Portal Music

Best Debut Songs

10 Lagu Debut Terbaik Sepanjang Masa

  • By: YAS
  • Jumat, 5 June 2020
  • 6681 Views
  • 2 Likes
  • 4 Shares

Lagu debut terkadang jadi pertaruhan bagi para musisi dan band. Impresi penggemar sedikit banyak akan muncul dari sini hingga ke depannya. Tidak seperti album debut, ada area abu-abu pada lagu atau single debut, bahkan istilah one-hit wonder kerap muncul, yang artinya lagu yang meledak tidak mencerminkan albumnya itu sendiri diminati sebegitunya.

Kehebatan lagu debut juga seringkali mengantarkan para pelantunnya kepada kesuksesan yang lebih besar. Oleh karena itu, banyak kalangan yang menganggap lagu debut sebagai peluru utama para musisi dan band untuk menancapkan imej dan karya musikal yang mereka bawa, terlepas dari proses berkembangnya musisi dan band pada kemudian hari.

SUPERMUSIC mencoba merangkum kumpulan lagu debut terhebat sepanjang sejarah musik dunia yang melambungkan nama-nama besar di dalamnya. Simak di bawah ini! 

1. Chuck Berry - Maybellene

Bapak rock and roll sedunia, Chuck Berry menancapkan namanya melalui lagu "Maybellene" yang dirilis pada tahun 1955 silam. Di sini Chuck Berry memperkenalkan riff-riff yang mampu menggoyang pinggul sekaligus revolusioner kala itu.

2. The Clash - White Riot

Joe Strummer dan Paul Simonon menciptakan "White Riot" tak lama setelah berada di tengah kerusuhan antara kelompok remaja kulit hitam dan polisi di Notting Hill, Inggris. Sebuah anthem pemberontakan yang memotret zaman.

3. Elvis Presley - That’s All Right

Bocah miskin tapi tengil dari pinggiran kota Mississippi berhasil merubah nasibnya di kemudian hari menjadi seorang bintang dunia, setelah membawakan "That's All Right" dalam sebuah sesi rekaman di Sun Studio. Anak tersebut kini dikenal seantero jagat dengan nama panggung Elvis Presley.

4. The Jackson 5 - I Want You Back

Keluarga Jackson yang terdiri dari Tito, Marlon, Jackie, Jermaine dan Michael menggebrak dunia di usia yang sangat muda. Musik Motown memasuki dekade baru yang gemilang setelah kemunculan hits "I Want You Back" di penghujung 60-an.

5. Led Zeppelin - Good Times Bad Times

Tak perlu waktu lebih dari tiga menit bagi Robert Plant, Jimmy Page, John Paul Jones dan John Bonham menancapkan sebuah estetika musik rock yang baru kepada dunia melalui "Good Times Bad Times."

6. Ramones - Blitzkrieg Bop

Kuartet geeky rockers ini tidak peduli dengan solo gitar, mereka hanya perlu ketukan drum yang konstan dan jurus tiga kunci a la punk rock untuk mengukir sejarah. "Blitzkrieg Bop" adalah buktinya.

7. R.E.M - Radio Free Europe

Tanpa chord-chord yang bertenaga, tanpa harus berlagak maskulin dan tanpa menulis deretan lirik klise, R.E.M yang berangkat dari kota antah berantah di Amerika Serikat dan label kecil, mampu membuat penggemar musik rock dunia menoleh ke arah mereka di tahun 1981.

8. Run-DMC - Sucker M.C.’s

Tidak ada album yang diperuntukan sebagai pengiring para b-boy menari bebas di aspal sebelum Run-DMC melepas "Sucker M.C.'s" pada tahun 1984. Dengan energi yang liar, mereka membuat hip-hop kembali ke jalanan.

9. Sex Pistols - “Anarchy in the U.K.”

Deretan kalimat anti segalanya yang dimuntahkan Johnny Rotten dengan kasar, seketika melambungkan nama Sex Pistols sebagai ikon paling bengal dalam sejarah musik.

10. The Smiths - Hand in Glove

Siapa sangka sebuah pencarian jati diri dan arti kehidupan dari seorang Steven Patrick Morrissey, mampu membuat namanya dan The Smiths menjadi harum sejak 1984 hingga sekian dekade setelahnya.

*Sumber daftar sebagian disadur dari daftar Rolling Stone

0 COMMENTS