24kGoldn Rilis Album Pertama Sebagai Bukti Keseriusan

24kGoldn Rilis Album Pertama Sebagai Bukti Keseriusan

  • By:
  • Rabu, 21 April 2021
  • 33 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Sebagai musisi pendatang baru di ranah rap, tampaknya saat ini sudah mulai banyak banyak perhatian yang mengawasi pergerakan dari 24kGoldn. Perhatian tersebut hadir berkat rilisnya album debutnya yang baru resmi dipublikasikan pada akhir Maret lalu berjudul El Dorado. Beberapa kritikus, pengamat, serta pemerhati skena hiphop mulai perlahan mengakui talenta dan kualitas bermusik yang dimiliki oleh 24kGoldn di umurnya yang baru menginjak 20 tahun.

Beberapa media dan kritikus musik lahirnya album debut 24kGoldn dianggap menjadi langkah awal bagi sang rapper untuk melangkah lebih jauh dengan ekspektasi dukungan penikmat musik mainstream yang besar. Album debut berjudul El Dorado merupakan sebuah pembuktian yang dilakukan oleh 24kGoldn kepada para penikmat musik yang menganggap bahwa dirinya hanyalah seorang musisi yang akan datang dan pergi. Anggapan tersebut mungkin mengarah kepada perjalanan karier 24kGoldn yang dianggap membara secara perlahan. Mulai berkarier secara profesional sejak tahun 2016, nama 24kGoldn baru mulai terdengar sejak dirinya pertama kali merilis EP di tahun 2019 berjudul Dropped Outta College. 

Sejak rilisnya EP tersebut, 24kGoldn cukup aktif sepanjang tahun merilis single, baik untuk mempromosikan mini album perdananya maupun stand alone single. Tren tersebut dilanjutkan oleh 24kGoldn sepanjang tahun 2020. Selain membantu 24kGoldn untuk memasarkan karyanya secara masif, proses kreatif tersebut juga membantu 24kGoldn menemukan formula yang baik dan bekerja untuk karya-karyanya. Di tahun 2020, salah satu single 24kGoldn, City Of Angels yang berasal dari EP Dropped Outta College mendapatkan perhatian dari Yungblud. Sang musisi asal Inggris tersebut langsung merilis versi remix-nya yang dikemas dengan elemen musik pop rock. Mendapatkan perhatian dari nama yang cukup besar tentu saja membantu menaikkan nama 24kGoldn di industri musik mancanegara. 24kGoldn mengakui bahwa Yungblud merupakan salah satu idola dan inspirasinya dalam bermusik. Mendapatkan treatment spesial dari sang idola, membuat 24kGoldn semakin bersemangat untuk berkarya secara konsisten.

Semangat dan konsistensi yang dimiliki oleh 24kGoldn juga yang menjadi motivasi bagi sang rapper muda untuk menggarap materi album perdananya. 24kGoldn juga tidak terlalu fokus untuk membuktikan bahwa dirinya merupakan mampu menjadi musisi berkualitas secara mandiri. 24kGoldn memilih jalur kolaborasi tidak hanya untuk membantunya mendapatkan frekuensi audiens yang lebih luas, tapi juga membantunya untuk mendapatkan pengalaman yang berguna untuk karier bermusiknya. Dalam menggarap album perdananya, 24kGoldn mengundang DaBaby, Future, Swae Lee, dan Iann Dior. Karya kolaboratif yang dilakukan oleh 24kGoldn ternyata mendapat sambutan baik dari penikmat musik di Inggris dan Amerika Serikat. Terbukti single utamanya Mood, hasil kolaborasi 24kGoldn bersama Iann Dior berhasil menduduki posisi puncak untuk chart Billboard 100 pada minggu pertama perilisannya.

Karakteristik suara yang dipilih oleh 24kGoldn dalam menghadirkan identitas pada karya-karyanya cukup terbilang unik. Di saat musisi lain mencoba untuk menggabungkan elemen musik konvensional dengan sentuhan-sentuhan modern, 24kGoldn lebih memilih untuk menghadirkan nuansa nostalgia. Nuansa tersebut identik dengan karakteristik musik hiphop dan R&B yang berkembang di era tahun 2000-an. Pemilihan karakteristik suara tersebut didasari sebagai bentuk penghormatan atas masa-masa kecil 24kGoldn yang tumbuh dengan banyak lagu hiphop dan R&B yang datang dari era tersebut. Pada bulan Februari lalu, 24kGoldn juga baru saja merilis single ketiganya yang diambil dari album El Dorado, berjudul 3, 2, 1. Dengan aktif merilis lagu dan mempromosikan album perdananya, 24kGoldn tampak cukup siap untuk menjadi rapper panutan di masa depan.

Image courtesy of 24kGoldn

0 COMMENTS