Extreme Moshpit TV

  • By: True Megabenz
  • Selasa, 25 August 2015
  • 7115 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Mungkin beberapa pembaca tulisan saya ini sudah tau apa itu "Extreme Moshpit TV". Sebuah program talkshow ringan yang dipandu oleh saya dan Gebeg dalam format video yang membahas rilisan musik dan video klip musik, termasuk berbagai hal yang menarik seputar industri dan dunia musik cadas di Indonesia juga Internasional yang disebar melalui channel YouTube secara reguler setiap 2 minggu. 

Extreme Moshpit berawal dari sebuah program talkshow musik Heavy Metal di sebuah radio swasta di Bandung. Saat itu program ini hanya berjalan dua tahun, lalu vakum cukup lama hingga akhirnya Extreme Moshpit kembali mengudara di salah satu radio anak muda Bandung sejak 2011 sampai hari ini. Dari sekian lama pengalaman siaran di radio, saya menemukan beberapa hal yang tidak bisa saya lakukan lewat radio. Contohnya, pendengar radio hanya bisa mendengarkan lagu dari sebuah tapi mereka tidak tau seperti apa wujud dan packaging CD-nya. Sehingga tidak timbul ketertarikan untuk membeli produk asli dan akhirnya memilih untuk mengunduhnya secara gratis di internet. 

Banyak hal dan karya bagus dari komunitas musik kreatif Indonesia yang layak untuk mendapat perhatian dan di tampilkan secara fisik wujud karyanya baik itu dalam bentuk CD, Video Klip atau produk kreatif lainnya secara audio dan visual. Setidaknya bisa memberikan informasi dan edukasi lebih kepada teman-teman di seluruh Indonesia untuk kembali membeli produk asli, bukan bajakan. Dari sanalah ide awal menggarap "Extreme Moshpit TV" lahir, mencoba memberikan alternatif media lain sebagai sarana teman-teman musisi untuk mempromosikan karya mereka secara lebih luas.

Berangkat dari segala kendala dan keterbatasan, akhirnya saya dan Gebeg sebagai partner siaran sepakat untuk tetap menggarap "Extreme Moshpit TV" dengan mengajak beberapa teman untuk bergabung. Secara teknis memang tidak mudah untuk membuat sebuah program talkshow. Dibutuhkan konsep matang, tim produksi, peralatan yang mumpuni, dan tentunya lokasi serta properti pendukung untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Selain itu kemasan dan konten juga harus diperhatikan, kami harus terus belajar bagaimana cara menyampaikan dan mempromosikan nya dengan baik. Untungnya dari pengalaman siaran di radio, bisa menjadi modal utama saya dan Gebeg untuk terus menggali dan belajar menggarap sebuah program seperti ini bersama tim produksi.

Melalui "Extreme Moshpit TV" saya dan teman-teman berusaha melakukan suatu hal positif yang berbeda melalui musik yang kami cintai. Setahu saya di Indonesia sampai saat ini belum banyak media yang benar-benar fokus dan loyal untuk menggarap segment musik seperti ini. Sungguh disayangkan di Indonesia hingga hari ini musik metal masih kurang mendapat perhatian dari para pelaku di Industri musik. Meski sebetulnya secara kualitas karya-karya musik metal Indonesia sudah layak di sejajarkan dengan karya musisi dunia. Bahkan banyak karya bagus musisi-musisi daerah yang sama sekali tidak tersentuh dan tidak memiliki kesempatan untuk di review oleh media musik nasional. Oleh karena itu hadirnya "Extreme Moshpit TV" diharapkan bisa membantu mengembangkan potensi ini dengan membahas berbagai karya musik anak bangsa. 

Saat ini program "Extreme Moshpit TV" yang sudah berjalan hampir tiga bulan telah merilis 5 episode video yang sudah di tonton lebih dari 21.000 kali, ditambah jumlah subcribers yang terus bertambah hingga hari ini mencapai lebih dari 500 pelanggan. Statistik tersebut jelas menandakan bahwa minat masyarakat musik cadas Indonesia terhadap alternatif tontonan atau hiburan dan juga informasi tentang musik cukup tinggi. Mereka aktif memberikan komentar dan saran positif di setiap episode yang telah kami tayangkan. Ini yang menarik, ada sebuah kepuasan tersendiri ketika karya kita diapresiasi dengan baik oleh masyarakat. Segala keterbatasan yang ditemui di program "Extreme Moshpit TV" kami coba olah semaksimal mungkin dengan tetap mengedepankan kualitas.

Bagi saya kuncinya adalah selama kita mau kerja keras dan yakin dengan kemampuan yang kita miliki, pasti akan selalu lahir karya-karya baik yang bakal menjadi senjata band agar bisa mendapat pengakuan dari komunitas nya. Akhirnya melalui musik saya dan teman-teman bisa terus berkreasi melakukan banyak hal yang menyenangkan dan bermanfaat untuk orang-orang di sekitar kami. Saat ini Indonesia sudah menjadi negara yang diperhitungkan di peta musik metal dunia, so sudah waktunya para pelakunya berperan aktif melakukan inovasi demi kemajuan musik metal Indonesia dan disegani di kancah musik dunia. C'mon guys.. Keep spreading and support your local movement for better tomorrow. Stay true and stay loud! \m/


Regards,
True Megabenz
0 COMMENTS

Info Terkait

supernoize
429 views
supernoize
429 views
supernoize
429 views
supernoize
429 views
supernoize
429 views
supernoize
429 views