10 Album Debut Rock Terbaik

  • By: OGP
  • Rabu, 8 November 2017
  • 5572 Views
  • 2 Likes
  • 2 Shares

Sebuah kesuksesan membutuhkan proses panjang untuk tercapai. Tak jarang segala aral melintang kerap jadi ‘bumbu’ bagi sekelompok musik dalam meniti karier. Namun hal itu tampaknya tak berlaku bagi segelintir elit rock dunia. Bahkan beberapa dari mereka tak perlu bersusah payah dalam merengkuh kejayaan. Terbukti, band-band bernasib ‘mujur’ ini seketika meroket namanya ketika melepas debut album mereka.

[bacajuga]

Titik awal merupakan bagian krusial dalam menentukan langkah yang akan diambil selanjutnya. Bagi para band ini, setidaknya mereka telah membuktikan kapasitasnya di mata publik. Membuat karya perdana bukanlah perkara mudah. Bahkan ada beberapa band yang butuh waktu menahun hanya untuk menyempurnakan karya musiknya, agar selalu diingat oleh penggemar.

Berikut deretan album debut rock terbaik versi SuperMusic.ID. Di antara daftar pilihan, adakah album favorit lo?

1. The Beatles - Please Please Me (1963)

Di awal kemunculannya di awal dekade 60-an, The Beatles adalah sebuah fenomena. Kuartet asal Liverpool itu muncul dengan menawarkan album debut berjudul Please Please Me yang dirilis pada tahun 1963. Album ini turut digarap oleh produser legendaris bernama George Martin.

Di dalamnya juga memuat sebanyak empat belas muatan materi berkelas. Salah satu single andalan di repertoar di antaranya “Love Me Do” dan lagu daur ulang berjudul “Twist and Shout”. Tak heran album debut milik Beatles ini pun jadi cikal bakal terciptanya mahakarya seperti album Sgt Pepper’s Lonely Hearts Club Band dan Abbey Road.

2. The Jimi Hendrix Experience - Are You Experienced (1967)

Di mata dunia, Jimi Hendrix selayaknya seorang virtuoso di kancah rock. Bersama band mautnya, The Jimi Hendrix Experience merilis album debut bertajuk Are You Experienced (1967). Di album ini kentara menyajikan nuansa blues eklektik dengan taburan psikedelik di dalamnya.

Are You Experienced menyuguhkan jajaran single abadi tak lekang dimakan oleh zaman seperti “Foxy Lady”, “Purple Haze”, “Hey Joe” dan “Are You Experienced?”. Rolling Stone AS menempatkan album ini di urutan ke-15 sebagai salah satu album terbaik sepanjang masa. Lebih dari itu, album ini juga jadi cetak biru bagi pelaku blues modern.

3. The Velvet Underground - The Velvet Underground & Nico (1967)

The Velvet Underground bisa dibilang sebagai salah satu band paling prominen di kancah rock. Meski memiliki karier seumur jagung di belantika, namun pengaruh yang ia tancapkan di lanskap rock begitu kuat. Debut album berjudul The Velvet Underground & Nico yang rilis pada 12 Maret 1967 kini sakral ditasbihkan sebagai pusaka musik rock.

Diisi oleh serentetan single-single mumpuni seperti “Sunday Morning”, “Femme Fatale”, “Venus in Furs” hingga “I’ll Be Your Mirror”. Musisi legendaris sekaliber Brian Eno pun pernah berseloroh mengenai album ini, “Album perdana Velvet Underground hanya terjual sebanyak 30 ribu keping, tapi setiap orang yang membelinya kemudia membentuk sebuah band.”

4. Pink Floyd - The Piper at the Gates of Dawn (1967)

Kreatif tanpa batas. Mungkin itu adalah sekelumit gambaran tepat untuk merepresentasikan band bernama Pink Floyd. Ya, band kebanggaan asal tanah Britania Raya itu dikenal akan inovasinya dalam bermusik. Musik dengan sabetan instrumental yang mengawang-ngawang jadi ciri khas tersendiri bagi Roger Waters dkk.

Album debut bertajuk The Piper at the Gates of Dawn jadi penanda karier legendaris Pink Floyd, yang kemudian menetaskan mahakarya berpengaruh seperti The Dark Side of the Moon (1973) dan Wish You Were Here (1975). Di album perdananya ini turut melahirkan deretan single berkualitas. Sebut saja “Interstellar Overdrive”, “The Gnome” sampai “Astronomy Domine”. Album perdana Pink Floyd dianggap jadi pendobrak di kancah rock kala itu.

5. Led Zeppelin - Led Zeppelin (1969)

Menuju penghujung dekade 60-an, muncul punggawa rock bernama Led Zeppelin. Dalam periode di mana British Invasion dan psychedelic sedang mendominasi, Jimmy Page dkk menggali lebih jauh ke dalam akar blues. Musik yang dihidangkan oleh komplotan Led Zeppelin begitu memiliki powerful dari segala aspek instrumental hingga departemen lirik.

Album debut berjudul sama dengan nama band dirilis pada tahun 1969. Tembang-tembang klasik mumpuni seperti “Good Times, Bad Times”, “Babe, I’m Gonna Leave You”, “Dazed and Confused” hingga “Communication Breakdown” masih tetap jadi anthem bagi para penggila rock. Lewat album ini, Led Zeppelin pun berandil besar dalam penyebaran kancah hard rock di dunia.

6. Black Sabbath - Black Sabbath (1970)

Berbicara tentang kancah rock, tak lengkap rasanya jika tak memasukkan gerombolan Black Sabbath ke dalam daftar. Band yang dikepalai oleh Ozzy Osbourne itu kerap kali dianggap sebagai moyang dari musik metal sendiri. Kini, musik rock tak hanya berbicara soal perlawanan, narkotika dan seks. Sabbath pun perlahan mengantarkan musik ke dunia okultisme.

Black Sabbath menelurkan album debut berjudul sama dengan nama band pada tahun 1979. Tak tanggung-tanggung jajaran track pemadat seperti “Evil Woman”, “The Wizard”, “N.I.B” saling bergantian di dalam repertoar. Uniknya, album ini juga dianggap sebagai album heavy metal pertama di dunia.

7. Ramones - Ramones (1976)

Gelombang arus kancah punk kian merebak di medio 70-an. Dari sekian nama, terdapat satu nama paling berpengaruh di dalamnya: empat pemuda belia asal New York, AS menamakan dirinya Ramones. Tak disangka-sangka Ramones pun perlahan menjelma jadi salah satu band rock legendaris.

Album debut berjudul sama dengan nama band dirilis pada tahun 1976. Album ini dinaungi label Sire Records. Di dalamnya memuat nomor-nomor prominen seperti “Blitzkrieg Bop”, “I Wanna Be Your Boyfriend” sampai “Judy Is a Punk”. Lewat mahakaryanya ini, Ramones dianggap sebagai band pertama yang bertanggung jawab menciptakan sound kebut ala punk rock. Rolling Stone AS menganugerahkan album ini di posisi ke-33 sebagai salah satu album terbaik sepanjang masa.

8. Sex Pistols - Never Mind the Bollocks, Here’s the Sex Pistols (1977)

Serupa dengan Ramones, di dataran Britania pun tengah bergejolak hebat invasi punk di medio 70-an. Di masa itu ledakan arus dari gelombang band-band ‘pemberontak’ kian memuncak. Salah satu band bengal tersebut adalah Sex Pistols.

Sex Pistols merilis album debutnya pada 28 Oktober 1977 melalui label Virgin Records. Dengan congkaknya mereka meyelipkan kata nyeleneh dengan titel Never Mind the Bollocks, Here’s the Sex Pistols di album. Opus perdana mereka ini berisikan dua belas muatan mumpuni menghiasi sepanjang repertoar. Terdapat anthem wajib seperti “Anarchy in the UK” dan “God Save the Queen”. Di ranah punk, album ini ditasbihkan menjadi pusaka wajib bagi insan punk rocker.

9. Guns N’ Roses - Appetite For Destruction (1987)

Dekade 80-an adalah masa keemasan bagi kancah glam metal. Spandex ketat dengan rambut gondrong urakan serta riasan jadi ciri khas para pegiatnya. Hingga muncullah sekomplotan pemuda bengal yang menamakan dirinya Guns N’ Roses. Mereka berbeda dari band-band glam yang berjamuran di Sunset Strip saat itu. Dikepalai oleh Axl Rose, band pun ini perlahan menjelma jadi band rock populer saat itu. Lengkingan oktaf tinggi serta dijejali dengan raungan melodius dari seorang virtuoso bernama Slash jadi daya pikat dari band asal Los Angeles, AS itu.

Appetite for Destruction merupakan album debut GNR yang rilis pada tahun 1987. Di dalamnya berisikan nomor-nomor kebangsaan rock seperti “Welcome to the Jungle”, “Sweet Child o’ Mine”, “Paradise City” sampai “Nightrain”. Tak heran, Appetite pun laris di pasaran internasional. Hingga saat ini, album ini telah terjual sebanyak 28 juta kopi, menjadikan album ini debut terlaris sepanjang sejarah musik.

10. The Strokes - Is This It (2001)

Di pembuka kalender milenium, rock seolah mulai kehilangan gairah. Kala itu, kancah rock mulai seperti kehilangan asupan ‘tenaga’ di tengah gencarnya geliat musik RnB dan pop. Tak hanya itu, dunia pun dikagetkan dengan peristiwa serangan 11 September 2001 yang membuat geger dunia.

Sang penyelamat rock akhirnya terlahir. Di tengah kebisingan Kota New York, The Strokes muncul membawakan sebuah karya yang kelak akan menjadi harta karun. Is This It adalah album debut mereka yang rilis pada tahun 2001. Di dalamnya memuat lagu-lagu penting seperti “Last Nite”, “The Modern Age” sampai “Barely Legal”. Tak ayal, album ini pun dianggap sakral pada invasi penyebaran kancah indie rock di sepanjang era 2000-an.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
100 views
superbuzz
647 views
superbuzz
388 views
superbuzz
1795 views