Lagu Hits 90-an

10 Lagu Hits 90-an yang Ternyata Cover

  • By:
  • Senin, 5 October 2020
  • 812 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Era 90-an merupakan masa yang gemilang untuk merasakan kebebasan berekspresi. Apalagi di dalam industri musik. Pada masa itu, hampir banyak lagu-lagu populer yang menghiasi jagat permusikan mancanegara. Sampai-sampai ada julukan hits 90-an yang tersemat ke dalam kelompok musik dan musisinya. Di Indonesia sendiri, kita mengenal nama-nama seperti Dewa 19, Sheila on 7, Padi, dan masih banyak lainnya yang kerap melahirkan karya-karya yang mendapatkan label hits 90-an pada masanya. Bagaimana dengan luar negeri? Untuk kancah musik luar negeri, nama-nama seperti Backstreet Boys, NSync, hingga Britney Spears bersama karyanya kerap meramaikan media dan mendapatkan julukan 90s hitmakers pada zamannya.

Meskipun banyak musisi baik di Tanah Air maupun di kancah mancanegara yang melahirkan karya-karya orisinil yang jadi hits 90-an, nyatanya ada juga yang kembali mempopulerkan lagu-lagu lawas sebagai cover dan masuk ke dalam jajaran hits 90-an. Mungkin akses pengetahuan yang masih berkembang di era 90-an membuat beberapa orang awam mengetahui tentang info lagu-lagu cover yang jadi hits 90-an. Untuk kembali menyegarkan pikiran sekaligus menambah wawasan terkait dunia musik, berikut adalah 10 daftar lagu yang jadi hits 90-an namun merupakan sebuah lagu daur ulang atau cover.

1. Cats In The Cradle - Ugly Kid Joe

Terbentuk di akhir tahun 80-an, Ugly Kid Joe hadir mewarnai kancah musik rock internasional. Band beraliran heavy rock ini langsung berhasil mendobrak pasar Amerika Serikat melalui album debutnya yang berjudul America's Least Wanted. Menjadikan mereka sebagai salah satu kandidat untuk mengisi pos di hits 90-an. Menghabiskan waktu selama 2 bulan di dalam studio, penggarapan album ini tidak bisa dibilang mudah bagi mereka. Perbedaan pendapat antara masing-masing personel hampir menghilangkan kesempatan mereka untuk dapat meraih kesuksesan di era 90-an tersebut. Beruntung di dalam album tersebut, mereka memutuskan untuk mendaur ulang lagu Cats In The Cradle milik Harry Chapin. Perubahan dinamika musik yang sebelumnya ballad menjadi cadas membuat lagu ini memiliki karakteristik yang unik sehingga diterima oleh banyak pihak dan membuat lagu ini menempati posisi di hits 90-an pada masanya.

2. Can’t Get Enough Of You Baby - Smash Mouth

Smash Mouth merupakan salah satu langganan dalam soal menerbitkan lagu-lagu hits 90-an. Biasa dengan lagu orisinalnya, band ini pun akhirnya memutuskan untuk melakukan cover lagu Can’t Get Enough Of You Baby yang dipopulerkan oleh ? and the Mysterians ini sebagai target hits 90-an baru untuk mereka dan hal itu tercapai. Smash Mouth kembali berhasil menelurkan lagu hits 90-an melalui rilisan terbarunya. Popularitas hits 90-an terbaru dari Smash Mouth yang merupakan lagu daur ulang ini juga mendapatkan kesempatan untuk memiliki video klip agar semakin banyak kalangan yang terpapar lagu satu ini.

3. Torn - Natalie Imbruglia

Siapa sangka bahwa lagu Torn yang dipopulerkan Natalie Imbruglia merupakan sebuah lagu daur ulang? Lagu yang sempat jadi parameter hits 90-an ini ternyata pertama kali dinyanyikan oleh penyanyi asal Denmark bernama Lis Sørensen dalam bahasa ibunya dengan judul Brændt. Natalie Imbruglia mendaur ulang hits 90-an ini dengan bahasa Inggris sehingga membuat lagu ini jadi lebih dikenal dan mudah dinyanyikan oleh masyarakat internasional secara keseluruhan.

4. Hallelujah - Jeff Buckley

Musisi multitalenta asal Amerika Serikat, Jeff Buckley pun tidak terlewat dari kemeriahan hits 90-an. Dengan kualitasnya, tentu akan mudah bagi dirinya dalam memproduksi hits 90-an di masa tersebut. Namun, Jeff memilih untuk menantang dirinya dalam melahirkan hits 90-an yang berbeda dari biasanya. Untuk hal tersebut, Jeff Buckley memilih untuk merekam lagu cover milik Leonard Cohen berjudul Hallelujah sebagai amunisi dirinya di industri musik 90-an.

5. Last Kiss - Pearl Jam

Salah satu band grunge/alternative rock yang populer ini juga mncoba untuk mengikuti arus hits 90-an di masa itu. Pearl Jam yang dipimpin oleh Eddie Vedder ini melakukan daur ulang untuk lagu Last Kiss milik Wayne Cochran yang pertama kali populer di tahun 1961. Lagu tersebut pun berhasil membawa Pearl Jam masuk ke dalam tangga lagu hits 90-an. Perbedaan mendasar yang cukup terdengar adalah karakteristik lagunya yang semula swing berubah jadi lagu rock yang manis. Karakteristik baru tersebut yang dapat membuat lagu ini cocok sebagai hits 90-an.

6. Ring Them Bells - Heart (feat. Layne Staley)

Salah satu hits 90-an yang merupakan lagu melankolis berjudul Ring Them Bells dan dipopulerkan oleh Heart cukup menyimpan memori bagi para penggemarnya di masa itu. Namun ternyata, masih banyak yang belum mengetahui bahwa hits 90-an ini merupakan sebuah cover dari lagu Bob Dylan. Mungkin karena genre musik yang berbeda membuat kedua lagu ini seakan berada di dalam dimensi yang berbeda. Keunikan tersebut juga bisa jadi salah satu faktor mengapa lagu ini masuk ke dalam tangga lagu hits 90-an pada masanya.

7. Big Yellow Taxi - Counting Crows (feat. Vanessa Carlton)

Mungkin beberapa orang yang senang dengan musik, mengetahui jika lagu yang sempat jadi hits 90-an ini merupakan sebuah lagu daur ulang dari karya Joni Mitchell. Sempat bertengger di posisi top 40 oleh penyanyi aslinya, tiba-tiba lagu ini seperti hilang seketika. Namun ketertarikan Counting Crows dengan lagu Big Yellow Taxi ternyata berhasil membangkitkan kembali kepopuleran lagu ini. Dinyanyikan bersama Vanessa Carlton, lagu ini berhasil mencapai kesuksesan sebagai salah satu hits 90-an. Selain pencapaian hits 90-an, lagu ini juga berhasil digunakan sebagai soundtrack untuk film Two Weeks Notice.

8. I Go Blind - Hootie & The Blowfish

Hootie & The Blowfish mencoba untuk meraih kesuksesan sebagai kelompok musik dengan mencoba mendaur ulang lagu I Go Blind karya Cracked Rear View. Berharap hasil instan, nyatanya hanya jadi harapan. Hingga akhirnya, lagu tersebut dipromosikan melalui serial hits 90-an hingga 2000-an, yaitu Friends. Terdongkraknya popularitas lagu tersebut, serentak membuat lagu I Go Blind jadi salah satu lagu hits 90-an.

9. Girl, You’ll Be A Woman Soon - Urge Overkill

Menyematkan lagu sebagai sebuah soundtrack untuk film juga jadi salah satu promosi yang dapat mendongkrak lagu tersebut jadi sebuah hits. Di tahun 90-an, Urge Overkill baru saja merilis lagu Girl, You’ll Be A Woman Soon, sebuah karya cover dari Neil Diamond dan langsung dilirik untuk dijadikan pengisi lagu dalam film Pulp Fiction. Awalnya band tersebut tidak memiliki ekspektasi apa-apa, ternyata filmnya yang sangat populer di era 90-an, membuat lagu tersebut juga terkena dampaknya. Urge Overkill sebagai band rock pun terbilang berhasil untuk merasakan kesuksesan hits 90-an.

10. Dead Souls - Nine Inch Nails

Nine Inch Nails (NIN) bisa dibilang sebagai kelompok musisi brilian yang selalu berhasil melahirkan hits baik untuk lagu orisinalnya atau cover. Secara kebetulan, NIN mendapatkan kesempatan berkolaborasi untuk mengisi soundtrack film The Crow. Menyesuaikan dengan tema film, NIN memutuskan untuk merekam ulang lagu Dead Souls milik Joy Division. Pencapaian film yang fenomenal di kalangan penggemarnya, membuat lagu ini juga diputar di mana-mana, sehingga membuat lagu ini masuk ke dalam daftar hits 90-an.

0 COMMENTS