SOLID ROCK: 10 Monumen Musisi Kenamaan Dunia

  • By: AB
  • Selasa, 22 November 2016
  • 5727 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Musisi tak hanya soal sosok yang mampu melahirkan karya musik saja. Lebih dari itu, beberapa musisi memang terlahir untuk menjadi legenda, mereka bukan saja memukau di atas panggung, tetapi juga menjadi bagian dari sejarah umat manusia. Tidak banyak musisi yang beruntung untuk terus dikenang dari generasi ke generasi, mereka yang berhasil memberi pengaruh besar - entah dalam dunia musik itu sendiri atau kultur yang luas - dikenang dalam berbagai cara. Mulai dalam bentuk patung, museum, atau nama jalan.

Tidak bisa dipungkiri, penghormatan terhadap warisan pikir dan karya seni para musisi lebih banyak terjadi di luar negeri, khususnya Amerika Serikat. Meski demikian, bukan berarti jejak penghormatan terhadap musisi tidak terjadi di Indonesia. Berikut 10 musisi yang dikenang dalam bentung patung penghormatan, sedikit di antaranya adalah musisi Indonesia.

 

John Lennon

Vokalis The Beatles ini punya sejarah unik dengan negara Kuba. Seperti Indonesia di era Orde Lama, Kuba di bawah pemerintahan Fidel Castro menolak keras segala yang dianggap membawa ideologi Barat, dan kapitalisme. Dampaknya, pada tahun 1964 Castro melarang rakyatnya untuk mengonsumsi musik The Beatles.

Waktu mengubah segalanya. Empat dekade kemudian, Castro justru menghormati Lennon. Pada tahun 2000, Castro meresmikan patung perunggu John Lennon di taman yang terletak di kota Havana. Patung itu dibuat oleh seniman bernama Jose Villa.

"Apa yang membuat dia hebat di mata saya adalah pemikirannya, ide-idenya. Saya juga seorang pemimpi yang melihat bagaimana mimpi-mimpinya (Lennon) menajdi kenyataan," kata Castro.

 

Elvis Presley

Lancang rasanya bila kota Memphis, Tennessee, tidak mengabadikan sosok putra daerah mereka, Elvis Presley, dalam wujud patung. Elvis - si Raja Rock & Roll - telah memberi kontribusi besar terhadap perkembangan musik dunia, bahkan juga fashion. Patung perunggu Elvis, dengan pose memegang gitar, didirikan Beale Street dan jadi tujuan ziarah musik.

 

 

 

Bon Scott

Pria yang bertanggung jawab atas kebesaran band AC/DC ini meninggal pada tahun 1980. Scott bukan saja vokalis berkarisma, tetapi juga penulis lagu yang jitu. Patung perunggu Scott didirikan pada tahun 2006, di kawasan Fremantle, Australia, tidak jauh dari makam Scott

Terdapat pula patung Scott lain yang didirikan di Kirriemuir, Angus, Skotlandia. Patung seberat 450Kg itu didirikan pada tahun ini, sebagai tanda penghormatan terhadap musisi yang lahir di Kirriemuir. Mark Evans, sahabat Scott sekaligus mantan bassist AC/DC, turut serta dalam pesta peresmian patung Scott. Biaya pendirian patung didapat dari patungan dana para penggemar AC/DC dari 32 negara. Mereka berhasil mengumpulkan USD65 ribu, kemudian eksekusi pembuatan patung dilakukan oleh John McKenna.

 

Freddie Mercury

Salah satu vokalis terbaik sepanjang masa, Freddie Mercury, dikenang dalam wujud patung yang dibangun menghadap Danau Jenewa, Montreux, Swiss. Patung Mercury bukan sekedar penghormatan semata. Tetapi menjadi tujuan ziarah penggemar Queen.

Queen punya sejarah tersendiri dengan Montreux, Di kota itu, Queen mendirikan studio rekaman bernama Mountain Studio. Studio yang didirikan pada tahun 1978 itu dimiliki Queen hingga tahun 1995, dan akhirnya berpindah tangan ke David Richards, produser Queen, hingga Richards tutup usia di tahun 2013.

 

 

Stevie Ray Vaughan

Dipahat oleh Ralph Helmick, patung perunggu Stevie Ray Vaughan berdiri gagah di Auditorium Shores, di persimpangan Town Lake HIke dan Bike Trail, Austin, Texas. Amerika Serikat. Patung berbahan dasar perunggu itu didirikan pada 1994 dan dikelola oleh Austin Parks & Recreation. Lokasi itu dipilih karena semasa hidup, Stevie kerap tampil di situ.

 

 

 

Jimi Hendrix

Terletak di 1604 Broadway, Seattle, Washington, patung perunggu Jimi Hendrix bukti bahwa warisan musiknya  akan selalu dikenang. Hendrix merupakan musisi yang lahir di Seattle, alasan itu pula yang membuat patung Hendrix didirikan di sana. 

Patung Hendrix dibuat pada tahun 1997, dipahat oleh seniman lokal bernama Daryl Smith. Hingga saat ini, para penggemar masih mendatangi patung itu dan meletakkan bunga atau lilin di hadapan patung sebagai tanda penghromatan.

 

Johnny Ramone

Gitaris band punk Ramones ini tutup usia  pada tahun 2004. Dia masuk dalam jajaran 100 Greatest Guitarist off All Time versi majalah Rolling Stone. Satu tahun setelah kematiannya, Linda Ramone - janda dari Johnny - mendirikan patung Johnny di Hollywood Forever Cemetery, Los Angeles. Patung itu dirancang oleh seniman Wayne Toth. 

Saat patung seharaga USD100 ribu itu diresmikan, rekan-rekan Johnny berkumpul, antara lain Eddie Vedder, Rob Zombie, Pete Yorn, John Frusciante, Anthony Kiedis, dan Nicolas Cage.

 

Ismail Marzuki

Patung Ismail Marzuki berada di kawasan Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Didirikan pada tahun 1984, patung Ismail Marzuki dikerjakan oleh sanggar seni ARSTUPA di bawah pimpinan seniman Arsono.

Patung ini merupakan satu dari sedikit - bahkan kurang dari lima - patung musisi yang ada di Indonesia. Jasa Ismail Marzuki cukup besar dalam katalog lagu Nasional. Salah satu karya besarnya adalah lagu Rayuan Pulau Kelapa.

 

Gesang

Pahlawan musik keroncong ini diabadikan dalam wujud patung yang terletak di Taman Gesang, Lokasi Taman Gesang berada di kawasan Taman Satwa Taru Jurug, Solo, Jawa Tengah. Miris, Taman Gesang dibangun oleh penggemar keroncong dari Jepang. Seperti yang diketahui, Gesang populer di Jepang. Bahkan, mudah menemui versi cover Bengawan Solo yang dibuat oleh orang Jepang di YouTube.

Patung Gesang didirikan pada tahun 1983 oleh Perhimpunan Dana Gesang Jepang, lantas diresmikan secara resmi oleh Wali Kota Surakarta, Hartomo, sepuluh tahun kemudian. Gesang sendiri telah berpulang pada 20 Mei 2010.

 

Wage Rudolf Supratman

Dia adalah penulis lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya. Dalam berbagai buku sejarah, W.R Supratman dikenang sebagai musisi yang dekat dengan instrumen biola. Instrumen yang digunakannya juga dalam memperkenalkan Indoenesia Raya saat Sumpah Pemuda, tahun 1928.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa W.R Supratman adalah musisi jazz. Dia merupakan personel dari band jazz asal Makassar, Black and White. 

Patung W.R Supratman terletak di Jalan Kenjeran, Surabaya. Tidak jauh dari makamnya. Dengan pose memainkan biola, pada latar patung terdapat dinding bertuliskan lirik Indonesia Raya.

Selain di Surabaya, terdapat pula patung W.R Supratman di kota Purworejo. Kota kelahirannya. Sayangnya, patung yang terletak di persimpangan Jalan Ahmad Yani, Jalan Pahlawan, dan Jalan W.R Supratman, itu sudah tidak terawat. Dua jari patung itu dikabarkan patah.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
4078 views
superbuzz
4499 views
superbuzz
3674 views
superbuzz
3851 views
superbuzz
5332 views