American Football Year One Demos

20 Tahun Album Debut, American Football Umumkan Kompilasi ‘Year One Demos’

  • By: NND
  • Senin, 16 September 2019
  • 221 Views
  • 9 Likes
  • 114 Shares

Outfit midwest emo/math rock kawakan, American Football kembali hadir ke atas radar dengan sebuah rilisan yang cukup monumental. Perilisan baru ini hanya berselang beberapa bulan dari aksinya di Jakarta, Indonesia kemarin.

Setelah rampung merilis album ketiga mereka, American Football (LP3) di awal tahun—tepatnya pada 22 Maret 2019; di bulan September ini, album debut mereka yang cocok dengan predikat “klasik” itu genap berkepala dua.

Untuk itu, grup yang sekarang digawangi oleh Mike (gitar, vokal) dan Nate Kinsela (bass, bac. vokal), Steve Lamos (drums, percussuin, trumpet), dan Steve Holmes (gitar) ini merayakan ulang tahunnya dengan merilis Year One Demos—sebuah rilisan “demo pertama yang pernah dibuat band ini”, yang mengantongi kompilasi trek-trek instrumental yang belum pernah rilis sebelumnya.

Adapula trek macam “Five Silent Miles”, lagu yang masuk ke dalam EP pertama mereka (yang judulnya pun begitu, self-titled) sebelum meluncurkan album debutnya di tahun 1999 itu. Juga masuk ke dalam rilisan baru ini, versi awal dari trek kenamaan “Summer Ends” dan “For Sure” dari LP1.

Sejenak menapak tilas, American Football (LP1), album debut mereka yang sekarang sudah 20 tahun ini, awalnya mengudara pada tanggal 14 September 1999. Album tersebut dirilis via labelnya Polyvinyl Records—sebuah label yang hingga sekarang masih mengantongi nama American Football dalam jajaran rosternya, bahkan setelah 20 tahun lebih bersama.

Meski statusnya cukup kuat sekarang, beda ceritanya kala album itu baru dirilis. Debut mereka hanya berhasil meraup untung yang minim, begitu juga dengan penyebarannya. Bahkan, tak lama setelah albumnya rilis, American Football pun membubarkan diri.

Album fenomenal ini baru mendapati pasarnya ketika internet sudah mendewasa. American Football (LP1) mulai mengamankan cult-follower melalui internet—sebuah fanbase yang berkembang dan tersebar secara organik. Entah apa sebabnya; mungkin musiknya yang cukup unik, liriknya yang relevan, ataupun budaya keteransingan yang muncul dari internet—tak aneh bahkan, jika karena percampuran semuanya. Alhasil, semua itu bermuara menjadi sebuah demand yang mampu menghidupkan kembali American Football.

American Football resmi reuni di tahun 2014. Menyusul reuni tersebut, album sophomore-pun mengudara. Semenjak itu, mereka terhitung cukup aktif bermain, baik di dalam atau di luar studio.

Rilisan perayaan Year One Demos akan resmi dilepas dalam format vinyl dan digital pada tanggal 13 Desember 2019 mendatang. Segera persiapkan uang agar tidak kehabisan. Yakinlah, rilisan tersebut akan menjadi kado akhir tahun yang baik, ataupun teman yang cocok untuk menemani musim hujan yang sendu.

1 COMMENTS
  • Christianseanl

    Like

Info Terkait

supershow
429 views

Konser 20 Tahun AK//47 yang 'Rusuh'

superbuzz
1365 views
supershow
2206 views
superbuzz
538 views
supershow
431 views