10 Legenda Rock dan Asal-Usul Nama Band-nya

  • By: OGP
  • Selasa, 27 February 2018
  • 4315 Views
  • 2 Likes
  • 1 Shares

Ada sebuah pepatah berbunyi, “Sebuah nama adalah doa.” Perumpamaan itu seakan menjadi pesan tersembunyi di balik makna sebuah nama. Sama seperti halnya dengan dunia musik, nama band merupakan salah satu elemen terpenting. Penamaan band bukanlah hal yang mudah, tetapi bukan juga hal yang tak penting. Pemilihan nama band yang tepat diam-diam cukup membawa ‘hoki’ bagi sebagian band tenar ini menuju puncak kesuksesan.

Di antara jajaran band-band rock tersohor tersebut tentu memiliki cerita-cerita menarik di balik pemilihan nama mereka. Jika diamati, lazimnya deretan elit rock selalu menggunakan nama-nama asing, catchy, dan unik. Bahkan ada juga sebagian nama yang terkesan nyeleneh. Namun lebih dari itu, di balik nama band mereka ternyata memiliki nilai filosofis yang mendalam—atau malah tak punya arti penting sama sekali.

Simak cerita menarik di balik asal mula nama band-band rock di bawah ini.

1. The Velvet Underground

Awalnya band rock legendaris asal New York ini memakai nama The Warlocks, lalu tak lama berganti menjadi The Falling Spikes. Dirasa kurang pas, mereka pun akhirnya sepakat menggunakan nama The Velvet Underground yang diambil dari buku berjudul sama karangan Michael Leigh, yang menceritakan tentang cerita-cerita subkultur di dekade 60-an. Seorang kerabat dekat John Cale, kala itu membawa dan mengenalkan buku tersebut kepada para anggota band ketika tengah bercengkrama ria.

2. Lep Zeppelin

Band ini pada mulanya bernama The New Yardbirds, hingga pada akhirnya mereka terinspirasi dari penyataan drummer dan bassis The Who, Keith Moon dan John Entwistle, yang menyebut bahwa Jimmy Page dkk takkan memiliki karier cemerlang di industri musik, dan bernasib layaknya roket dan akan terjatuh selayaknya balon gas terbang (zeppelin) yang jatuh di tahun 1937. Sejak itu, Jimmy Page memutuskan untuk menggunakan nama Led Zeppelin.

3. AC/DC

Nama band rock populer asal Australia ini ditemukan ketika sang frontman, Angus Young secara tak sengaja melihat tulisan AC/DC di bagian belakang mesin cukur listrik miliknya, yang merupakan singkatan dari ‘alternating current/direct current’. Namun sumber lain mengganggap penamaan AC/DC didapat dari singkatan ‘After Christ Devil Comes’, dan ada juga yang mengatakan ‘Anti Christ Devil’s Children’. Tak ayal rumor (konyol) tersebut pun merebak jadi kontroversi kala itu.

4. KISS

Serupa halnya dengan AC/DC, nama KISS sempat digosipkan didapati dari singkatan kontroversial ‘Knights in Satan Service’ yang berarti kesatria-kesatria pelayan setan. Kendati demikian, para personel KISS selalu menganggap penamaan KISS diambil serta-merta dari kata “cium” yang merujuk kepada hal-hal berbau seksi dan nakal.

5. Motörhead

Pasca dipecat dari Hawkwind lantaran kebiasaannya mengonsumsi obat-obatan terlarang, Lemmy akhirnya memutuskan untuk membentuk proyek baru. Ia pun mengambil nama Motörhead , yang terinspirasi dari lagu terakhir yang ia tulis untuk Hawkwind (motorhead juga merupakan bahasa slang bagi pemadat amfetamin). Berbanding terbalik kariernya di Hawkwind, bersama Motörhead  Lemmy Kilmister menjelma menjadi salah satu band rock legendaris, dan tetap dikenang hingga kini.

6. Pearl Jam

Elit grunge yang terbentuk sejak tahun 1990 ini dirumorkan mendapat ilham penamaan band setelah terinspirasi dari nama sang nenek Eddie Vedder yang bernama Pearl, yang begitu piawai dalam membuat selai roti. Namun cerita bohong itu akhirnya disangkal oleh Vedder sendiri, kendati sang nenek memang benar bernama Pearl. Sebelumnya bernama Mookie Blaylock, mereka mengubah nama setelah menghadiri konser Neil Young, ketika Jeff Ament mencetuskan nama “Pearl” ditambah penutup konser Young yang diakhiri dengan sesi jamming (“Jam”) panjang.

7. Blink-182

Di awal kemunculannya, Blink-182 cukup menyita perhatian para kalangan penikmat musik punk. Jauh sebelum setenar sekarang, Mark Hoppus dkk sempat hanya menggunakan nama Blink. Namun sayangnya, nama Blink telah lebih dulu dipakai oleh band asal Irlandia, yang mau tak mau membuatnya harus berganti nama. Ide menaruh angka ‘182’ pun muncul setelah mereka menonton film favorit, Turk 182! (1985) hingga jumlah serapahan Al Pacino di sepanjang adegan film Scarface.

8. Rage Against the Machine

Sepadan dengan namanya, unit rock kontroversial, Rage Against The Machine (RATM) memang memiliki nama yang terdengar badass. Bagaimana tidak? pemilihan nama mereka diambil dari nama album berjudul sama dari grup hardcore punk, Inside Out, yang juga merupakan band pertama Zack de la Rocha. Meski demikian, album tersebut tak kunjung rampung, hingga akhirnya de la Rocha berlabuh dan menorehkan sukses di grup barunya, RATM

9. Radiohead

Di pertengahan era 90-an, Radiohead menjelma jadi band rock paling digemari kala itu. Berkat album perdana bertajuk Pablo Honey (1993), nama mereka perlahan meroket di belantika. Namun banyak yang tak mengetahui, jika nama Radiohead sendiri terinspirasi dari lagu berjudul “Radio Head” milik dedengkot new wave, Talking Heads, setelah sebelumnya mengusung nama On a Friday. Nama baru ini pun membawa berkah bagi Thom Yorke dkk sampai sekarang.

10 Linkin Park

Sebelum Linkin Park sepopuler sekarang, tak banyak publik yang mengetahui jika nama Linkin Park didapat dari sebuah taman bernama Lincoln Park yang berlokasi di Santa Monica, California. Inspirasi muncul ketika mendiang Chester Bennington yang saat itu selalu melewati taman tersebut ketika akan berangkat menuju latihan. Dan memplesetkannya menjadi ‘Linkin’ untuk mendapatkan domain website ‘linkinpark.com’.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
277 views
superbuzz
408 views
superbuzz
457 views
superbuzz
368 views
superbuzz
387 views