film dokumenter musik Netflix

10 Film Dokumenter Musik Keren yang Bisa Lo Tonton di Netflix

  • By: NND
  • Jumat, 20 September 2019
  • 3497 Views
  • 18 Likes
  • 109 Shares

Netflix emang jadi sebuah sarana hiburan baru yang tumbuh kembangnya cukup kencang di dunia modern ini. Sebagai sebuah kanal yang mempersembahkan banyak film dan serial kepada para penggunanya, Netflix berhasil menampilkan potensi besar dari dunia streaming. Sekarang, hampir sebagian besar masyarakat—terutama yang berusia muda—sudah menggunakan Netflix di dalam kesehariannya.

Kabar baiknya, Netflix sendiri memiliki banyak sekali film dokumenter yang bagus-bagus. Dan di dalam sekumpulan film dokumenter itu, ada pula film dokumenter musik yang berkualitas. Tenang, jika ingin menyimaknya, kalian sudah tidak perlu pusing-pusing lagi. Supermusic sudah memilah film-film dokumenter musik terbaik di Netflix. Baca daftar di bawah ini dan catat mana saja yang akan masuk ke dalam daftar must-watch kalian, ya!

***

1. George Harrison: Living in the Material World

Ini bukan film dokumenter sembarangan! Rilis di tahun 2011, film tentang George Harrison ini merupakan film yang disutradarai oleh Martin Scorsese—menceritakan kehidupan seorang Harrison dari kelahirannya, waktunya di the Beatles, solo karir, hingga kematiannya. Fans dari The Fab Four wajib nonton!

2. Kurt & Courtney

Kematiannya yang cukup mengejutkan mampu mencenangkan dunia, dan film ini masih berkutit dengan hal tersebut. Menelisik kematiannya melalui kemungkinan adanya keterlibatan dari istrinya, Courtney Love—film ini cukup berani, ia mendukung teori-teori keterlibatan Love yang selama ini kerap beredar. Durasi yang singkat juga membuat film ini cocok untuk di tonton kapan saja.

3. Hip-Hop Evolution

Dokumenter serial yang berhasil mengantongi sejumlah penghargaan ini menceritakan betul melalui cara yang pas—tumbuh kembang musik dan budaya hip-hop di tanah kelahirannya itu, Amerika. Wawanara-wawancara dengan lakon pentingnya memberikan gambaran yang apik tentang skena tersebut. Sangat cocok disimak jika ingin menyelami dunia hip-hop lebih dalam.

4. Amy

Sutradara Asif Kapadia menggarap dokumenter mendiang Amy Winehouse ini dengan sangat apik. Ia menempatkan  Amy di panggung utama, dan menyorotnya dengan spotlight dari awal hingga habis—semua itu dengan cara-cara yang paling cocok. Sosok Amy seakan diberikan ruang yang ia inginkan untuk bersinar, dan itulah yang terjadi dalam dokumenter ini: Amy Winehouse, dengan segala baik dan buruknya, dikisahkan dengan jujur dan menginspirasi.

5. Chasing Trane

Bagi kalian yang baru ataupun yang sudah lama mendengarkan John Coltrane, film ini mampu memberikan sebuah gambaran yang luas tentang legenda jazz yang satu ini. Mulai dari keluarga, mantan rekan sejawat dalam musik, fans terkenalnya yang juga musisi (Kamasi Washington, Wynton Marsalis, John Desmore, Bill Clinton, dll)—semua itu dikemas dalam film dokumenter ini, mewartakan kehidupan Coltrane dan perubahannya menyikapi era-era musiknya yang cukup beragam.

6. Oasis: Supersonic

Kedua kakak-beradik yang mendirikan band favorit dari Inggris ini disorot secara ekslusif, memperlihatkan sengketa dan kejenakaan mereka melalui cuplikan behind-the-scenes dan yang terus terang milik dokumenter ini. Ada pula wawancara dengan ibunya, serta bahasan terkait ayahnya yang menganiaya mereka. Oasis tak akan ada tanpa mereka berdua, dan dokumenter ini paham hal itu.

7. Biggie & Tupac

Lepas dari subyek bahasannya yang sangat kontrovesial, dokumenter ini menampilkan jurnalistik aneh yang mampu bikin geger kalian—terutama para hip-hop heads! Broomfield sebagai sutradara memang memiliki keunikan dalam membedah subyek bahasannya, dan di film ini ia beraksi dengan hebat. Akses-akses yang ia peroleh sangatlah menarik, ia berhasil membuka lebar kisah Biggie dan Tupac serta sengketa yang terjadi di antaranya, dengan caranya sendiri.

8. What Happened, Miss Simone?

Liz Garbus sebagai sutradara menampilkan Nina Simone yang sedikit kontroversial karena narasi kesehatan mental yang ia angkat dan hubungkan. Namun, dokumenter ini juga menjadi sebuah sarana yang menampilkan secara gamblang bagaimana seorang musisi perempuan yang tengah berada di era emasnya itu berkarya dan menyikapi permasalahan sosial di saat yang bersamaan. Nina Simone merupakan salah satu talenta terbesar dalam musik, dan untuk itu saja, kalian sudah memiliki alasan yang kuat untuk menyimak film dokumenter ini.

9. Rolling Thunder Revue: A Bob Dylan Story by Martin Scorsese

Film baru yang rilis tahun ini, Martin Scorsese kembali menakhodai dokumenter dan mengangkat kisah salah seorang penyanyi-penulis lagu paling melegenda di dunia ini: Bob Dylan. Karakteristik Scorsese dalam mengemas dokumenter nampak serasi dengan nuansa kehidupan Dylan, menjadikan dokumenter ini sebagai salah satu film dokumenter musik yang patut disimak di tahun 2019 ini!

10. Mr. Dynamite: The Rise of James Brown

James Brown—siapa tak kenal penyanyi yang satu ini? Kalau kalian jawab “kenal”, apakah yakin? Coba tonton film ini dulu baru jawab lagi. Mengantongi review baik dari Rotten Tomatoes—situs kritikus film bergengsi di dunia—Mr. Dynamite merupakan the go-to documenter untuk sang pelanutut lagu “I Feel Good” ini. Percayalah, akan ada sisi-sisi seorang James Brown yang tidak kalian ketahui, yang diangkat melalui film ini. Wajib disimak!

***

Itu dia sepuluh film dokumenter musik yang bisa kalian simak di Netflix. Tunggu apa lagi? Siapin popcorn dan ajak sahabat, saudara, orang tua, atau temen deket! Yakin deh, film-film dokumenter ini bisa bikin kalian jauh lebih mendalami idola-idola kalian. Lagipula, nonton dokumenter juga ngga pernah salah, ‘kan? Selain menghibur, sifatnya juga informatif—satu baru dua burung nih, Superfriends!

Di luar sepuluh film ini, apa film dokumenter musik kesukaan kalian? Coba suarakan di kolom komentar di bawah ini!

2 COMMENTS
  • Bahar193

    Mantappp

  • hendrapare151@yahoo.com

    Film andalank

Info Terkait

superbuzz
353 views
supershow
752 views
superbuzz
402 views
superbuzz
321 views