Fadhi Perdana ‘GHO$$’: Gitar Adalah Sebuah Identitas

  • By: Fadhi Perdana
  • Senin, 16 July 2018
  • 607 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Ingin membentuk sebuah band? Tentu gitar adalah instrument atau alat musik yang akan terlintas pertama kali di dalam benak. Bagaimana bisa gitar menjadi alat musik yang sangat populer ini menjadi sebuah identitas?

Pada masa-masa remaja, di saat gejolak seseorang ingin mencurahkan energi yang mungkin berlebihan dan meledak-ledak, membentuk band atau istilah yang lebih dikenal dengan sebutan nge-bandadalah satu pilihan yang cukup diperhitungkan oleh banyak anak muda. Biasanya dimulai dari gemar mendengarkan musik sampai mengoleksi rilisan fisik adalah fase di mana seseorang ingin lebih jauh mengenal musik dengan rasa penasaran dan timbul pertanyaan, “Jenis musik apakah ini?,” “Siapa saja personel band ini?,” “Bagaimana jika kita dapat memainkan lagu tersebut dengan alat musik?”

Tidak dapat dipungkiri bahwa jenis musik yang kita dengarkan saat kecil ataupun remaja tentu saja memengaruhi arah dan tujuan kita dalam bermain musik. Kemudian setelah proses ‘digging’ yang lebih dalam, kita mulai mengetahui siapa-siapa saja musisi yang terlibat dalam sebuah band, tentu saja gitaris terlebih dahulu yang akan kita cari tahu, apalagi jika kita sudah memutuskan gitar adalah alat musik yang akan kita mainkan.

Menjadi gitaris tentu saja menjadi salah satu hal paling keren yang kita miliki pada saat itu. Meniru gaya bermain dan berpakaian dari gitaris yang kita jadikan panutan adalah hal wajib yang dilakukan. Bagaimana bermimpi menjadi rockstar jika kita tidak menirunya?

Mari kita lihat beberapa gitaris iconic yang sangat populer dan sangat memengaruhi sebagian besar gitaris pada masa kini, mulai dari permainan, gitar yang digunakan, dan bahkan sampai fashion.

Gibson Les Paul           

              

      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Les Paul Costum Black Beauty            

         

Saul Hudson a.k.a Slash  (Guns N Roses, Velvet Revolver)

Les Paul models, bentuk gitar ini biasa dipakai untuk musik rock berdistorsi tebal dengan style classic rock, heavy rock, sampai slow rock. Selain Slash, gitaris yang lebih dahulu tenar dengan Les Paul models adalah Jimmy Page.

Jimmy Page (Led Zeppelin)

Gibson SG

Masih dalam brand Gibson, SG models merupakan gitar dengan bentuk tanduknya, yang juga dipopulerkan oleh Angus Young. Musik, attitute, dan style rock n’ roll tentu lebih dapat diwakilkan oleh gitar ini.

Angus Young (AC/DC)

Fender Stratocaster

Gitar sejuta umat adalah istilah yang paling tepat untuk Stratocaster models, karena gitar ini adalah gitar paling all around, dan biasanya gitaris pemula lah yang paling banyak menggunakan Stratocaster. Namun, jika dilihat siapakah gitaris iconic yang dikenal dengan model ini? Jimi Hendrix lah yang memainkan style blues dengan sentuhan psychedelic rock-nya.

Jimi Hendrix (The Jimi Hendrix Experience)

Fender Jaguar / Jazzmaster

Saat era alternative rock, shoegaze dan musik eksperimental merajalela, Jaguar dan Jazzmaster adalah pilihan utama para gitaris untuk mempresentasikan jenis musik yang mereka suguhkan. Sekilas kedua gitar ini memang terlihat sama, tetapi sebenarnya berbeda dalam hasil sound yang dikeluarkan karena menggunakan rangkaian pickups yang berbeda.

Fender Jaguar dan Fender Jazzmaster                                     

Kurt Cobain mungkin salah satu nama yang paling berpengaruh dalam sejarah gitar Fender Jaguar, sementara untuk gitar model Jazzmaster, J Mascis (Dinosaur Jr) adalah icon yang tepat.

Kurt Cobain (Nirvana)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mascis (Dinosaur Jr.)

PRS (Paul Reed Smith)

Last but not least, Paul Reed Smith (PRS) adalah gitar yang sebenarnya sangat cocok untuk berbagai jenis musik dan berbagai style, dikarenakan luasnya range karakter sound yang dihasilkan oleh gitar ini. Banyak sekali gitaris pop, rock, blues, jazz hingga metal sekalipun menggunakan gitar ini sebagai alat perangnya. Didukung dengan playability yang bisa dibilang terbaik dibanding brand gitar lainnya. Carlos Santana merupakan icon yang tidak dapat lepas dari merek Paul Reed Smith (PRS) itu sendiri.

Carlos Santana (Santana)

Identitas para gitaris iconic ini sedikit banyak telah terwakilkan oleh jenis dan bentuk gitar yang mereka gunakan sebagai alat untuk menyampaikan pesan melalui sound yang dihasilkan. Selain bentuk gitar, yang tidak kalah pentingnya adalah pakaian yang dikenakan akan sangat memengaruhi opini para penggemar musik maupun penonton konser musik dengan pemikiran mereka yang tentu saja berbeda-beda.

Jadi, ingin menjadi gitaris seperti apakah kalian? Sudahkah kalian  menentukan dan mendapatkan identitas kalian masing-masing?

*Ilustrasi gambar: Guitarify

0 COMMENTS