Supertapes: Diegoshefa 'GHO$$'

  • By: SuperMusic
  • Kamis, 22 March 2018
  • 2299 Views
  • 2 Likes
  • 5 Shares

Setiap orang pasti memiliki lagu-lagu favorit. Entah lagu itu memiliki memori, atau memiliki cerita yang bermakna. Berikut 10 lagu yang membuka mata gue tentang musik dan memengaruhi gue dalam bermusik.

Misfits - Helena

Lagu ini adalah kunci kenapa gue suka musik punk. Gue ingat ketika kecil dikasih saudara gue kaset album Misfits yang berjudul Famous Monsters. Di saat itu juga gue jatuh cinta langsung sama band ini, dan lagu ini adalah salah satu lagu ter-catchy di album ini. Tapi jujur lagu ini jadi favorit gue saat itu karena liriknya yang aneh dan terdengar sedikit horor dan sadistic, padahal lagu ini lagu cinta. Pas tahun 2010, gue pernah ketemu sama Misfits dan ngefotoin mereka manggung. Di saat itu juga gue ngerasa salah satu mimpi gue tersampaikan!

Sade - Smooth Operator

Bisa dibilang gue tumbuh besar mendengarkan Sade, karena kedua orang tua gue pun menggemarinya. Bisa dibilang lagu ini selalu terngiang dari gue kecil. Sampai sekarang pun lagu lagu Sade masih gue sering putar, tapi ya “Smooth Operator” ini lah yang paling gampang nyantol di kuping karena catchy banget. Sade juga memiliki beberapa lagu trip-hop dan sedikit industrial, coba deh digali lagi!

Rancid - Time Bomb

Waktu gue SD, teman-teman sekelas gue selalu berbicara tentang Blink-182, tapi jujur gue gak tau apa itu Blink-182 karena terlalu asyik mendalami album Rancid yang berjudul And Out Come The Wolves. Sampai SMA pun album ini sering gue putar, bahkan sampai sekarang. Lagu ini bagi gue klimaks di album itu.

Portishead - Glory Box

Pertama kali gue denger Portishead itu ketika mendalami nu-metal, karena di saat itu, di tahun 1999 sampai 2000-an awal nu-metal sangat gencar. Di saat itu juga gue cari apa sih yang menjadi akar awal dari nu-metal itu, karena kegemaran gue terhadap musik hip hop dan musik yang berdistorsi. Artis seperti Linkin Park saat itu sangat kental di kuping gue. Pada saat SD kelas 4, gue menemukan Portishead di tempat latihan les DJ gue. Di saat itu juga gue jatuh cinta sama Portishead. Beat low tempo, gitar yang kadang menyamankan dan menyiksa kuping, suara vokal yang laidback halus mendayu, suara piano, synth dan moog yang horor dan megah, scratch ala 90’s hip-hop, semua di satukan jadi satu. INDAH BANGET! Coba denger lagu ini.

Gorillaz - Tomorrow Comes Today

Setelah menemukan Portishead dan Linkin Park, saya dikagetkan dengan band ini di tahun 2001. Gue masih ingat sahabat gue ketika SD, Danar Rastio dan Nugraha Pratama adalah dua orang yang sering berbagi interest dengan band-band yang selalu gue dengar. Di saat itu pula gue berbagi tentang Gorillaz. Ketika menemukan Gorillaz, gue berkata dalam hati “GILA! SEMUA GENRE YANG GUE SUKA DIJADIKAN SATU SAMA BAND INI!” Sampai sekarang pun album-album Gorillaz masih gue dengar. Gue akui, Damon Albarn adalah Mozart di era digital ini.

Linkin Park - Cure For The Itch

Siapa sih yang gak tau Linkin Park? Di saat band ini mencuat di TV dan radio pada awal era millennium, gue langsung jatuh hati pada album pertamanya, Hybrid Theory. Lirik depresif tetapi tegas, distorsi gitar tajam, nada-nada vokal yang catchy. Bisa dibilang Linkin Park adalah jembatan di beberapa interest musik gue, dan lagu ini menginspirasi gue pada saat gue berumur 10 tahun untuk tahu bagaimana caranya SCRATCH.

Converge - All We Love We Leave Behind

Band chaotic hardcore asal Amerika ini udah bertahun-tahun jadi favorit gue. Di tahun 2012, Converge ngeluarin album berjudul All We Love We Leave Behind, gue langsung order online CD-nya, dan begitu gue dapet CD-nya, gue langsung jatuh cinta sama lagu yang berjudul sama seperti albumnya. Chord gitar drop C yang low tapi tegas dan atmospheric perlahan berubah naik menjadi tajam dan menghujam telinga. Lirik lagu yang depresif, sedih tapi terucap megah. Satu kata buat lagu ini, GILA! Lagu ini juga membantu gue mengatasi rasa depresi gue pada beberapa tahun kebelakang. Kecintaan gue terhadap lagu ini gue nyatakan dengan menyematkan judul lagu ini sebagai tattoo di badan gue.

MF DOOM - Doomsday

Kebiasaan gue ngebaca lirik lagu dan semua kata-kata yang tertulis di sleeve suatu album membuat gue menemukan banyak hal, salah satunya ya nama produser album tersebut. Di album Gorillaz, gue nemuin nama Danger Mouse dan pada saat itu pula gue cari tahu artist-artist yang di-produce sama dia. Di situ gue temuin MF DOOM dan lagu ini. Lagu ini ngejembatanin rasa cinta gue sama lagu-lagu Sade. Di lagu ini MF DOOM nge-sample lagu Sade yang berjudul “Kiss Of Life”, diiringi rap ala MF DOOM yang kaya akan suku kata (syllables), dan scratch yang simpel menjadi pemanis lagu ini. ENAK! Oh, gue pernah nonton live MF DOOM dan dia ngebiarin gue buat ngefoto dia di hari itu, karena gue bilang ngefans sama dia dari kecil. Sampai dikasih tanda tangan dan barang-barang gratis!

*NSYNC - Bye Bye Bye

Mungkin ini lagu yang menurut lo semua berbeda dan gak ada korelasinya dari yang lain. Gak tau kenapa, lagu ini ngebuka telinga gue akan cara-cara bernyanyi ala penyanyi R&B cowok modern. Justin Timberlake nge-lead lagu ini dengan baik. Pas gue denger lagu ini pertama kali saat SD, gue langsung jatuh cinta sama lagu ini dan di saat itu juga gue pengen nge-cover lagu ini. Sayang baru bisa terealisasi pas taun 2015. Cek di akun Soundcloud GHO$$ di Soundcloud.com/ghosstheband.

The Weeknd - Wicked Games

Gue pertama kali denger The Weeknd pada tahun 2011, pas gue tinggal di Australia. Saat itu gue temuin lagu ini, lagu dari solois yang nyanyi dengan lirik explicit diiringi music trip-hop down tempo yang gelap. Sejak saat itu gue selalu ngikutin musiknya dan mengamati perubahannya. Oh, satu fakta menarik, Portishead pernah ribut sama The Weeknd karena The Weeknd menggunakan sample lagu Portishead yang berjudul “Machine Gun” untuk lagunya yang berjudul “Belong To The World”.

0 COMMENTS

Info Terkait

supertapes
327 views

Supertapes: Pijar

supertapes
1785 views

Supertapes: Polka Wars

supertapes
1525 views

Supertapes: Heals

supertapes
2148 views

Supertapes: Zat Kimia

supertapes
2014 views

Supertapes: Rekah

supertapes
2576 views

Supertapes: .feast