Octavia 'Heals': Wish List Rilisan Lokal di Tahun 2019

Octavia 'Heals': Wish List Rilisan Lokal di Tahun 2019

2019 tak lama lagi akan genap berusia satu bulan, dan pameran resolusi di internet sekarang sudah lenyap dilahap isu-isu lain yang menyerbu, seperti... Politik? Skip.

Berbicara tentang resolusi-resolusi-an, saya sempat mempunyai pikiran "Asyik juga kayaknya kalo punya resolusi untuk dihidupi di tahun ini." Lalu menemukan diri saya dalam beberapa tahun ke belakang sebagai seorang pribadi yang kurang menaruh perhatian pada karya-karya musik yang dilahirkan oleh para musisi dalam negeri.

Tahun ini saya bertekad untuk mengubah hal tersebut, dan langkah pertama yang akan saya lakukan adalah dengan mengumpulkan rilisan yang menurut saya sangat layak untuk dinantikan.

Inilah daftar rilisan dari artis lokal yang patut dinantikan kemunculannya di tahun ini versi saya.

12. Galaxies

Saya melewatkan beberapa pertunjukan-pertunjukan mereka dalam beberapa bulan ini. Jika ada yang belum dengar dan bertanya seperti apakah mereka? Setelah mendengar, kalian akan langsung tahu seberapa rusuh crowd di pertunjukan mereka. Kalau saya lihat di media sosial sih, sepertinya akan rilis tahun ini. Rilis gak ya? Yuk kita tunggu aja!

11. The Trees and The Wild

Keputusan untuk lebih bereksperimen dalam urusan musik dibandingkan dengan album sebelumnya merupakan keputusan yang cukup berkelas dan berani menurut saya. Album Zaman, Zaman membuat saya menantikan karya terbaru dari mereka di tahun ini. Kira-kira kejutan apa lagi yang akan tersaji dalam karya musik mereka selanjutnya?

10. Avhath

Dalam beberapa rilisan sebelumnya, Avhath berhasil menjadi band black metal yang segar. Mereka selalu dapat membuktikan kredibilitas mereka dalam “membalut” sebuah karya musik dengan identitas visual yang sangat tepat. Di tahun 2019 ini mereka telah merilis sebuah single berjudul "Serpentine" yang saya harap akan berlanjut dengan keluarnya album/EP.

9. Gaung

Setelah saya merasa "ditoyor-toyor" oleh album perdana mereka, Opus Contra Naturam, proyek yang diprakasai oleh Rama Putratantra ini kembali membuat saya senang dalam merasakan kepusingan dengan merilis album mini berjudul Api Padam Puntung Hanyut Tarung Abadi di tahun 2018. Kedua rilisan tersebut cukup untuk menempatkan mereka sebagai proyek musik eksperimental lokal nomer wahid buat saya sebenarnya, tapi namanya juga saya, selalu berharap lebih terhadap sesuatu. Jadi, Gaung-Rilisan baru-2019-wajib!

8. Flukeminimix

Masih dari ranah eksperimental, kali ini, band asal Bandung, Flukeminimix lah yang saya nantikan rilisannya di tahun ini. Berawal dari menyaksikan penampilan live mereka yang sangat apik, menuntun saya untuk kemudian menelusuri karya-karya musik mereka. Saya memiliki keyakinan terhadap kemampuan mereka dalam menyuguhkan sesuatu hal yang baru dan berani.

7. Negative Lovers

Mungkin, banyak yang belum tahu kalau salah satu tembang dari EP mereka yang berjudul “Faster Lover” itu di-remix oleh Jagz Kooner yang merupakan produser musik yang pernah bekerja dengan Oasis, Primal Scream, dsb. Tidak hanya itu, lagu tersebut pun menjadi soundtrack videonya Tony Hawk juga loh! Wow. Saya pikir akan seru sih kalau mereka kembali “menyuplai” kita dengan penampilan juga karya-karya terbarunya.

6. Fuzzy, I

Setelah mengumumkan dua personel baru, mereka telah menunjukkan perubahan musik yang cukup drastis dalam beberapa penampilan live terbaru. Sebelumnya, dalam album mini Neonato mereka mengusung musik energetic yang mereka generalisir dalam kategori noise rock. Namun, rupanya dalam beberapa penampilan terbaru mereka memainkan musik yang jauh lebih kalem. Saya ingin melihat bagaimana mereka mengkonversi perubahaan mood mereka dalam bermusik ke dalam format album penuh di tahun ini.

5. Ssslothhh

Selama kurang lebih 4 tahun tidak menelurkan rilisan musik, kehadiran unit post-metal dari Bandung ini cukup saya rindukan. Mereka telah berhasil menunjukkan bahwa mereka adalah band post-metal lokal paling galak dalam album Phenomenon dan untuk meng-eksplor lebih luas musik post-metal ke dalam satu album baru bukan merupakan tugas yang mudah. Namun, saya yakin merekalah ahlinya untuk melakukan hal tersebut.

4. Scaller

Duo alternative rock dari Jakarta yang tentu sudah tidak asing lagi namanya. Mempresentasikan karya-karya musik secara live dengan baik sudah menjadi kewajiban bagi sebuah band untuk mendapatkan penilaian sempurna, dan Scaller mampu melakukannya. Performa Stella dan Reney selalu memberikan energi kepada penonton yang patut diacungi jempol membuat saya tak sabar untuk menonton mereka lagi dengan membawakan materi baru.

3. Alice

Mereka kembali! Setelah beberapa tahun ini vakum karena ditinggalkan vokalisnya yang harus pergi menjalani kehidupan di luar Indonesia, mereka baru saja menyelesaikan tur mini di tahun 2019 untuk menyambut kepulangan vokalis mereka, Miko. Kalau dilihat dari postingan personelnya sih, mereka sedang rekaman. Sebuah album/EP baru di tahun ini rasanya tepat.

2. Rollfast

Band asal Pulau Dewata ini dapat dikatakan merupakan sebuah band yang berisikan personel-personel berumur relatif "muda" yang patut untuk diapresiasi karyanya. Tahun 2017 lalu, mereka pernah masuk nominasi “Aksi Panggung Memukau Terbaik” di acara tahunan Hammersonic bersama Burgerkill, Deadsquad, Jasad, juga Seringai dan... merekalah pemenangnya!

Merupakan sedikit bukti bahwa mereka mampu menunjukkan gairah muda mereka dengan cara mengeksplor musik mereka ke arah yang lebih liar, sebuah alasan yang cukup untuk saya menantikan album terbaru dari mereka.

1. The Sigit

The Super Insurgent Group of Intemperance Talent, ya, siapa yang tidak tahu salah satu pentolan dari Kota Kembang ini? Mungkin saya adalah orang kesekian yang akan memuji perubahan musikalitas mereka yang sangat kentara, dari The Visible Idea of Perfection hingga album terakhir mereka, Detourn yang dirilis tahun 2013 lalu.

Saya pernah beberapa kali bermain dalam satu acara yang sama dan saya mendapati set panggung mereka yang semakin penuh oleh instrumen-instrumen tambahan yang membuat saya penasaran dengan album mereka selanjutnya, yang tentunya sangatlah worth to wait.

---

Band-band yang saya sebut tadi merupakan band-band yang telah membuktikan kapabilitas mereka dari apa yang telah mereka buat sebelumnya.

Memang ada beberapa yang tidak berdasarkan data juga informasi yang akurat bahwa mereka akan rilis. Namun, menunggu sesuatu yang baru dari band/musisi yang kita sukai itu tidak ada salahnya bukan? Siapa tahu saja ada yang belum pernah mendengarkan band-band dalam list ini dan pada akhirnya mereka bisa turut serta mewarnai playlist-mu.

Dan terakhir, semoga akan semakin banyak nama-nama baru yang akan bermunculan dan membuat musik di tahun 2019 ini lebih seru dan berwarna.

*Foto-foto band diambil dari berbagai sumber di internet

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
522 views
superbuzz
182 views
superbuzz
184 views