Portal Music

Yoga Metal

10 Lagu Metal yang Cocok Buat Yoga

  • By: YAS
  • Selasa, 2 June 2020
  • 4587 Views
  • 2 Likes
  • 2 Shares

Di saat semua orang harus mengurung diri di rumah demi menekan angka penyebaran pandemi, olahraga menjadi salah satu pilihan kegiatan. Yoga, yang sebelumnya dikenal sebagai olahraga meditasi, kini mulai ramai diminati karena fungsi lainnya yang diyakini dapat membakar kalori hingga mencegah stres.

Berlatih yoga juga bisa dikatakan tidak terlalu rumit, oleh karena itu olahraga ini dipilih oleh banyak orang selama masa swakarantina seperti sekarang. Berbekal setelan baju yang nyaman, matras dan tutorial yang dapat ditemukan di berbagai platform digital, sesi yoga sudah dapat dilakukan di rumah.

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa yoga adalah olahraga dengan unsur meditasi, kini yoga mengalami banyak perubahan dan berkembang dengan beragam gaya baru, seperti menggunakan musik misalnya.

Beragam jenis musik kini dipakai untuk mengiri olahraga yoga. Dari yang ringan, hingga yang cadas. Alasan di balik pemilihan lagu-lagu ini juga tentu tidak sembarangan. Musik disko misalnya, dipilih karena dianggap dapat meningkatkan semangat dalam bergerak. Sedangkan musik reggae, bertujuan agar sesi yoga terasa lebih santai namun tetap sedikit bersemangat.

Yang cukup menarik tentunya pemilihan musik metal untuk yoga. Banyak orang yang heran ketika tren yoga metal mulai bermunculan. Dari musik doom metal, death metal hingga black metal kini disandingkan dengan olahraga yoga seperti yang sudah digelar di salah satu sesi pada gelaran Bali Spirit Festival 2019, komunitas DO.OMYOGA hingga Death Metal Yoga di New York yang dipimpin oleh Saskia Thode.

Melody Isis Henry, seorang instruktur yoga asal Amerika Serikat percaya bahwa musik black metal yang biasanya diasosikan dengan kebencian dan kegelapan, mampu menciptakan keseimbangan pada setiap orang. Dalam sesi yang digelarnya, Melody membawa semua peserta untuk fokus pada sisi gelap yang dimiliki, kemudian dialirkan keluar tubuh dengan iringan musik black metal melalui gerakan vinyasa yoga.

Sedangkan DO.OMYOGA memilih musik dengan spektrum yang paling berat dan penuh vibrasi, seperti doom metal atau dhrone metal. Kedua genre tersebut dianggap memiliki energi kosmik yang mendalam bagi para peserta yoga sehingga dapat menyentuh spiritualitas hingga ke titik maksimal.

Salah satu situs jual beli merchandise musik terbesar di dunia, EMP, bahkan menggelar sesi yoga secara rutin di kanal Youtube milik mereka dalam tajuk Metal Yoga Session, lengkap dengan deretan lagu-lagu terbaik milik Iron Maiden, Trivium, Slipknot sampai Biffy Clyro.

Sekarang, SUPERMUSIC coba memberikan rekomendasi 10 lagu yang metal yang cocok untuk dipasang demi sebuah pengalaman yoga yang baru! 

*kalau yoga-mu ingin tidak banyak gerakan, dengarkan nomor 1-5. jika pilihanmu jatuh kepada gerakan-gerakan yang lebih enerjik, coba nomor 6-10.

1. Sunn O))) - It Took The Night To Believe

Para pendengar akan diseret ke dalam gelombang drone tak berujung, lengkap dengan suara rintihan, yang membuat sesi yoga seketika berubah mencekam.

2. OM - Sinai

Nomor penuh repetisi yang menghanyutkan, bunyi tabla, bacaan talbiyah yang kemudian dikawal dengan vokal mengawang hingga ke akhir, membuat sesi yoga mu seperti perjalanan spiritual.

3. Type O Negative - Love You To Death

Melakukan yoga untuk memulihkan diri dari rasa putus cinta ? Dengarkan anthem cinta mati yang dipenuhi keraguan, yang dinyanyikan dengan mendalam. Lagu metal tidak pernah terdengar segetir ini.

4. Earth - Multiplicity of Doors

Musik latar untuk sesi kontemplasi yang penuh harap di satu sisi, dan keputusasaan di sisi yang lainnya. Waktu tidak berhenti bergerak saat mulai menyadari bahwa hidup ternyata memang penuh kebingungan.

5. Boris - Farewell

Perpisahan memang identik dengan kesedihan. Yoga sambil mendengarkan lagu ini, kemudian rasa tersebut akan semakin kasar.

6. Iron Maiden - Wasted Years

Tempo yang enerjik dan lirik-lirik anthemic, rawan membuat kelas yoga mu berubah menjadi sesi air guitar beramai-ramai.

7. Anthrax - Got The Time

Lagu ini hanya cocok dipasang untuk sesi yoga yang berfungsi membakar kalori dan menghilangkan stres, tidak untuk meringankan nyeri sendi.

8. Power Trip - Executioner's Tax (Swing of the Axe)

Pasang lagu ini di dalam sebuah sesi yoga yang berfungsi untuk melatih ketenangan diri. Niscaya akan gagal.

9. Death - Living Monstrosity

Bagi beberapa kalangan, yoga sambil mendengarkan lagu death metal dianggap mampu menyalurkan emosi dan hal-hal yang berkelumit di kepala secara total. Nomor ini adalah buktinya.

10. Pantera - Domination

Yoga memang membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Kalau sambil mendengarkan lagu ini, rasanya kelas yoga mu tidak akan terasa berbeda dengan sebuah sasana tinju.

0 COMMENTS