10 Kaus Band Terlangka dan Termahal di Dunia

  • By: OGP
  • Minggu, 15 April 2018
  • 5243 Views
  • 1 Likes
  • 5 Shares

Ada banyak cara yang dilakukan seorang penggemar musik dalam mendukung eksistensi sang idola. Salah satunya adalah dengan mengoleksi segala pernak-pernik merchandise yang berhubungan dengan band favorit mereka. Mulai dari rilisan fisik (vinyl, CD, kaset), dan yang paling diburu tentunya t-shirt.

T-shirt/kaus band tak hanya sekadar jadi pelindung badan. Lebih dari itu, kaus band jadi atribut sakral yang wajib dikenakan penggila musik sejati. Lewat logo maupun artwork yang terpampang, seakan mencerminkan ‘taste’ musik mereka sesungguhnya. Setiap fans tentunya masing-masing memiliki band favorit dari berbagai kancah rock.

Seiring bergulirnya waktu, tak hanya vinyl atau pernak-pernik antik lainnya. Kaus band klasik (vintage) pun perlahan menjadi komoditas berharga. Tak jarang kaus-kaus band berumur tua tersebut menjadi ladang penghasilan seseorang dan dilego dengan harga fantastis.

Bagi kolektor musik, memiliki kaus band vintage memiliki makna tersendiri. Semakin tua umur kaus atau langka barang tersebut, maka nilai prestisiusnya akan semakin bertambah. Kaus ‘first printed’ adalah yang paling dicari oleh kolektor. Alasannya, kaus ini merupakan cetakan pertama sejak pertama kali merchandise kaus band muncul.

Kendati terbilang tak lagi dalam kondisi baru alias usang, kaus band antik ini setidaknya dianggap jadi barang berharga tinggi di mata para kolektor musik. Selain sulit ditemukan, sisi orisinalitas pada kaus vintage inilah yang membuat barang ini menjadi bernilai lebih.

1. Nirvana, Tour Crew T-Shirt (1993)

Boleh percaya atau tidak, kaus tur Nirvana ini dibanderol dengan harga US$6987 atau sekitar Rp 93 juta! Usut punya usut kaus ini hanya dimiliki oleh sekelompok rombongan yang sempat ikut tur Nirvana di tahun 1993 lalu. Konon, kaus yang tertera di dalam foto adalah kepunyaan dari salah satu kru bodyguard Kurt Cobain. Ada yang berminat?

2. Run-DMC, Concert T-Shirt (awal 80-an)

Legenda ranah hip hop, Run-DMC memang dikenal memiliki logo yang terbilang ikonis. Berkolaborasi dengan merek sportwear terkemuka, Adidas, trio asal New York ini meluncurkan kaus spesial untuk promosi konser mereka di awal dekade 80an. Diperkirakan kaus ini dijual seharga US$13 ribu atau setara dengan Rp 175 juta. 

3. The Beatles, Butcher Cover T-Shirt (1966)

Bisa jadi kaus The Beatles (butcher cover) dianggap sebagai salah satu kaus band tertua. Diperkirakan kaus berwarna putih dengan cover personel serta bertuliskan ‘Incredible’ ini sudah ada dari era 60-an. Kaus memang terlihat usang dan memiliki bercak kotor. Namun jangan salah, di mata Beatlemania benda ini dianggap benda berharga dan sangat langka. Tak tanggung-tanggung sang pemiliknya siap melegonya dengan harga Rp 185 juta untuk sebuah kaus belel.

4. Led Zeppelin, Knebworth Concert T-Shirt (1979)

Tak ada satupun yang meragukan kapasitas musik dari juru selamat rock Led Zeppelin. Selain ditunjang kualitas musikal bintang lima, sampai saat ini merchandise Led Zeppelin masih tetap laku di pasaran, khususnya T-shirt. Namun di antara jajaran seliweran kaus yang beredar, kaus vintage ‘Knebworth Concert’ keluaran 1979 adalah yang paling dicari. Kaus ini ditaksir berharga sekitar Rp 92 juta.

5. Pink Floyd - Relics Album T-Shirt (1971)

Kaus belel berwarna kuning ini sepintas seperti kaus usang pada umumnya. Namun jangan salah. Kaus bergambar artwork album kompilasi ‘Relics’ ini cukup merogoh kocek bagi kalangan penggemar. Kaus antik rilisan tahun 1971 ini dijual dengan harga sekitaran Rp 30 juta. Buat yang ngaku fans setia Pink Floyd, udah siap merogoh dompet?

6. The Who Staff T-Shirt (1973)

Di daftar selanjutnya terdapat kaus vintage dari unit rock legendaris, The Who. Kaus berwarna kuning dengan desain bertuliskan Chicago itu dibanderol dengan harga Rp 55 juta oleh pemiliknya. Jika diperhatikan seksama, tak ada spesial dengan kaus ini. Namun dilihat dari sejarah, kaus ini dirilis pada tahun 1973, ketika The Who menggelar konser di International Amphitheatre, Chicago, AS.

7. Woodstock 1969 Festival T-Shirt

Bagi penggila musik sejati, gelaran Woodstock 1969 sahih dianggap sebagai hajatan musik legendaris. Mulai dari Jimi Hendrix, Janis Joplin, Joan Baez, Creedence Clearwater Revival, The Who, hingga Joe Cocker sukses menggempur venue yang dipadati lebih dari 400.000 ribu pengunjung itu. Bertepatan dengan gelaran akbar tersebut, pihak panitia merilis kaus konser resmi. Seorang fans mengaku masih menyimpan kaus asli Woodstock 1969 selama berdekade-dekade lamanya. Kaus ini dijual seharga Rp 55 juta

8. Michael Jackson, Tour Baseball Shirt (1984)

Di dekade 80-an, sosok Michael Jackson adalah fenomena di industri musik. Bagaimana tidak? Ia telah sukses merengkuh berbagai penghargaan di ajang prestisius. Dan tak heran jika Jacko juga sering menghelar tur keliling dunia sekaligus menjual merchandise yang dibisa didapati di tempat turnya. Kaus tur album Thriller yang sempat dirilis tahun 1984, kembali dijual oleh seorang kolektor kaus melego barang antik itu hampir seharga US$1000 (sekitar Rp 14 juta).

9. Prince, Muscle T-Shirt (1984)

Sama seperti halnya Michael Jackson di sepanjang era 80-an, musisi multi instrumentalis Prince juga merupakan salah satu musisi paling berbakat. Lewat album studio bertajuk Purple Rain, Prince telah kokoh mengukuhkan dirinya sebagai penyanyi tersukses di generasinya. Dalam rangka promo tur album Purple Rain di tahun 1984 ia bersama timnya lantas menjual merchandise tentunya. Tak disangka-sangka, seorang fans masih menyimpan rapi kaus tur Purple Rain tersebut dan menjualnya lagi dengan harga US$1.554 (sekitar Rp 21 juta) di jagat maya.

10. Ramones, Tour T-Shirt (1978)

Kalau untuk urusan merchandise kaus, Ramones tentunya bersaing dengan pesohor-pesohor rock seperti Metallica dan Motörhead. Logo lambang burung Ramones dianggap ikonik di semesta rock. Namun, ada seorang fans yang melego kaus bertipe ringer Ramones seharga US$500 (hampir menyentuh Rp 7 juta) di dunia maya. Kaus ini sendiri merupakan merchandise asli dari tur Ramones di tahun 1978.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
2584 views
superbuzz
1863 views

5 Reuni Band Rock Terlaris

superbuzz
2717 views
superbuzz
3058 views

5 Album Rock Kontroversial