2 Tahun Tertidur, Crumb Kembali dengan Album Baru

2 Tahun Tertidur, Crumb Kembali dengan Album Baru

  • By:
  • Kamis, 13 May 2021
  • 57 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Ketika aktivitas panggung harus terhenti sementara, tampaknya Crumb dapat memaksimalkan banyaknya waktu luang yang mereka miliki. Band psychedelic rock asal Los Angeles ini baru saja mengumumkan bahwa mereka telah merilis album kedua mereka. Album kedua Crumb ini dirilis dengan judul Ice Melt. Crumb menganggap album ini merupakan karya lanjutan dari album perdana mereka Jinx yang rilis di tahun 2019. Selain itu, Crumb juga merilis album Ice Melt di bawah label rekaman mereka sendiri, yaitu Crumb Records pada akhir April lalu.

Sebelum resmi merilis album Ice Melt, Crumb sebelumnya juga sempat merilis 3 buah single penyambutan, yaitu Trophy, Balloon, dan BNR. Seluruh materi yang direkam untuk keperluan album Ice Melt dari Crumb ini didukung oleh kehadiran Jonathan Rado sebagai seorang produser. Tidak hanya itu, bahkan Jonathan Rado pun mempersilakan Crumb untuk menggunakan studionya sebagai proses workshop dan rekaman untuk album keduanya. Total Crumb merekam 10 track untuk album Ice Melt ini dan sampulnya didesain oleh Abraham El Makawy.

Berbicara mengenai single Trophy dari Crumb, single tersebut merupakan karya pertama yang dirilis oleh Crumb secara resmi sejak tahun 2019. Crumb juga langsung menghadirkan treatment khusus untuk single tersebut. Crumb merilis single Trophy dalam format audio dan juga video klip. Khusus untuk video klipnya, band yang dimotori oleh Lila Ramani, Bri Aronow, Jesse Brotter, dan Jonathan Gilad ini disutradarai oleh Haoyan of America. Selain itu, konsep audio visualnya juga dibuat lebih menarik dengan kehadiran animasi karya Truba Animation. 

Perlu dipahami bahwa Crumb membutuhkan waktu 2 tahun untuk mempersiapkan dengan matang seluruh materi yang tersaji di Ice Melt. Crumb seusai merilis album pertama diketahui langsung mulai menyiapkan rencana dalam membuat album lanjutannya, yaitu Ice Melt. Lila Ramani selaku pentolan di dalam tubuh Crumb menjelaskan bahwa dirinya dan rekan satu bandnya mulai merekam demo materi album Ice Melt sejak tahun 2019. Rekaman demo Ice Melt yang dilakukan oleh Crumb ini dikerjakan saat mereka sedang menjalani tur di Los Angeles, Amerika Serikat. Berada di dalam perjalanan cukup memengaruhi pendekatan kreatif yang dilakukan oleh Crumb pada materi di dalam album Ice Melt. Crumb mencoba untuk menghadirkan nuansa yang lebih kalem atau down to earth untuk materi-materi terbarunya dalam album Ice Melt. Nuansa tersebut dianggap sebagai antitesis dari materi album perdana Crumb yang lekat dengan konsep psychedelic

Konsep psychedelic tersebut memang cukup lekat dengan identitas Crumb sedari awal. Inspirasi utama dari Crumb adalah musik-musik yang berasal dari psychedelic rock era 1960-an, loose jazz, serta sedikit sentuhan indie rock yang membuat musik Crumb mudah diterima oleh kelompok usia muda saat ini. Crumb dibentuk ketika keempat anggotanya mengenyam pendidikan di lingkungan yang sama, yaitu Tufts University. Lila Ramani merupakan sosok yang dianggap jadi otak di balik kreativitas bermusik Crumb. Materi-materi awal yang Crumb sebagian besar berasal dari lagu yang pernah ditulis oleh Lila Ramani. Namun, materi tersebut awalnya masih belum 100 persen matang. Materi yang ada akhirnya diolah dan disempurnakan bersama ketiga anggota Crumb lainnya, Bri Aronow, Jesse Brotter, dan Jonathan Gilad yang selanjutnya dikemas dalam dua buah mini album untuk Crumb, yaitu mini album dengan judul yang sama dengan nama bandnya di tahun 2016, dan EP berjudul Locket di tahun 2017.

 

Image courtesy of Third Pupil

0 COMMENTS