10 Fakta Tentang 'Images and Words' dari Dream Theater

  • By: NTP
  • Kamis, 14 September 2017
  • 7422 Views
  • 2 Likes
  • 1 Shares

1. Images and Words (1992) adalah rilisan terlaris Dream Theater. Single “Pull Me Under” berhasil bertengger di posisi kesepuluh tangga lagu Billboard Hot Mainstream Rock Tracks Amerika Serikat. Hingga kini, belum ada single atau lagu Dream Theater lain yang berhasil membalap posisi “Pull Me Under”.

2. Tiga single Images and Words, berhasil meraih posisi 50 besar Billboard Hot Mainstream Rock Tracks AS tahun 1992. “Pull Me Under” mencapai sepuluh, “Take The Time” di posisi 29 dan “Another Day” berada di posisi 22.

3. “Pull Me Under” dapat dimainkan di Guitar Hero World Tour (versi edit radio) sebagai lagu tambahan setelah pemain menamatkan mode karir.

4.  Angka penjualan fantastis Images and Words mendapat sertifikasi emas (lebih dari 500.000 kopi) dari Asosiasi Industri Musik Amerika Serikat (The Recording Industry Association of America) tahun 1995.

5. Album Images and Words terbilang sukses secara komersial (terjual sebanyak 600.000 kopi), dan sanggup mencapai nomor 61 di tangga album Billboard 200 AS. Hingga kini, Images and Words masih memegang gelar sebagai album terlaris Dream Theater.

6. Images and Words adalah album perdana Dream Theater bersama vokalis beroktaf tinggi, James LaBrie.

7. Setelah Charlie Dominici keluar dari posisi vokalis Dream Theater, mereka harus mengaudisi 200 orang di sekitar Amerika Serikat. Pencarian mereka berakhir saat James LaBrie mengirim rekaman audisinya. Ia saat itu masih menjadi vokalis Winter Roses asal Kanada, LaBrie pun mundur dan mengisi pos vokalis Dream Theater hingga hari ini.

8. Dream Theater menggunakan teknik sampling di lagu “Take The Time”. Lagu ini mengambil bagian dari beberapa lagu, yaitu "Christmas Rappin” (Kurtis Blow), “Dancin’ Fool” (Frank Zappa) dan “Power to the People” (Public Enemy).

9. Salah satu lagu paling terkenal selain “Pull Me Under” adalah "Metropolis—Part I: The Miracle and the Sleeper". Sebelumnya lagu ikonis ini berjudul “Crumbling Metropolis” dan ditambahkan frasa “Part I” oleh John Petrucci (gitar) sekitar tahun 1989. Atas desakan penggemar, bagian kedua lagu ini mulai dikerjakan dan berevolusi menjadi album Metropolis Pt. 2: Scenes from a Memory (1999).

10. “Another Day” adalah single keempat Images and Words, lagu ini dirilis pada tahun 1993. Lagu ini ditulis oleh John Petrucci sebagai penghormatan untuk ayahnya, John Petrucci Sr, yang didiagnosis mengidap kanker. Video klip “Another Day” mengikuti alur cerita liriknya, menampilkan ayah dan anak yang tengah menghabiskan waktu bersama.

Jangan lupa saksikan penampilan Dream Theater di perhelatan JOGJAROCKARTA pada 29-30 September 2017 di Candi Prambanan, Yogyakarta, dalam rangka tur merayakan 25 tahun album Images and Words. Dream Theater akan tampil pada dua malam tersebut. Jadi jangan sampai terlewatkan! Acara ini turut dipersembahkan oleh SuperMusic.ID.

3 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    Dream Theater

  • fariqmujahid

    Album dt pertama yg bikin gue jatuh cinta sama DT

  • Baehaqi

    Album DT yang pertama gua punya karena suara melodinya bang Jhon Petrucci di lagu under glass moon mempunyai soul yang mantap jaya