Geliat Musik Surabaya

Geliat Musik Surabaya

Kali ini penulis mengajak Superfriends menjelajah kota-kota di Indonesia melihat bagaimana dinamika musik mereka bergerak , bersumber dari pengamatan , interview dan info dari insan musik maupun dari media lokal di kotamu mari kita mencoba mengupas satu persatu. kita mulai dari kota besar bagian barat indonesia yaitu Surabaya.

Sejarah singkat musik populer Surabaya

Konon "The Tielman Brothers" membuat gigs pertamanya dan dibesarkan di kota ini di tahun 40 hingga 50an , dimana kemudian band ini hijrah ke Belanda dan menjadi icon Rock n' Roll di Eropa , disusul dengan "Dara Puspita" di era 60an dan kemudian disusul era "Ucok AKA" di era akhir 60an ke 70an yang konon merupakan tonggak sejarah musik Rock Indonesia hingga sampai dengan di era generasi Festival Rock Indonesia yang digelar Logzelebhour yang banyak melahirkan band Rock ternama di tahun 80 - 90an.

Dari Power Metal , Grassrock , Andromeda hingga Boomerang , kemudian di era keemasan 90an Surabaya melahirkan 2 superband dari skena festival band-band sekolah dan kampus dimana 2 band ini sangat berpengaruh di industri Musik Indonesia yaitu Dewa19 dan Padi .

Menginjak era pergerakan musik independent di era 90an, ada nama "Karpet Band" di mana band ini tenggelam tanpa jejak digital padahal band ini yang pertama masuk nominasi video music award MTV yang digelar untuk pertama kalinya di indonesia oleh stasiun tv swasta pada waktu itu, dan karpet adalah satu-satunya band nominator yang mewakili label Independen di antara band dari label major.

Kemudian disusul dengan X-Callibour grup Hip - hop yang video musiknya menembus MTV Asia, lalu disusul dengan kesuksesan album kompilasi Metalik klinik di era awal yang dirilis label major "Musica records" dan keterlibatan band "Blhukuthuq" dan "Wafat" dari Surabaya menjadi momen kebangkitan geliat musik Underground pada era itu.

Menginjak Era 2000an maka kita mulai bertanya-tanya, siapa saja, sih, musisi-musisi yang masih eksis dan musisi-musisi generasi penerus dari kota Surabaya. Berikut kita telisik satu persatu secara acak dari lini skena musik dan genre yg lebih luas dimulai dari yang berpengaruh dan masih eksis hingga kini.

1. JECOVOX

Jecovox adalah project solo dari Roy jeconiah ex-vokalis Boomerang dengan konsep band , band ini masih sangat aktif dengan panggungnya , khas Rocker Surabaya masih melekat di setiap penampilanya dan telah merilis satu album yg bertitel "The Moon" walaupun saat ini Roy jeconiah sudah berdomisili di Jakarta , Surabaya adalah kampung halaman yang membesarkan namanya , sering muncul di gigs cafe di surabaya , bahkan seringkali membuat gigs untuk sekedar acara amal , di pasca era pandemi pun masih konsisten dengan berkarya update terakhir terlihat sedang mengerjakan project bareng David Naif dan BIP , tidak hanya itu jecovox bergerak dengan merchandise yang dikelola secara maksimal , bak anak muda rocker gaek ini masih aktif bergerak dan selalu tampil atraktif ... musisi indo stamina bule ... Roy Jeconiah.

2. DENNY FRUST

Solois "Ska Reggae" yang sepak terjangnya di mulai akhir 90an dengan membentuk "Dancing Alaska" kemudian meledak di skena lokal dengan "Nyiur melambai" di 2005 hingga hijrah ke jakarta bergabung dengan band Ska legend Ibukota "Monkey boots" merilis 2 album di tahun 2010 dan 2015 kemudian 2016 memutuskan untuk bersolo karir , masih pulang pergi Jakarta - Surabaya antara domisili dan kampung halaman , sudah menjadi karakter surabaya lekat dengan musisi perantau , melalang buana kemana - mana dari ujung nusantara hingga daratan Asia sudah merasakan lantunan , pribadi yang menyenangkan dan karakter vokal yg khas juga jiwa petualang yang liar membuat soloist ini mampu bertahan dan telah banyak berkolaborasi dengan bermacam musisi dari berbagai kalangan dan berbagai negara baik itu berupa karya maupun pertunjukan , lagu-lagu nya yang penuh spirit menjadi ciri khasnya. Denny Frustt Api kecil yang tak pernah padam.

Hingga kini Denny sudah merilis 3 Album dan 2 Single , Hits2 apiknya seperti Tiada Beban (2016) , Jangan Lupa Bahagia (2017) ,Mari Bergerak Kawan (2019) , Tak Melebihi Kekuatanmu (2020) dan Thank You Lord (2021). Update terakhir beliau, baru saja selesai Tour di 9 Kota di Indonesia Timur dan Indonesia Tengah dari 14 Kota yang direncanakan dan bulan ini akan merilis single yang berjudul "Thank You Lord" dan melanjutkan tour di beberapa Pulau di Indonesia. Rencananya Sumatera Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur Sambil mempersiapkan Album baru yang rencananya akan dirilis akhir tahun ini.

3. SILAMPUKAU

Duo folks bersahaja ini mampu mengembalikan wajah Surabaya sebenernya lewat tembang - tembangnya dengan lirik satir nan lugas mampu menerobos cepat dengan santun hingga di permukaan " Ekky dan Kharis " sosok kharismatik yg punya energi di setiap pertunjukannya , mengawali karir di 2009 dengan merilis EP yang bertajuk " Sementara ini " lalu meluncurkan full album tahun 2015 dengan judul " Dosa, Kota, & Kenangan ", diikuti dengan tur swadaya keliling Jawa dan Bali. Kemudian ditutup dengan konser tunggal di Surabaya dan Jakarta tahun 2016. Album ini juga membawa kami ke Migration Music Festival mini di Taiwan tahun 2018 , dan Festival Buka Panggung di Malaysia tahun 2019. Selain bertahan hidup dan meningkatkan kewarasan di masa pandemi ini mereka sedang mempersiapkan materi Album baru.

4. SARA FAJIRA

Dari sisi skena yang sebelumnya tidak dipandang , berangkat dari penyanyi kafe di usia muda kemudian menembus ajang berbakat dan berkolaborasi bersama orang-orang hebat, seorang "Sara Fajira" melesat bak roket dari Istana negara hingga mancanegara \, melalui interview langsung Sara menceritakan segala yang dicapai walaupun relatif cepat tetapi tidak mudah , banyak halang rintang dan bullying sana sini , tapi ke nekad-an tidak bisa membendung dara cantik blasteran arab - turki - portugis ini untuk tetap melaju , sebuah paket lengkap bakat yang dimilikinya kemampuan "vokal" , "rap" , dan "Dance" hingga "acting" membuat sara mampu berkarya secara kopleks dengan konsep yang rumit sekalipun , seperti yang kita lihat di video-video musiknya dimana yang membawa single " Lathi " ke kancah music manca negara bersama "weird genius" .

Sara menjadi berbeda karena support ke lokalan-nya ditunjukan melalui projectnya , dari perjalanan karir yg jauh di atas seorang sara fajira masih menyempatkan membuat kolaborasi baik itu berupa karya maupun pertunjukan , tercatat apa yang dilakukan sara fajira ketika sengaja balik ke kotanya untuk berkolaborasi : pertunjukan bersama Blingsatan sebuah band punk rock kota surabaya, kemudian membuat karya bersama The Subsib grup yang dibentuk bersama adiknya dan kawan bernyanyi nya semasa menjadi penyanyi kafe dan yang paling baru merilis single bareng seorang Dj ternama surabaya sampai dengan pembuatan video musiknya pun berkolaborasi dengan sineas Surabaya

Meledak di saat pandemi melanda banyak kesempatan yang terlewatkan tapi wanita muda ini semakin menunjukan powernya , tercatat terakhir kini Sara fajira terlibat kolaborasi bareng "Yellow claw" dan DRXGS dibawah naungan label record " Barong family " asal Amsterdam.

5. SONJAH

Sonjah adalah soloist Rapper yang juga berprofesi sebagai " Music Producer " artist yang pernah berkerjasama diantaranya ada Yacko , BCL , Pandji Pragiwaksono , waljinah dll , rapper kalem ini tergolong cukup sabar meniti karirnya berkiprah dari era 90an membentuk grup bersama " Saga " dan membangun kolektif hiphop jawa timur dengan menggagas gerakan seperti merilis kompilasi album Hip Hop " Perang Rap " yang menembus pasar major label hingga sempat hijrah ke Jakarta , memutuskan bersolo karir dan meluncurkan album di tahun 2016 yang bertajuk " Real " dan mulai terdengar satu tahun kemudian yang membuat menaikan namanya . Mulai diperhitungkan di kancah hiphop nasional kemudian Sonjah membentuk sebuah project kolektif baru yang diberi nama "Punakawan" dimana kolektif ini berisikan Rapper berpotensi yaitu "Mario Zwingkle" , "Tuan Tigabelas" dan "Matter Mos" , yang rencana nya akan merilis EP dan melakukan tour bersama jika pandemi ini usai , update terakhir Sonjah telah mengukir sejarah menggelar konser tunggal virtual pertama di langit jakarta beberapa bulan yang lalu di salah satu rooftop gedung di kawasan Sudirman.

6. FRAUD

Dedengkot Surabaya Hardcore yang sangat berpengaruh di skena musik underground , Fraud ... anak-anak muda berbahaya yang bertangan dingin , salah satu penggagas festival musik tahunan terbesar di Surabaya "Brotherground" dan penggiat gerakan - gerakan lokal seperti SBHC dan masih banyak lagi , selain pergerakanya Fraud menunjukan taringnya dengan kwalitas-kwalitas karyanya , ada berbagai tipikal musisi di surabaya ada yg berkembang dengan cara merantau dan ada yang bergerak dari kota sendiri dengan memperkuat lokalitas itulah "Fraud" Generasi musisi yang mengembalikan gairah musik underground di surabaya dan juga salah satu band yang menginspirasi banyak band lain untuk tetap berkarya , hampir semua panggung festival besar di Indonesia telah dicoba ,Fraud adalah salah satu representatif band cadas Surabaya di kancah nasional. Update terakhir di masa pandemi , mereka telah merilis album ke 3 nya yang bertajuk "Sanctuary" dibawah record label " Blackandje”.

7. RASVANKIKOO

Rasvan dan Kikoo merupakan duo band dari Surabaya mewakili musik generasi sekarang yang mampu me-refresh hal-hal yang konvensional , di mana mereka memainkan unsur musik beragam " Reggae Soul " , yang menyatukannya dengan blues, dan R&B dibawakan dengan instrumen yang kompleks dengan sentuhan brass section dan string section. Bermula di tahun 2012, dilakukan dengan serius mereka telah merilis 1 single kompilasi, 1 album studio, 2 single kolaborasi, 4 video klip, dan sudah berkeliling ke puluhan kota di 3 negara.

Di tahun 2020 akhir, mereka bertransformasi dengan cepat dari Rasvan Aoki menjadi Rasvan Kikoo , hal yang tidak mudah untuk sebuah project duo. Berikut Diskografi mereka:

  • Rindu (single/2016)
  • When you’re asleep (single/2017)
  • Tyaga (LP/2018)
  • Perahu ft. Sisitipsi (Single/2020)
  • Can We Talk? Ft Alfred The Alien (Single/2020).*

Duo ini diramalkan penulis sebagai salah satu yang akan menjadi representatif musik Surabaya di kancah Internasional. Berikut 7 musisi dari soloist , duo hingga band dimana mereka cukup mewakili bagaimana dinamika musik Surabaya sekarang dan menurut info yang lagi hangat di tahun ini akan ada karya dan project yang segar dari kota ini , sekedar sekilas info : ada reuni dari ex-personil Power Metal dengan nama barunya , project baru dari personil Devadata dan Blingsatan "Tiga Tanda Seru" dan yang terhangat adalah "the Marloes Rhythm" band generasi muda yang akan segera merilis karya fisiknya berupa vinyl dibawah naungan Record label asal Amerika.

Terimakasih buat para musisi dan media lokal setempat atas infonya, sampai berjumpa di geliat musik di kota kalian.

0 COMMENTS