10 Lagu Viral TikTok

10 Lagu Viral TikTok: dari Weird Genius hingga Justin Bieber

  • By:
  • Rabu, 25 November 2020
  • 1242 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Kemunculan TikTok belakangan ini menjadi sebuah keuntungan bagi para musisi di berbagai negara. Tak sedikit lagu-lagu yang muncul di TikTok bisa mendongkrak popularitas lagu tersebut, bahkan dengan frekuensi yang signifikan.

Lagu-lagu viral di TikTok tak hanya muncul karena didengarkan, tetapi juga menjadi bahan atau materi yang digunakan untuk membuat konten oleh para pengguna TikTok.

Dari mulai membuat konten cover lagu dan lip-sync, lagu-lagu viral di TikTok juga sering digunakan oleh para penggunanya untuk membuat video dance. Tak jarang pula sebuah lagu menjadi viral karena sering digunakan oleh pengguna TikTok sebagai pengiring dari dance challenge.

Dua Lipa: Don't Start Now

Daftar lagu viral TikTok pertama adalah single berjudul Don't Start Now milik Dua Lipa. Lagu yang rilis pada 2019 ini masuk ke dalam nominasi MTV Video Music Awards sebagai Best Direction dan mendapat status 3 platinum di Amerika Serikat karena terjual lebih dari 3 juta kopi.

Single Don't Start Now merupakan formasi yang ada di dalam album studio kedua Dua Lipa bertajuk Futur Nostalgia. Terdapat beberapa versi remix yang muncul dari single tersebut dan menjadi viral di TikTok sebagai backsound dari para pengguna yang melakukan dance challenge.

Aren't you the guy who tried to

Hurt me with the word "goodbye"?

Though it took some time to survive you

I'm better on the other side

I'm all good already

So moved on, it's scary

I'm not where you left me at all, so.

Prestasi mentereng ditorehkan oleh penyanyi wanita ternama, Dua Lipa. Adalah konser virtualnya bertajuk 'Studio 2054' yang memecahkan rekor jumlah penonton.

Gigs virtual berbayar yang berlangsung pada 27 November 2020 lalu itu, menurut keterangan dari Dua Lipa sendiri, telah ditonton lebih dari 5 juta kali di seluruh dunia. Termasuk di dalamnya adalah jumlah penonton 1,9 juta dari China, 95 ribu penonton dari India, dan ada 263 ribu lebih tiket reguler yang terjual.

"Saya sangat bahagia saat mengetahui bahwa konser virtual Studio 2054 telah ditonton lebih dari lima juta orang dari seluruh dunia. Terima kasih semuanya telah bergabung dan menyaksikan," cuit Dua Lipa di Twitter resminya pada 30 November lalu.

Konser virtual Dua Lipa berlangsung hingga Minggu(6/12) dengan harga tiket 10 USD atau sekitar Rp 140 ribu. Dalam konser itu, Dua Lipa tak sendirian membawakan lagu-lagu dari dua albumnya. Ada pula beberapa bintang tamu spesial seperti Miley Cyrus, Elton John, Kylie Minogue, FKA Twings dan lainnya.

Lil Nas X: Old Town Road

Lil Nas X adalah salah satu contoh musisi dunia yang menjadikan TikTok sebagai wadah untuk mempopulerkan karyanya. Salah satu lagu milik Lil Nas X, Old Town Road, menjadi lagu viral di TikTok pada tahun 2019.

Single ini dirilis independen oleh Lil Nas X pada 2018, kemudian dirilis ulang oleh Columbia Records pada 2019 setelah menjadi populer. Diberi label genre country rap, Old Town Road milik Lil Nas yanf viral di TikTok membawa lagu tersebut sempat menempati posisi 19 di chart Billboard Hot Country Songs, sebelum didiskualifikasi karena dianggap tak cocok dengan genre itu.

Meski begitu, versi original dan remix bersama Billy Ray Cyrus dari lagu ini mampu bertahan selama 19 minggu di puncak Billboard Hot 100. Tak hanya hits di Amerika Serikat, lagu ini pun populer di Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Inggris.

Single ini menjadi tren hasil tema percampuran budaya yang menjadi garis besar.

Atlanta, kota asal Lil Nas X terletak di bagian selatan AS yang juga didominasi budaya kulit putih (Texas, Louisiana, Georgia, Tennessee, Florida, Carolina Selatan-Utara, dll), musik hip-hop di sana menjadi sebuah gelombang yang tidak surut kuatnya dibanding West dan East Coast. Hip-hop juga tidak juga mati terkubur budaya kulit putih yang kental.

Contohnya adalah Outkast, Childish Gambino, Migos, Killer Mike dan masih banyak lagi. Mengingat kuatnya budaya kulit putih yang juga menghasilkan genre country—wajar rasanya, jika “Old Town Road” hadir dengan kedua warna tersebut.

“Old Town Road” hits dan viral disebabkan oleh meme yang turut serta mempromosikannya. Lil Nas X mengunduh lagunya sendiri ke TikTok, aplikasi yang sering menjadi sumber meme dan ketenaran “Old Town Road” langsung melejit. Nama single ini melejit seiring kontroversi yang dipancing single ini.

Kala itu, single ciptaan remaja 20 tahun ini berhasil masuk ke charts musik country Billboard, tapi kenyamanan posisi di tangga lagu tidak berlangsung lama. Billboard memutuskan untuk mengeluarkan lagu tersebut dari tangga lagu country, karena merasa tidak memiliki elemen country yang kuat.

Keputusan ini menyebabkan pertentangan ras dan budaya di Amerika Serikat, yang imbasnya membuat lagu tersebut semakin mendunia. Menurut Lil Nas X, lagu itu ia tulis saat bingung dan galau dalam menentukan tujuan atau arah hidup. Metafora ini berubah menjadi “Old Town Road”.

“Lirik ‘Take my horse to the old town road and ride till I can’t no more’ yang berarti lari dari semuanya sampai hilang. ‘Kuda’ merupakan sebuah metafora—metafora atas ketidakpunyaan, atau hanya memiliki sedikit hal yang digemari, dan memegang teguh hal ini.

‘Old Town Road’ mengartikan hidupku sekarang. Ia merupakan sebuah perjalanan yang tidak kunjung tuntas; berjalan terus, sampai tidak bisa lagi,” ungkapnya pada Teen Vogue Juni lalu.

Sekarang, “Old Town Road” sudah semakin menjadi-jadi, banyak perpaduan meme yang muncul darinya seperti meme Area 51, hingga remix dengan penyanyi country asli macam Billy Ray Cyrus (ayah Miley Cyrus).

Remix ini dikemas lengkap dengan video klip yang turut menghadirkan sejumlah nama-nama besar, atau remix edisi Diplo yang didominasi sound EDM. Lagu ini juga berhasil menyabet sejumlah rekor seperti menjadi lagu hip-hop terlama yang duduk di tangga lagu Billboard 100 (berbeda dari tangga lagu country). Serta salah satu lagu yang terlama bertengger di puncak tangga lagu Billboard Hot 100, menyaingi “One Sweet Day” dari duet Boyz II Men dan Mariah Carey, juga "Despacito".

Zico: Any Song

Mengikuti langkah Lil Nas X, rapper asal Korea Selatan sekaligus personel grup K-Pop Blok B, Zico (Woo Ji-ho), menggunakan TikTok sebagai wadah untuk mempopulerkan lagunya berjudul Any Song. Single ini dirilis pada 13 Januari 2020.

Untuk memasarkan lagu barunya itu, Zico memulai dengan melakukan Any Song Challenge bersama penyanyi Korea Selatan lainnya, Hwasa, di TikTok. Langkah ini terbilang sukses karena video mereka ditonton oleh lebih dari 4 juta pengguna TikTok.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Weird Genius (@weird.genius)

Weird Genius: Lathi

Daftar lagu viral TikTok selanjutnya berasal dari grup musik Indonesia. Ya, mereka adalah Weird Genius yang membawakan single Lathi. Di single ini mereka berkolaborasi dengan penyanyi wanita Indonesia, Sara Fajira.

Lagu ini tak hanya populer di Indonesia, tapi juga di beberapa negara lain. Rilis pada Februari 2020, Lathi menjadi lagu viral di TikTok dan YouTube. Selain itu, lagu ini mendapat predikat nomor satu di Spotify Top 50 Indonesia, dan nomor dua di Spotify Viral Top 50 Global, peringkat pertama di TikTok Global 20.

Lathi menjadi lagu viral di TikTok karena banyak digunakan untuk membuat konten oleh para penggunanya. Mereka menggunakan makeup dan busana tradisional sebelum bertransisi menjadi sosok menyeramkan yang kental dengan nilai etnis. Hal ini sesuai dengan video musik dari Lathi di mana Sara Fajria menggunakan makeup dan busana tradisional yang bertransisi menjadi sosok menyeramkan dengan nilai etnis yang kental.

Kepopuleran lagu Lathi juga hadir berkat banyak content creator yang melakukan cover lagu tersebut. Bahkan ada juga fenomena “Lathi Challenge” yang sempat viral di Youtube dan Tiktok. “Lathi Challenge” merupakan sebuah konten, setiap kreator mencoba untuk mereka ulang sedikit bagian yang ada di dalam video klip single Weird Genius tersebut dengan cara dan persona masing-masing kreator. Ketenaran lagu Lathi dari Weird Genius tidak berhenti di situ.

Berhasil menduduki posisi pertama di berbagai tangga lagu platform digital, seperti Spotify Indonesia Top 50, Spotify Viral Top 50 indonesia, iTunes Indonesia Top 200, Deezer Indonesia Top 300, JOOX Indonesia Top 100, Reso Top 30 Global, Reso Indonesia Top 20, TikTok Global 20, dan Shazam Chart Indonesia, serta peringkat kedua untuk tangga lagu Spotify Viral Top 50 Global. Selain itu Weird Genius juga berhasil menduduki puncak tangga lagu di beberapa radio ternama di kota-kota besar di Indonesia berkat lagu Lathi. Pencapaiannya tersebut membawa nama Weird Genius untuk mendapatkan atensi yang lebih besar lagi, salah satunya adalah terpampangnya billboard Weird Genius di kawasan Times Square, New York, Amerika Serikat.

Atensi dari publik mancanegara yang lebih besar dari sebelumnya, akhirnya membawa keberuntungan lain bagi Weird Genius. Kali ini trio dari Reza, Eka, dan Gerald berhasil dilirik untuk bergabung menjadi bagian dari perusahan rekaman di Amerika Serikat, Astralwerks. Di bawah naungan Universal Group, Astralwerks sebelumnya telah menaungi musisi-musisi papan atas seperti Marshmello, Alison Wonderland, The Chemical Brothers, dan Surf Messa. Kehadiran Weird Genius juga jadi sebuah tanda bahwa mereka adalah satu-satunya musisi atau kelompok musik dari Asia yang berhasil bekerja sama dengan label rekaman papan atas asal Amerika Serikat tersebut.

Justin Bieber: Yummy

Daftar lagu viral TikTok selanjutnya jatuh pada lagu milik Justin Bieber berjudul Yummy. Dirilis pada januari 2020, single ini merupakan perayaan kembalinya Justin Bieber ke industri musik setelah tidak melahirkan single apapun selama hampir empat tahun.

Hal menarik saat tanggal dirilisnya single ini adalah bergabungnya Justin ke TikTok. Pengguna TikTok langsung ikut merayakan lagu ini dengan membuat dance challenge berkat chorus lagu ini yang sangat catchy.

Melly Goeslow: Bagaikan Langit (Remix Version)

Daftar lagu viral TikTok berikutnya adalah karya dari diva Indonesia, Melly Goeslaw. Lagu ini memang terbilang lawas, namun dengan sentuh remix membuat lagu tersebut menjadi viral di TikTok berkat #FaceZoomChallenge.

Tak hanya viral di Indonesia, lagu Bagaikan Langit dari Melly Goeslaw yang ramai di TiokTok ini dipakai oleh para public figure luar negeri, bahkan beberapa pemain basket dari NBA juga sempat melakukan #FaceZoomChallenge dengan lagu tersebut.

Public: Make You Mine

Lagu viral TikTok selanjutnya jatuh kepada band asal Amerika Serikat, Public. Band yang beranggotakan Ben Lapps, John Vaughn, dan Matthew Alvarado ini merilis single berjudul Make You Mine yang sebetulnya sudah lahir sejak 2015 dan versi barunya muncul pada 2019.

Lagu dengan lirik romantis ini menjadi viral di TikTok karena banyak dijadikan konten oleh para penggunanya. Banyak yang menjadikan lagu ini untuk membuat konten spesial dan romantis seperti melamar kekasih atau pernikahan. Lagu ini bahkan sempat mendapat predikat Top Hits Indonesia dari Spotify pada April 2020.

Sarah McLachlan: When She Loved Me

Tak hanya lagu-lagu baru yang menjadi viral di TikTok, ada pula lagu-lagu lama seperti milik Sarah McLachlan berjudul When She Loved Me yang merupakan soundtrack dari film Toy Story (2009).

Single When She Loved Me yang viral di TikTok merupakan versi cover dari Katelyn Lapid. Karena memiliki irama dan nada yang sedih, lagu ini sering digunakan untuk menggambarkan konten-konten sendu oleh pengguna TikTok.

When somebody loved me

Everything was beautiful

Every hour spent together

Lives within my heart

And when she was sad

I was there to dry her tears

And when was happy so was I

When she loved me.

Simple Plan: I'm Just a Kid

Bukan hanya lagu-lagu EDM atau versi remix yang menjadi viral di TikTok, ada pula lagu dari band rock asal Kanada, Simple Plan, yang berjudul I'm Just a Kid. Lagu yang dirilis pada 2002 ini menjadi populer lagu karena banyak digunakan oleh user TikTok.

Lagu ini dijadikan pengiring saat membuat konten yang bertemakan nostalgia para pengguna TikTok untuk mengenang masa kecil mereka dan masa sekarang.

Anne Marie: 2002

Satu lagi daftar lagu viral TikTok ada pada single milik Anne Marie berjudul 2002. Lagu ini disebut sangat viral di kalangan pengguna TikTok dari Asia. Rilis pada April 2018, lirik single 2002 dari Anne Marie merupakan ciptaan dari penyanyi kondang Ed Sheeran.

0 COMMENTS