4 Band Rock yang Berhasil Sukses dengan Cover Lagu Populer

4 Band Rock yang Berhasil Sukses dengan Cover Lagu Populer

  • By:
  • Sabtu, 5 June 2021
  • 185 Views
  • 0 Likes
  • 1 Shares

Tidak bisa dipungkiri jika popularitas musik pop memang kerap kali menarik perhatian banyak musisi. Bahkan tidak jarang dari band rock yang mencoba peruntungan dengan memodifikasi karakter musiknya untuk bisa sepadan dengan keinginan pasar. Namun ada juga band rock yang tetap memilih untuk setia kepada pakem musik yang diusung. Meskipun begitu, band rock yang tetap mengusung pakemnya tersebut mencoba untuk melakukan cover dari lagu-lagu yang populer di zamannya kala itu.

Sebenarnya, tidak hanya band rock saja yang melakukan praktik atau siasat untuk industri musik dunia dengan cara cover lagu ini. Band-band cadas bernapaskan metal, punk, hingga industrial dan experimental pun juga pernah mencoba peruntungannya dalam melakukan lagu pop, baik lagu yang sedang populer di saat kumpulan band rock nan cadas tersebut sedang berada di puncak atau melakukan cover lagu populer yang klasik dan tak lekang waktu. Buat kalian yang penasaran, berikut daftarnya, Superfriends.

Beat It - Fall Out Boy (Michael Jackson)

Di tahun 2008, band rock asal Amerika Serikat yang tengah naik daun, Fall Out Boy secara mengejutkan merilis sebuah lagu cover klasik milik Michael Jackson berjudul Beat It. Secara garis besar, band rock asal Amerika Serikat ini tidak mengubah komposisi musik secara menyeluruh. Fall Out Boy menggubah ulang komposisi lagu klasik milik Michael Jackson ini dengan sentuhan yang lebih cadas dan maskulin. Maskulinitas dari aransemen Beat It baru versi band rock Amerika Serikat ini juga berhasil menjadi track yang populer berkat bantuan tangan dingin John Mayer yang apik mengolah karakteristik gitarnya yang menambah dinamika musik Fall Out Boy jadi lebih ramah didengar oleh telinga penikmat musik secara luas. 

Pete Wentz merupakan perwakilan dari Fall Out Boy yang menghubungi John Mayer secara langsung. Pemain bass dari band rock Amerika Serikat tersebut menyatakan bahwa dirinya perlu seseorang dengan kaliber layaknya legenda untuk menggantikan bagian solo gitar yang sebelumnya diisi oleh Eddie Van Halen di dalam lagu asli dari Michael Jackson tersebut. Sebelum direkam dalam studio bersama John Mayer, band rock asal Amerika ini lebih dulu membawakan lagu cover milik Michael Jackson ini di salah satu penampilan live mereka di Coors Amphitheatre, California dan festival musik Carling Weekend di Leeds, Inggris. 

Kiss Me - New Found Glory (Sixpence None The Richer)

Popularitas lagu Kiss Me dari Sixpence None The Richer memang tidak bisa dipungkiri lagi. Lagu yang rilis pada tahun 1998 tersebut bahkan sempat dianugerahi penghargaan Grammy Awards untuk kategori Best Pop Performance by a Duo or Group with Vocals. Maka tidak aneh rasanya jika band rock yang lebih muda, seperti New Found Glory mencoba untuk menghidupkan kembali nuansa manis yang tercipta dari memori mereka beranjak dewasa dari lagu Kiss Me tersebut. Band rock berlanggam pop punk tersebut akhirnya resmi merilis lagu cover milik Sixpence None The Richer tersebut pada tahun 2007. 

Bahkan New Found Glory pun sampai membuat video klip yang menceritakan tentang kehidupan remaja bersama teman-temannya yang berujung membahas percintaan. Dalam video klip tersebut, New Found Glory juga dibantu oleh kehadiran para personel dari Paramore sebagai talent untuk video klip cover tersebut.

Faith - Limp Bizkit (George Michael)

Bagaimana rasanya jika mengetahui band rock dengan persona cadas seperti Limp Bizkit menyanyikan lagu cover milik George Michael yang lekat dengan citra pop nan kental. Bagi yang belum sadar, band rock asal Amerika Serikat tersebut pernah melakukan lagu cover dari karya George Michael. Lagu tersebut adalah Faith yang dirilis oleh Limp Bizkit pada tahun. Band rock yang secara konsisten mengibarkan bendera rap rock ini pertama kali membawakan lagu populer milik George Michael tersebut pada salah satu panggung live-nya. Awalnya, cover lagu yang dilakukan oleh band rock asal Amerika Serikat ini merupakan bagian dari strategi pemasarannya. Mereka berhasil menarik banyak perhatian ketika melakukan cover dari George Michael ini. 

Pada akhirnya seluruh anggota Limp Bizkit pun sepakat untuk memasukkan cover lagu Faith dari George Michael ini ke dalam album perdana mereka berjudul Three Dollar Bill. Awalnya, sang produser yang bertanggung jawab akan album perdana Limp Bizkit, Ross Robinson, tidak setuju dengan rencana dari band rock besutan Fred Durst tersebut. Namun setelah mendengar proses akhirnya yang dikemas secara gahar dan otentik akan citra Limp Bizkit, akhirnya sang produser pun menyetujuinya. Meskipun mendapatkan apresiasi yang baik dari berbagai kalangan penikmat musik, George Michael sendiri mengakui bahwa dirinya tidak menyukai inisiasi dari Limp Bizkit tersebut.

Africa - Weezer (Toto)

Sebagai band rock, Weezer memang tidak bisa lekat dengan citra yang agak nyeleneh. Ketika akhirnya Weezer merilis single cover Africa dari Toto untuk di tahun 2018 dan juga masuk ke dalam proyek Teal Album di tahun 2019, para penggemar musik dari band rock besutan Rivers Cuomo ini tidak terlalu merasa kaget. Namun secara mengejutkan, lagu cover dari Toto ini berhasil kembali membawa Weezer masuk ke dalam chart Billboard Hot 100. Terakhir kali band rock milik Rivers Cuomo tersebut berhasil masuk ke dalam chart musik dunia tersebut adalah tahun 2009 berkat lagu (If You're Wondering If I Want You To) I Want You To. Cover lagu Africa yang dirilis oleh Weezer ini pun berhasil menduduki posisi ke-51 untuk Billboard Hot 100 dan menduduki peringkat pertama untuk chart Billboard Alternative Songs.

 

Image courtesy of Debby Wong / Shutterstock

0 COMMENTS