Soleh Solihun: Kalau Nonton Konser, Helmnya Dicopot, Dong!

  • By: Soleh Solihun
  • Rabu, 9 December 2015
  • 8962 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Ada banyak pemandangan menarik ketika pergi ke sebuah konser musik. Salah satu yang menggelitik saya adalah kelakuan beberapa orang penonton yang berbeda. Kalau Anda sering pergi ke konser musik, pasti pernah melihatnya: beberapa orang yang memakai helm sambil nonton konser. Tidak banyak sih jumlah mereka, tapi karena tak banyak yang melakukannya, maka mereka jadi mudah terlihat. Tak jarang juga mereka ada di baris depan.

Oke, mari kita analisa. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan orang-orang memakai helm sambil nonton konser.

  1. Helmnya mahal. Ya mahal murah kan sebenarnya relatif. Helm Rp 200 ribu bisa mahal buat pelajar atau mahasiswa yang kondisi ekonomi pas-pasan. Tapi buat orang kaya yang biasa membeli helm seharga Rp 1 juta ke atas, helm Rp 200 ribu mah, murah. Sepertinya, orang-orang yang memakai helmnya sambil nonton konser, merasa helmnya mahal sehingga membuat was-was kalau ditinggal di motor. Mau dikunci di motor, tak ada alat penguncinya. Mau dititipkan, tak ada tempat penitipan. Apalagi kalau konsernya di lapangan, boro-boro ada tempat penitipan helm.
  2. Takut kena lemparan benda keras. Mungkin mereka traumatis, pernah terkena lemparan batu dari belakang, atau lemparan botol berisi air kencing. Padahal, dengan memakai helm, malah memancing orang untuk melempari kepalanya. Jangan-jangan, aksi lempar melempar barang di konser itu bukan semata-mata tak suka sama band, tapi maksudnya ingin melempari orang yang memakai helm.

[bacajuga]

  1. Bercita-cita jadi polantas. Biasanya, polantas lah yang sering terlihat memakai helm meskipun sedang tak naik motor. Nah, mereka yang memakai helm saat nonton konser, mungkin sedang melatih dirinya buat jadi polantas. Membiasakan diri memakai helm di segala kesempatan. Jangan-jangan, mereka yang suka memakai helm sambil nonton konser juga, adalah mereka yang suka memakai helm saat masuk minimarket.
  2. Penganut ekstrem paham safety riding. Saking menjiwainya safety riding, mereka memutuskan bahwa memakai helm pun harus dilakukan meskipun tak sedang naik motor. Mungkin mereka hanya tak memakai helm di dalam rumah.
  3. Penggemar Daft Funk. Melihat idolanya senang memakai helm di saat manggung, mereka meniru perilaku idolanya itu. Saya yakin, anggota Daft Punk kalau jadi penonton, melepas helmnya.
  4. Tak percaya diri. Mungkin mereka malu, tak ingin terlihat di konser musik yang didatanginya. Mungkin band yang sedang manggung, memang jelek musiknya, dan mereka tak mau terlihat orang lain. Jadi, biar aman, mereka memakai helm. Kalau kurang percaya diri, mungkin ada baiknya banyak membaca kutipan-kutipan dari motivator.

[pagebreak]

  1. Musim hujan tak punya payung atau jas hujan. Daripada kepala kena air hujan dan berpotensi membuat pusing, tapi membawa payung atau jas hujan terlalu merepotkan, akhirnya helm jadi pilihan.
  2. Salah gaul. Mungkin mereka bergaul dengan orang-orang yang menganggap bahwa memakai helm sambil nonton konser adalah sesuatu yang keren dan harus dilakukan. Dan biasanya, orang yang salah gaul, tak merasa dirinya salah gaul hingga akhirnya bertemu dengan teman yang bisa menyadarkannya. Untuk itu, saya cuma bisa berdoa semoga mereka segera tersadar.
  3. Tak kuat mendengar tata suara yang bising. Makanya, suara dari speaker, diredam oleh helm. Kalau mau nonton yang sepi mah, pergi ke pertandingan catur saja.

Jadi sodara-sodara, tolong beri tahu kalau Anda punya kawan, atau handai taulan yang suka memakai helm sambil nonton konser, untuk berhenti melakukan itu.

Memakai helm sambil nonton konser, adalah salah satu perbuatan menggelikan. Dari sisi pemandangan pun, tak indah. Bayangkan, konser sudah keren, penonton banyak sekali, begitu difoto, eh terlihat ada beberapa orang memakai helm di antara penonton. Sungguh mengganggu pemandangan.

Lagipula, kalau menonton konser sambil memakai helm, apalagi dilakukan siang hari yang panas, bukankah akan membuat kepala terasa lebih gerah? Makin gerah makin mudah terpancing amarah. Jangan-jangan salah satu penyebab ada beberapa orang yang mudah marah di konser hanya karena tersenggol saja karena mereka memakai helm.

[bacajuga]

Helm juga akan membuat Anda susah bergerak. Boro-boro mau headbang, kepala sudah punya beban helm, kalau digoyang-goyangkan lagi, bakal bikin makin pusing. Apalagi mau stage dive, kemungkinan orang malas menangkap Anda kalau Anda terjun ke penonton sambil memakai helm.

Kalau kuatir helm dicuri, ya bawalah rantai yang paling kuat buat menjaga helm Anda di motor. Kalau perlu, ajak teman untuk bergantian menjaga helm. Haha.

Ingat sodara-sodara, copotlah helm Anda saat di konser musik.

Kecuali Anda anggota Daft Punk. 

Foto: dok. Soleh Solihun, indonesianfilmcenter.com, trendleaks.com

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
166 views
supernoize
1371 views
superbuzz
1341 views
supernoize
5007 views
supernoize
110462 views