10 Great Guitarist From ‘Nothing But Guitar Vol.1’ Compilation Part 2

  • By: LS
  • Selasa, 6 October 2015
  • 5532 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Andy Owen, Gugun ‘GBS’, Edo Widiz, Irvan Borneo dan Pupun Dudiyawan adalah lima nama yang sebelumnya SuperMusic ID bahas dalam profil 10 gitaris dari kompilasi Nothing But Guitar Vol.1 bagian pertama. Ya, pengisi kompilasi ini merupakan gitaris-gitaris berbakat dan bertalenta. Lima nama lainnya pun turut menyumbang lagu bermutu dalam kompilasi ini.

 

I Wayan Balawan

Gitaris jazz asal Bali ini dikenal dengan teknik bermain touch tapping style. Ia merupakan gitaris favorit kebanggaan Indonesia yang melakukan eksplorasi musik tradisional Bali bersama grup Bantuan Ethnic Fusion. Tak heran, sejak kecil ia tumbuh dalam keluarga besar seniman musik tradisional Bali. Ketertarikannya pada gitar tidak akan muncul bila tidak tertular dari kakak perempuannya. Musikalitas Balawan diasah di Australian Institute of Music di Sidney.

 

Ezra Simanjuntak dan Eddy Simanjuntak

Kakak-beradik ini tergabung dalam band bernama ZiFactor, sebuah band beraliran modern metal tribal core. Keduanya merupakan gitaris handal berprestasi. Ezra yang lahir dan besar di Hawaii, pernah meraih gelar gitaris terbaik di sana. Permainan gitar dari Ezra sendiri terpengaruh oleh idolanya; Paul Gilbert, Vinnie More, Jason Becker dan gitaris lainnya. Permainan Ezra yang keras, cepat dan memiliki sentuhan ekletik nusantara merupakan titik berat yang membuat nada-nada yang dihasilkannya terdengar menarik.

 

Jubing Kristianto

Gitar klasik dan teknik fingerstyle adalah ciri khas dari seorang Jubing Kristianto. Ia memiliki permainan gitar dinamis dan clean yang kerap berkolaborasi menampilkan musikalisasi puisi. Jubing pun mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai Penulis Ensiklopedia Gitar Pertama di Indonesia dan sebagai Gitaris Indonesia Pertama yang Menyebarluaskan Komposisi dan Aransemen Gitar Pribadi Secara Gratis di Internet. Mengawali karir sebagai jurnalis, Jubing tetap menjalani karir dalam dunia tulis menulis dan musik hingga kini.

 

Andry Muhammad

Mantan gitaris Powerslaves dan Boomerang ini dikenal dengan nama panggung Andry Franzzy. Ia telah memiliki album instrumental gitar yang digarap bersama band Andry MySkull Project. Andry pun sempat terlibat sebagai gitaris grup Mahadewa garapan Ahmad Dhani. Sebagai gitaris, Andry merupakan pribadi yang suka bereksperimen. Ia lebih mengandalkan sound dari gitar ketimbang perpaduan yang ia lakukan lewat kombinasi pedal.

 

John Paul Ivan

Berambut gondrong, aksi liar dan kerap terlihat menenteng Gibson Les Paul, John Paul Ivan memiliki sosok yang khas. Terinspirasi banyak dari Jimi Hendrix, ia memiliki permainan yang terpengaruh banyak dari idolanya ini. Pria ini mulai belajar gitar sejak berumur 15 tahun dan mengenyam pendidikan di sekolah musik. Ia sempat tergabung dengan Boomerang dan menggarap tujuh bersama band ini. Keluar dari Boomerang pada tahun 2005, John Paul Ivan melanjutkan petualangannya sebagai gitaris. Ia membentuk band RI-1 bersama Roy Jeconiah pada tahun 2012.

 

Foto: kompasmuda.com, jazztraffic.com, dapurletter-online.com, lipsus.kompas.com, myspace.com, profilpedia.com

0 COMMENTS