Jeff 'Kasino Brothers': 'Triol Aspect' dalam Bermusik

Tulisan ini merupakan kajian argumentasi tentang tiga aspek rahasia dalam proses kreatif Kasino Brothers.

Terkadang musisi tidak merasakan bahwa dirinya adalah seorang musisi, dan adapula yang menganggap (berandai-andai) bahwa dirinya adalah musisi. Beberapa calon musisi membutuhkan momen untuk menyadari bahwa ia adalah seorang musisi, dan momen tersebut dapat diciptakan dalam sebuah pencapaian. Pencapaian itu berbeda-beda tergantung dengan profesi yang akan dicapai, misalnya menjadi pengajar, pencipta, arranger, dan penyaji musik (performer).

Berdasarkan pengalaman yang telah saya alami, tujuh tahun menjadi akademisi musik tidak membuat saya merasakan bahwa saya adalah seorang musisi penyaji (performer). Namun momen yang membuat saya merasakannya adalah ketika grup band saya, Kasino Brothers, menjadi The Mighty 8 Supermusic ID Rockin' Battle. Dengan pencapaian itu saya mendapatkan momen bahwa saat ini saya adalah seorang musisi dengan titel performer.

Triol Aspect

Proses kreatif dalam mencapai suatu momen merupakan hal terpenting yang harus diamati dan dipelajari, karena akan menjadi bekal dalam karier musik seorang musisi. Dalam proses tersebut saya menemukan tiga aspek penting yang membantu saya dan Kasino Brothers menemukan suatu keselarasan dalam berkarir di dunia musik, aspek itu saya beri nama TRIOL ASPECT.

Triol dalam bahasa musik adalah suatu nilai ketukan pada notasi balok yang artinya dalam satu ketukan terdapat tiga nada (Prier : 3)

Ilustrasi diatas merupakan bentuk dari triol dalam notasi balok yang akan saya gunakan untuk membuat struktur TRIOL ASPECT.

Aspek pertama ialah MUSIKALITAS, merupakan kemampuan individu atau kelompok dalam bermusik. Contohnya bermain alat musik hingga menciptakan karya musik. Musikalitas dapat ditingkatkan dengan cara melatih kemampuan bermusik berdasarkan karakter musik yang diinginkan. Diskusi atau biasa disebut dengan kata sharing dapat meningkatkan musikalitas dan juga dapat mengetahui tingkat musikalitas yang dimiliki. Sharing dapat dilakukan bersama kolega yang memiliki kemampuan bermusik, misalnya perfomer, guru, pengamat, hingga penikmat musik. Untuk mendapatkan kolega dalam kategori tersebut dibutuhkan 'LINKUNGAN' yang mendukung dan cocok sebagai wadah untuk sharing.

Penulisan kata 'LINKUNGAN' berbeda dengan kata LINGKUNGAN karena ada perubahan huruf ‘G’ yang digantikan dengan huruf ‘K’. Dapat dikatakan istilah 'linkungan' ini merupakan makna konotatif dan juga dalam ilmu bahasa sekilas seperti homofon. Maksud dari mengubah huruf ‘G’ menjadi huruf ‘K’ adalah untuk memperluas arti dari kata sebelumnya, berdasarkan artinya 'LINK' adalah koneksi dari suatu sumber ke sumber lainnya.

LINKUNGAN para musisi saat ini dapat berupa komunitas musik hingga komunitas seni kolektif lainnya. Bergabung dengan komunitas dapat meningkatkan relasi atau link, hal ini tentu saja dapat memberikan suatu hasil yang dinginkan oleh musisi, misalnya panggung pertunjukan musik. 'LINKUNGAN' yang baik akan membantu musisi untuk mengenal budaya lainnya seperti media partner, event organizer, hingga sponsorship.

Hal penting lainnya dalam TRIOL ASPECT ini adalah looks atau penampilan. Looks menjadi kata yang kerap digunakan dalam komunikasi mengenai physical appearance. Physical appearance meliputi bentuk tubuh hingga jenis fashion yang digunakan. Mengapa hal ini (looks) dikatakan penting? Karena musisi membutuhkan disiplin atau penguasaan ilmu yang lain untuk mendukung penampilannya, yaitu fashion, tidak hanya memikirkan musikalitas dan 'linkungan' (relasi) namun juga memikirkan penampilan fisiknya agar selaras dengan style musik yang dipilih.

Dalam Ilustrasi TRIOL ASPECT yang saya buat tertulis ATTITUDE, dalam hal ini attitude merupakan ritme, sedangkan musikalitas linkungan dan looks adalah nada, jadi dapat di analogikan bahwa ATITUDE adalah ritme yang selalu menguatkan setiap nada (musikalitas, linkungan, looks).

Ketiga aspek yang telah dikemukakan merupakan skema rahasia proses kreatif saya bersama Kasino Brothers. Dengan menggunakan TRIOL ASPECT, saya dan personel Kasino Brothers lainnya dapat mencapai suatu momen dari hasil proses dalam bermusik.

Lantas setelah proses TRIOL ASPECT mau ngapain?

Yaa MANGGUNG LAH ! PERFORM !!!

*Foto: Dokumentasi pribadi penulis

3 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    MUSIC ATTITUDE

  • juangpratama

    menginspirasi....

  • juangpratama

    menginspirasi....

Info Terkait

supernoize
389 views

Reney 'Scaller': Those Early Days (Part 1)

Usia saya 14 tahun ketika ibu saya menanyakan, “Reney, kalau sudah lulus sekolah nanti mau...

Baca Selengkapnya
supernoize
443 views

Japs Shadiq 'Indische Party': Rekam Jejak Analog Tour

Bulan Oktober 2017 lalu, Indische Party baru saja selesai menjalankan Analog Tour ke Malaysia,...

Baca Selengkapnya
supernoize
482 views

Arief 'Blingsatan': Zaman Menghasilkan Generasi

Ketika para musisi era pergerakan indie label yang berawal pada sekitar awal tahun 90-an merasa...

Baca Selengkapnya
supernoize
4020 views

Stephanus Adjie: Mesin Perang Bernama Down For Life

24 November 2017 pukul 10.00 WIB malam lebih, saat terbayang wajah Marsha Timothy yang cantik dan...

Baca Selengkapnya
supernoize
2380 views

Novan ‘Captain Jack’: Menolak Mati dan Dimatikan

Membangun kembali sebuah rumah yang tinggal puing bukanlah perkara gampang. Sama halnya dengan...

Baca Selengkapnya
supernoize
750 views

Eka Annash: Musik Rock dalam Sinema Superhero

Sejak lahirnya dunia sinema lewat film bisu di awal abad 20, musik sudah menjadi bagian esensial...

Baca Selengkapnya