10 Album Rock Internasional Paling Diantisipasi di 2018

  • By: OGP
  • Kamis, 11 January 2018
  • 538 Views
  • 2 Likes
  • 2 Shares

Tahun 2017 telah berakhir. Membuka lembaran kalender 2018, kini waktunya para musisi rock dunia yang lama tak mencetak karya, mulai unjuk gigi, catatkan karya anyar mereka di tangga lagu internasional. Segelintir dari mereka tengah bersiap untuk rilis album baru di tahun ini. Tak ayal, kehadiran rilisan teranyar mereka pun jadi karya yang paling ditunggu-tunggu serta diantisipasi oleh para penggemar. 

Meski sebagian musisi berikut ada yang telah menentukan jadwal perilisan, dan sebagian lainnya masih merahasiakan, tanggal perilisan bisa saja berubah-ubah tergantung dengan musisi bersangkutan. Berdasarkan informasi yang didapat, tercatat beberapa musisi tenar telah lebih dulu membocorkan deretan single, repertoar, cuplikan hingga video klip dalam rangka menyambut karya terbaru milik mereka.

Berikut 10 band rock dengan album barunya yang paling diantisipasi di tahun 2018:

Jack White

Eks frontman band rock tenar The White Stripes ini tak lama lagi bakal merilis sebuah album solo teranyar bertajuk Boarding House Reach. Album ini juga akan menjadi karya solo ketiga dirinya. Dua single baru pun telah dilepas Kendati demikian, tampaknya sang virtuoso masih merahasiakan tanggal perilisan. Namun ibarat sebuah nama, Jack White adalah magnet di industri rock modern. Karya-karya yang dihasilkannya selalu menuai pujian dari ekspertis musik. Sejauh ini, Jack White telah menciptakan sebanyak dua album solo bertajuk Blunderbuss (2012) dan Lazaretto (2014).

Arctic Monkeys

Kampiun indie rock dunia, Arctic Monkeys pun tak ketinggalan menyemarakkan gegap gempita lanskap rock di tahun 2018. Alex Turner dkk dikabarkan siap melesakkan album studio ke-6 mereka. Meski demikian, band asal Sheffield, Inggris itu masih bungkam soal jadwal perilisan serta detail materi album. Namun kebenaran soal album teranyar Arctic Monkeys disampaikan langsung oleh sang bassis, Nick O’Malley.

Dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu, O’Malley mengaku jika ia dan rekan-rekan bandnya tengah masuk dalam proses rekaman materi dan mantap akan merilis pada tahun 2018. Terakhir Arctic Monkeys merilis album AM di tahun 2013.

Judas Priest

Tak dapat dipungkiri veteran heavy metal, Judas Priest masih dianggap sebagai salah satu band penting di jagat rock. Memasuki hampir lima dekade berkarier, band asal Inggris ini bakal siap melontarkan album terbaru bertajuk Firepower. Album studio ke-18 ini dijadwalkan rilis pada 9 Maret mendatang di bawah naungan label Epic Records. Kira-kira kejutan apa yang bakal disajikan Rob Halford dkk? Patut untuk disimak.

Manic Street Preachers

Band rock asal dataran Wales, Manic Street Preachers siap kembali getarkan panggung! James Dean Bradfield dkk telah mengonfirmasi akan merilis album ke-13 berjudul Resistance Is Futile. Rencananya album ini akan dilepas serentak pada 6 April 2018 via label raksasa Columbia/Sony. Sebelum mengumumkan karya baru mereka, Manics telah lebih dulu mengunggah bocoran album lewat sebuah video teaser. Futurology (2014) adalah album studio terakhir yang mereka garap bersama. Sampai saat ini, Manics masih membuktikan kapasitas mereka sebagai salah band terbaik di generasinya.

Suicidal Tendencies

Suicidal Tendencies kembali melayangkan album terbaru. Elit crossover thrash itu siap menyebar album mini berjudul Get Your Fight On! Album ini akan dirilis pada 9 Maret mendatang, serta digarap oleh kolaborator setia, Paul Northfield selaku produser. Sang frontman, Mike Muir juga mengatakan bahwa lirik-lirik yang ia buat di materi album anyarnya itu kental tema politik. Album ini juga jadi karya kedua bagi eks drummer Slayer, Dave Lombardo bersama Suicidal Tendencies.

My Bloody Valentine

Kuartet pionir shoegaze, My Bloody Valentine juga menjadi salah satu jajaran musisi yang paling ditunggu comeback-nya di tahun 2018. Mereka dikabarkan akan resmi merilis album baru di tahun ini. Kendati demikian, belum ada detail dan tanggal perilisan pastinya.

Namun berembus informasi, jika di album teranyar mereka nantinya akan berisikan sebanyak tujuh atau delapan track, dengan durasi sekitar 40 menitan. Hal ini disampaikan langsung oleh sang drummer, Colm Ó Cíosóig. Ia mengaku jika MBV memang sedang dalam proses penggarapan album baru. Kevin Shields dkk terakhir melepaskan album berjudul MBV di tahun 2013.

Exodus

Di ranah thrash metal pun tak ketinggalan dalam menyumbangkan eksponen terbaik di tahun 2018 ini. Exodus merupakan salah satu band yang paling diantisipasi kemunculan album terbarunya. Band veteran ini dikabarkan akan rilis album ke-12 mereka pada bulan Maret mendatang. Kendati demikian, Exodus tampaknya masih memilih merahasiakan detail album terkait judul dan materi-materi di dalamnya. Sang frontman, Steve ‘Zetro’ Souza beberapa waktu lalu pun mengaku bahwa band-nya siap bergerilya kembali di tahun 2018. So, kencangkan sabuk pengaman!

Echo & The Bunnymen

Veteran post-punk, Echo & The Bunnymen belum habis ditelan zaman. Band asal Liverpool ini kembali membuktikan jika mereka masih cukup bertaji dalam mengarungi lanskap rock masa kini. Ian McCulloch dkk resmi mengumumkan akan melayangkan album terbaru bertajuk The Stars, The Oceans & The Moon. Album ini akan rilis serentak pada 18 Mei mendatang. Selama berkarier di belantara musik, Echo & The Bunnymen telah menetaskan 12 album. Terakhir mereka menelurkan album bertajuk Meteorites (2014).

The Vaccines

Indie rocker asal negeri Inggris, The Vaccines baru saja meluncurkan single ‘perkenalan’ mereka berjudul “I Can’t Quit”. Meski baru melontarkan satu lagu, tetapi single anyar mereka tersebut cukup terdengar impresif. Rencananya The Vaccines siap melepas album bertajuk Combat Sports yang rilis serentak pada 30 Maret mendatang. Di dalamnya akan memuat repertoar 11 lagu andalan.

Black Label Society

Unit heavy metal garapan Zakk Wylde, Black Label Society kian mantap menatap tahun 2018. Band yang terbentuk sejak tahun 1998 itu bakal resmi merilis album baru bertajuk Grimmest Hits. Rencananya opus ini akan dilepas serentak pada 19 Januari via label Entertainment One. Sudah hampir empat tahun sejak Black Label Society merilis album Catacombs of the Black Vatican, Zakk Wylde yang kembali tergabung sebagai gitaris Ozzy Osbourne itu pum mengaku materi terbaru miliknya siap dirilis pada pembuka tahun 2018.

1 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    rock rock rock

Info Terkait

superbuzz
99 views

Arctic Monkeys Kembali ke Panggung Usai 3 Tahun Absen

Elit rock masa kini, Arctic Monkeys belum lama ini telah mengumumkan akan kembali ke atas panggung...

Baca Selengkapnya
superbuzz
37 views

Hayley Williams Tanggapi Fans Soal Perubahan Musik Paramore

Selama menjalani karier bermusik lebih dari sedekade, Paramore kerap ditasbihkan sebagai salah satu...

Baca Selengkapnya
superbuzz
44 views

Zone Rats: Pameran Seni yang Terinspirasi Album Terakhir My Chemical Romance

Meski telah memutuskan bubar, My Chemical Romance (MCR) masih menunjukkan perannya sebagai salah...

Baca Selengkapnya
superbuzz
34 views

Tune-Yards Resmi Rilis Album Terbaru

Proyek indie/art-pop Tune-Yards (alias tUnE-yArDs) telah merilis video klip single terbaru,...

Baca Selengkapnya
superbuzz
50 views

Babymetal Kenang Sang Gitaris yang Telah Wafat

Kabar duka cita menyelimuti band heavy metal fenomenal asal Jepang, Babymetal. Sang gitaris Mikio...

Baca Selengkapnya
superbuzz
63 views

MGMT Siap Lepas Album Keempat

MGMT bersiap melepas album terbaru, setelah vakum merilis selama lima tahun. Menyambut album...

Baca Selengkapnya