Soleh Solihun: Kalau Musik Tak Keras, Tak Perlu Lah Ingin Terlihat Cadas

  • By: Soleh Solihun
  • Rabu, 2 September 2015
  • 13927 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Saya tak mau menyebut nama, tak enak kalau disebut. Nanti ada yang tersinggung. Hehe. Tapi, ada beberapa band pop di Indonesia yang sepertinya terlihat ingin jadi rocker. Gagah. Tangguh. Maskulin. Jantan. Cadas. Ada dua contoh kasus yang mau saya ceritakan di sini. Ini yang pertama. Dulu, waktu album pertama si band sebut saja band anu muncul, mereka tampil dengan kostum kulit. Hitam hitam. Sepatu boots hitam juga. Rock banget lah. Yah setidaknya itu yang mereka pikir. Tapi di balik penampilannya yang maunya rock banget itu, mereka menyanyikan lagu pop yang agak cengeng. Kontras sekali. Dan bukan kontras yang disengaja sepertinya sih. Kontras yang tak mereka sadari.

Yang kedua, ada band agak muda, yah lebih muda lahirnya dibanding band anu. Sebut saja band itu. Kalau band itu sih, mereka tak mengejar sisi rock dari sisi penampilan. Baju yang dipakai band itu sih, biasa saja: kaos dan celana jins. Yah standar lah. Keren tapi tak berlebihan. Tapi dari sisi penampilan panggung, mereka luar biasa berlebihan. Setidaknya, dari yang pernah dua kali saya saksikan.

Di dua panggung band itu, saya melihat mereka ingin sekali terlihat tangguh di panggung, dengan memainkan distorsi yang menggempur. Intro musik yang menghajar. Gaya panggung yang seakan-akan sedang memainkan musik paling keras yang pernah dimainkan. Gitarisnya memainkan solo gitar yang menunjukkan bahwa dia jago. Sang pemain drum menghajar habis-habisan drumnya. Sekencang-kencangnya, dengan gaya paling sangar. Tapi begitu lagu mereka dibawakan, musiknya kembali pop. Tak ada distorsi gitar. Tak ada irama drum yang menghajar telinga. Tak ada solo gitar yang bersahut-sahutan.

Di penampilan lain band itu, mereka malah pernah membawakan satu lagu metal di depan penonton yang bukan penyuka musik metal. Hasilnya? Membuat penonton terkesima. Tapi bukan terkesima karena suka, lebih ke terkesima karena bingung. Musik apa yang sedang didengar mereka saat itu.

Kalau saya boleh menganalisa dengan sok tahu, sepertinya band itu ingin mendapat perhatian sebagai sosok yang rock, yang musikalitas tinggi, bukan cuma bisa memainkan lagu pop. Ada yang mencoba mencapai tujuan itu lewat kostum, ada yang lewat panggung.

Padahal, kalau bukan band rock sih, ya tak perlu lah ingin terlihat seperti rocker. Toh, kalau lagunya bukan rock, ya percuma saja. Tak akan lantas membuat pecinta rock memberikan perhatian dan pujian karena satu band yang bukan rock tapi berdandan ala rocker dan memainkan sesi instrumentalia musik rock tapi seluruh lagu yang dibuat mereka, bukan rock.

Band pop, ya berlaku sewajarnya band pop saja. Jangan minder dengan predikat band pop, lantas bergaya rocker. Toh, kalau musiknya bagus pun, band pop bakal dihargai, tak akan ditertawakan. Justru perilaku yang tak sewajarnya macam memakai kostum ala rocker atau ingin terlihat sebagai band rock di panggung padahal aslinya band pop, yang akan membuat Anda ditertawakan.

Anda tak akan dapat penggemar baru, dan penggemar Anda pun tak akan lantas bangga kepada Anda ketika memainkan musik metal di panggung misalnya, padahal band Anda band pop yang lagu-lagu hitsnya pop. Langkah begini justru membuat blunder.

Ya kalau ada di antara personel band pop ingin menunjukkan bahwa dia juga bisa jadi metal, atau memainkan musik rock, buatlah band sampingan. Di sana Anda bisa sepuasnya menyalurkan hasrat musik keras Anda. Tapi kalau secara jualan memang sejak awal musik pop yang manis, ya tak perlulah berusaha keras ingin dilihat cadas.

Tapi kalau Anda ingin mengoleksi kostum-kostum yang berhubungan dengan musik cadas, silakan loh. Jangan karena tulisan ini lantas membuat Anda mengurungkan niat. Cuma ya dipakai sesuai tempatnya saja. Hehe.

Saya jadi ingat satu kejadian beberapa tahun lalu. Saya melihat band pop sedang manggung di sebuah televisi. Para personelnya memakai sepatu New Rock. Itu loh, sepatu boots bersol tebal, yang biasanya dipakai oleh Koil atau /rif. Saya lantas twit soal itu. Kurang lebih isinya: yang pantes pake sepatu New Rock mah, cuma Koil atau /rif. Band pop mah nggak pantes.

Tak dinyana, ternyata salah seorang personel band pop membaca twit saya, dan membatalkan pesanan sepatu New Rock kepada toko teman saya yang menjual sepatu itu. Haha. Maaf ya.

Kalau suka sepatu New Rock sih ya silakan dikoleksi, tapi kalau Anda punya band pop yang lagunya juga manis, ya buat apa memakai sepatu New Rock yang sangar? Tak menambah gagah penampilan Anda kok.

Nah, untungnya si band pertama yang saya ceritakan tadi, segera tersadar. Di album berikutnya, mereka tanggalkan kostum kulit, dan berganti ke kostum biasa saja tanpa ingin terlihat seperti rocker. Ternyata hasilnya bagus. Lagu mereka disukai, dan secara penampilan juga tak membuat timbul naluri untuk berdosa karena ingin menertawakan. Si band kedua, saya tak tahu seperti apa sekarang penampilan panggungnya. Semoga mereka sadar bahwa segala aksi panggung yang ingin menunjukkan mereka bisa main musik metal, tak membuat mereka terlihat cadas. Saya belum pernah menonton lagi sih, si band kedua itu. Apalagi sekarang, personel band itu tinggal sedikit, karena ditinggalkan beberapa personel aslinya. Kalau mereka sudah tak melakukan aksi cadas di panggung, bisa berarti dua hal: antara mereka sadar, atau karena personel yang punya ide untuk melakukan aksi itu, sudah tak ada di band itu.  

Hayo, pasti Anda penasaran kan, siapa band yang saya maksud? Hahaha.

 

Foto : www.telegraph.co.uk

5 COMMENTS
  • giew13

    Yang bikin saya ngakak drummernya setelan punk dari atas sampe bawah pas maen lagunya pop :D

  • AdhieBlues

    hahaha..artikelnya mantaps..menurut saya bandnya Ung* dulu sering pakai boot gitu,atau A. Dha** atau The Virg** haha gaya bak Rocker lagunya ngepopss hehe..ngjar style aja hahahaha..

  • jantersidauruk

    Nanggung bang ceritanya, hahaha siapa sih bandnya?

  • riefky

    pendidikan penting bro buat penonton atau pemain nya juga

  • DieRotten22

    Kentang nih pak... siapa ya si itu ama si anu.. hehe

Info Terkait