ya, untuk menjadi seorang bintang musik indie pop.

Cerita komedi jenaka didalam film ini cukup mudah kita tangkap karena sangat “Asia” bagi indera kita. Film ini bisa kalian tonton kalau lagi iseng dan butuh sesuatu yang absurd tapi menghibur. Memang karya orang Jepang bisa saya akui selalu nyeleneh dalam segala hal.

Oh, kalian bisa lihat di film ini ada penampilan dari salah satu legenda musik rock dunia yang juga ikon KISS, Gene Simmons.

Itulah beberapa film yang menurut saya patut kalian tonton untuk sekadar menghibur kalian di waktu kosong.

Sebetulnya masih banyak lagi film-film tentang musik yang lebih absurd dan patut kalian tahu, apalagi film-film dokumenter tentang genre musik yang lebih mendalam. Mungkin kalian bisa tulis di kolom komentar untuk berbagi dengan saya atau dengan yang lainnya juga!

0 COMMENTS

Info Terkait

supernoize
2644 views
supernoize
1210 views