10 Aksi Kontroversial dalam Sejarah Rock

  • By: OGP
  • Minggu, 8 July 2018
  • 2501 Views
  • 0 Likes
  • 5 Shares

Di balik ingar-bingar kancah rock, tentu tak luput dari segala momen-momen penting yang takkan terlupakan. Bahkan di antara momen tersebut, terdapat sekelumit kontroversi di dalamnya. Tak sedikit dari para bintang rock ini sengaja memercik ‘api’ di hadapan publik langsung. Aksi-aksi yang mereka dinilai spontan dan memiliki motif terselubung di dalamnya.

Berikut 10 aksi paling kontroversial dalam sejarah rock versi SuperMusic:

1. Jim Morrison, Rock Star Pertama yang Ditangkap Polisi di Atas Panggung

Jim Morrison adalah salah satu dari sekian banyak frontman kancah rock paling legendaris. Eks vokalis The Doors ini masih sahih dianggap sebagai simbol rock abadi. Beragam kontroversi sempat menyelimuti lika-liku kehidupan pribadinya. Selama masa jayanya tersebut, ia sempat bolak-balik ditangkap pihak berwajib lantaran melakukan tindakan tak senonoh di depan publik.

Puncaknya adalah ketika di penghujung tahun 1967, saat The Doors menggelar konser di New Haven, Connecticut. Bertepatan dengan perayaan ultah Jim yang ke-24. Para pihak berwajib tampaknya sudah lelah dengan kebengalan seorang Jim Morrison. Ia pun akhirnya ditangkap di atas panggung, dan jadi bintang rock pertama yang ditangkap polisi saat manggung.

2. John Lennon Sebut ‘The Beatles Lebih Populer dari Yesus’

Sebuah pernyataan kontroversial pernah diucapkan oleh seorang John Lennon di surat kabar pada 1966 lalu. Kala itu, nama The Beatles tengah berkibar jadi fenomena di jagat musik dunia. Bahkan ia terang-terangan menyebut bahwa The Beatles lebih populer dari Yesus. Bukan tanpa alasan, di masa jayanya itu The Beatles menjadi panutan muda-mudi di seantero dunia.

Namun pernyataan nyelenehnya tersebut tentu menuai kecaman dari berbagai pihak. The Beatles mendapat ancaman serius. Album-album mereka dibakar, lalu di tiap konser seruan boikot silih berdatangan. Melihat situasi yang sudah tak lagi kondusif, John Lennon pun akhirnya meminta maaf di depan publik dan menarik perkataan kontroversialnya.

3. Ozzy Osbourne Gigit Kepala Kelelawar

Gelar ‘Pangeran Kegelapan’ selalu identik dengan sosok dedengkot heavy metal Ozzy Osbourne. Segala kontroversi sempat menyelimuti kehidupan pribadinya. Salah satu aksi kontroversial yang akan selalu dikenang di jagat rock adalah ketika ia tak sengaja menggigit kepala seekor kelelawar hingga putus pada sebuah konser.

Ozzy mengaku bahwa ia mengira binatang malam itu adalah boneka yang sengaja dilempar penggemarnya ke arah panggung. Akibatnya, setelah melakukan aksi horor tersebut, Ozzy kerap kali dituding sebagai pemuja setan.

4. Wawancara ‘Nyeleneh’ Sex Pistols di Televisi

Nama Sex Pistols kian meroket pasca melepas magnum opus Anarchy in the UK. Sebagai salah satu band yang tengah naik daun di dataran Britania Raya, Johnny Rotten dkk berkesempatan untuk menjadi bintang utama program talkshow Today, menggantikan Queen.

Memang dasar bengal, para personel Sex Pistols malah asyik mengucapkan kata-kata kasar yang tak pantas diucapkan di televisi. Bahkan sang gitaris, Steve Jones mengumpat presenter Bill Grundy dengan kata “dirty f**ker” di depan umum.

5. Bob Dylan Goes Electric

Di dekade 60-an, Bob Dylan dianggap sebagai salah satu penulis musik terbaik di kancah folk dunia. Lewat dua album andalannya, The Freewheelin’ Bob  Dylan (1963) dan The Times They Are a-Changing (1964), media-media menyemat dirinya ‘spokesman of a generation’.

Namun di tahun 1965, Bob Dylan sempat menggemparkan jagat musik lewat album Bringing it All Back Home. Dylan dianggap telah ‘berkhianat’ pada fanatik kancah folk lantaran materi-materi yang dibuatnya serba elektrik, tak lagi mengandalkan gitar akustik. Puncaknya pada konser di Newport Folk Festival 1965, beberapa penonton bahkan ikut mengolok-ngoloknya di depan panggung. 

6. GG Allin Lempar Tinja ke Penonton

Jika ada seseorang bertanya, “Siapa musisi paling menjijikkan dalam lanskap rock?” tentu jawabanya akan mengarah ke sosok bengal bernama GG Allin. Tingkah laku tak senonoh kerap menghiasi kehidupan hari-hari maupun saat dirinya menyuguhkan aksi gila di panggung.

Puncaknya adalah ketika ia lepas kontrol, mulai membuang air seni dan buang hajat di atas panggung. Saat itu, dengan entengnya ia lempar tinja-tinjanya ke hadapan para penonton. Tak pelak, para kerumunan crowd pun berlarian menghindari Allin. Lepas kejadian tersebut, nama GG Allin kian mencuat lantaran tingkah amoralnya

7. Sinead O’Connor Robek Foto Paus Yohanes Paulus II

Nama Sinead O’Connor mulai mendapat tempat di kalangan pecinta musik, ketika ia berhasil mencetak hit andalan “Nothing Compares 2 U” milik Prince di tahun 1990. Berbagai kontroversi pun tak luput dari kehidupan pribadinya.

Salah satu kontroversi yang paling ‘dikenang’ adalah ketika ia dengan sengaja merobek foto Paus Yohanes Paulus II di program acara komedi Saturday Night Live pada 1992. Berkat aksi kontroversialnya itu, O’Connor dilarang tampil pada acara tersebut seumur hidup.

8. Marilyn Manson Jadi Pendeta ‘Sesat’

Bukan Marilyn Manson namanya, kalau tak memercik sekelumit kontroversi di jagat musik. Tak terhitung sudah berapa kali ia menggemparkan publik dunia.

Namun diantara momen-momen yang paling diingat adalah ketika dirinya disematkan sebagai pendeta gereja setan oleh Anton Szandor LaVey, pendiri sekte gereja setan sekaligus penulis buku kontroversial The Satanic Bible. Sejak dari itu, Marilyn Manson makin didentikkan publik sebagai pemuja setan.

9. Aksi Protes ‘Telanjang’ RATM

Di sepanjang dekade 90-an, RATM dikenal sebagai salah satu band rock paling kritis soal politik dan sosial. Tom Morello dkk sering tampil dalam acara Regeneracion, serta aktif mendukung pembebasan Leonar Peltier (aktivis Indian-Amerika) dan Mumia Abu-Jamal (jurnalis dan mantan anggota Black Panther).

Namun di antara aktivitas politik yang RATM lakukan, paling diingat adalah ketika mereka tampil telanjang di festival akbar Lollapalooza pada 1993. Keempat personel RATM menutup mulut dengan lakban hitam dan kata P-M-R-C (Parents Music Resource Center) yang tertulis di dada mereka masing-masing, sebagai bentuk protes anti-penyensoran.

10. Axl Rose Serang Penggemarnya

Kemunculan Guns N’ Roses di belantika adalah sebuah fenomena. Di pembuka era 90-an, nama band heavy metal legendaris itu kian menggaung kencang. Namun dengan banyaknya fans fanatik di sekeliling mereka, justru malah mengganggu aktivitas para personel Guns N’ Roses.

Di salah satu konser mereka, Axl Rose secara membabi buta menyerang seorang penggemarnya lantaran kedapatan membawa kamera. Axl menganggap jika pihak keamanan dinilai lalai dan kurang sigap dalam mengamankan konsernya.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
73 views
superbuzz
89 views
superbuzz
136 views
superbuzz
77 views