4 Band Rock Legendaris Jepang yang Punya Karier Cemerlang

4 Band Rock Legendaris Jepang yang Punya Karier Cemerlang

  • By:
  • Sabtu, 10 April 2021
  • 383 Views
  • 1 Likes
  • 2 Shares

Band rock legendaris asal Jepang memiliki definisi sebagai unit musik yang telah lama berkiprah di industri musik Negeri Sakura dan punya pengaruh besar dalam industri musik Negeri Sakura atau internasional. Band rock Jepang atau dikenal juga dengan istilah J-Rock sendiri memang telah lama mewarnai industri musik global secara umum.

Tidak sedikit dari band rock legendaris asal Jepang yang berhasil menembus pasar global dan meraih sukses internasional. Karakteristik musik rock yang dibawakan oleh band rock Jepang menjadi daya tarik sendiri bagi banyak penggemarnya dari seluruh penjuru dunia.

Band rock legendaris asal Jepang dikenal di dunia berkat beberapa inovasinya seperti dari fashion hingga atraksi panggung yang unik. Hal-hal ini yang tidak jarang membuat band rock Jepang banyak dinantikan dan didengarkan oleh para penikmat musik rock.

Kondisi ini membuktikan bahwa industri musik Jepang telah mampu bersaing secara internasional. Kini Supermusic sudah merangkum daftar band rock legendaris Jepang yang bisa masuk ke playlist Superfriends. Cek daftanya di bawah ini, apa ada band rock Jepang favorit kalian?

1. Band Rock Legendaris Jepang: X-Japan

Berbicara tentang band rock legendaris Jepang, maka tidak bisa untuk tidak menyebutkan X-Japan. Grup band rock legendaris Jepang ini dibentuk pada 1982 di sebuah kota dekat Tokyo oleh sang drummer, Yoshiki, dan sang vokalis, Toshi.

Pada awal berdiri, grup band rock legendaris Jepang ini hanya bernama X. Band ini baru memiliki personel lengkap pada 1987 ketika Hide masuk sebagai gitaris utama, Pata sebagai gitar ritem, dan Taiji sebagai pembetot bass. Pada 1988 mereka merilis album pertama Vanishing Vision with Extasy Records, label yang diciptakan Yoshiki berkat uang yang diberikan ibunya setelah menjual bisnis keluarga.

Namun kesuksesan itu datang pada tahun 1989 dengan album keduanya Blue Blood. Pada tahun 1992 Taiji keluar dari band dan Heath masuk, dan saat itulah grup tersebut berganti nama menjadi X Japan sejak Heath memberitahu mereka bahwa di Amerika sudah ada grup rock lain bernama X.

Band rock legendaris Jepang ini terus mendapat sukses besar dan semakin terkenal hingga Toshi hengkang. Karena posisi Toshi yang mustahil digantikan, X-Japan memutuskan bubar pada 1997. Semakin terpuruk X-Japan ketika Hide meninggal dunia pada 1998.

Selama bertahun-tahun, X-Japan melakukan konser peringatan kematian Hide hingga akhirnya pada 2007 band rock legendaris Jepang ini kembali. Awalnya tidak ada pengganti untuk posisi Hide hingga pada 2009 Sugizo resmi bergabung dengan X-Japan.

Selama puluhan tahun berkarier, ada banyak lagu dari band rock legendaris Jepang ini yang populer seperti Endless Rain, Born To Be Free, Silent Jealousy, Kurenai, Jade, Art Of Life, hingga Kiss The Sky.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by X Japan (@xjapanofficial)

2. Band Rock Legendaris Jepang: L'Arc-en-Ciel

Daftar band rock legendaris dari Jepang selanjutnya adalah L'Arc-en-Ciel. Band yang menggunakan nama dari Bahasa Prancis dengan arti The Rainbow (pelangi) itu berdiri pada 1991 di Osaka oleh sang bassist, Tetsuya, dan Hiro sebagai gitaris.

Tetsuya membentuk band rock legendaris Jepang ini dengan merekrut Hyde. Namun, awalnya Hyde menolak tawaran Tetsu, karena dia menganggap posisi paling membosankan sebagai vokalis di sebuah band dan dia adalah seorang gitaris. Tapi Tetsu ngotot sampai akhirnya Hyde menerima dan bergabung dengan grup tersebut, membawa serta Pero, drummer band sebelumnya.

Bongkar pasang personel sudah terjadi di awal terbentuknya band rock legendaris Jepang ini. Hiro memutuskan hengkang yang disusul Pero, keduanya digantikan oleh Ken dan Sakura. Pada tahun 1993 mereka mendapatkan kontrak rekaman dari Sony Music dan merilis album kedua di tahun yang sama. Album ini berisi lagu yang bikin nama band rock legendaris Jepang ini melambung, Blurry Eye. Lagu ini terpilih untuk anime DNA yang pada saat itu cukup terkenal dan membuat grup tersebut dikenal.

Selama empat tahun setelah album itu dirilis, band rock legendaris Jepang tersebut meraih sukses besar hingga hantaman datang pada 1997 ketika Sakura terlibat maslaha narkoba. Sakura langsung memutuskan keluar, tapi L'Arc-en-Ciel sempat menghilang dari peredaran. Setelah sekitar enam bulan tanpa kabar, mereka akhirnya muncul kembali di bulan Oktober tahun yang sama dengan drummer baru, Yukihiro.

Dengan cepat band rock legendaris Jepang itu mendapatkan popularitas lagi bersama dengan anggota barunya dan pada tahun 2008 mereka mengadakan konser pertama mereka di Eropa. Selain Blurry Eye, lagu-lagu populer L'Arc-en-Ciel lainnya yaitu Ready Steady Go, The Fourth Avenue Cafe, Killing Me, New World, hingga Jojoushi.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ONE OK ROCK (@oneokrockofficial)

3. Band Rock Legendaris Jepang: One Ok Rock

Tidak afdol rasanya jika tak memasukkan One Ok Rock, ke dalam daftar band rock legendaris Jepang. Terlebih salah satu tembang mereka berjudul, The Beginning, yang mengantarkan One Ok Rock ke panggung lebih besar dan mendunia.

The Beginning merupakan single tunggal yang dirilis One Ok Rock pada Agustus 2012. Lagu ini dipilih sebagai theme song dari film aksi Jepang, Rurouni Kenshin. Di Jepang lagu ini mendapat sertifikat Gold dari Recording Industry Association of Japan. Menduduki posisi kedua di Billboard Japan Hot 100 dan berada di sana selama 45 pekan.

Lagu ini juga mengantarkan band rock Jepang tersebut meriah penghargaan Best Rock Video di MTV Video Music Awards Japan pada 2013. Perlu diketahui, lagu The Beginning menjadi lagu One Ok Rock paling banyak disaksikan di YouTube dengan lebih dari 100 juta pemirsa.

Band rock legendaris Jepang ini dibentuk pada 2005, atau beberapa tahun setelah L'Arc-en-Ciel dan X-Japan hadir. Tetapi, One Ok Rock dengan cepat menjadi terkenal di Eropa dan Amerika. Awalnya ada lima anggota: Taka sebagai vokalis, Toru dan Alexander sebagai gitaris, Ryota sebagai bass dan Tomoya sebagai drummer. Namun pada 2009 Alexander meninggalkan grup.

Setelah lagu The Beginning hadir, band rock legendaris Jepang ini menjadi semakin terkenal, memenuhi ruang konser di seluruh dunia dan bermain di festival dan dengan beberapa grup paling terkenal di dunia internasional.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by RADWIMPS (@radwimps_jp)

4. Band Rock Legendaris Jepang: Radwimps

Daftar band rock legendaris asal Jepang selanjutnya adalah Radwimps. Memulai debut secara independen pada 2003, Radwimps mulai meraih sukses setelah bergabung dengan major label pada 2005. Satu tahun setelah itu, Radwimps meriah sukses besar berkat album Radwimps 4: Okazu no Gohan.

Salah satu lagu berjudul Zenzenzense yang masuk ke dalam salah satu nomor di album kedelapan Radwimps yang rilis pada 2016, Your Name (Kimi no Na Wa), juga menjadi titik di mana band rock legendaris Jepang itu kian tenar.

Lagu dari band rock legendaris Jepang ini menjadi salah satu theme song dari film animasi dengan judul yang sama, Your Name. Zenzenzense mendapat respons positif di Jepang dengan menduduki posisi pertama Billboard Japan Hot 100.

Album dari lagu ini tidak kalah meraih sukses besar. Selain laris di Jepang, Your Name masuk ke chart album Billboard US dengan posisi tertinggi di peringkat 16 pada Billboard Heatseekers Album dan posisi ke-15 di Billboard Soundtrack Album, juga posisi kedua di Billboard World Album.

Versi Bahasa Inggris dari lagu-lagu di album Your Name, termasuk Zenzenzense dirilis pada tahun 2017 yang tersedia untuk layanan digital dan CD. Sementara untuk versi Bahasa Jepang, lagu Zenzenzense sudah disaksikan lebih dari 200 juta orang di YouTube Radwimps.

0 COMMENTS