grup hiphop lokal

4 Crew Hip-Hop Lokal yang Lagi Panas!

  • By: NND
  • Selasa, 1 October 2019
  • 1535 Views
  • 14 Likes
  • 17 Shares

Hip-hop tanah air sedang aktif bergerak. Mulai dari revival banyak nama-nama lama yang kembali ke atas panggung, atau bahkan ke dapur rekaman. Banjirnya nama-nama baru yang datang dengan karakternya masing-masing, memberikan perkembangan signifikan terhadap hip-hop Indonesia.

Pasokan market baru yang seakan membuka ruang lebih luas bagi tumbuh kembang hip-hop lokal. Maka, tak aneh jika mulai banyak rapper, beatmaker, atau siapapun yang berkontribusi dalam luasnya halaman hip-hop mulai bersatu dan membentuk sebuah grup.

Kali ini, SUPERMUSIC mencoba untuk mengupas fenomena crew/grup hip-hop! Kami akan jabarkan empat grup hip-hop lokal yang memang lagi menjadi pusat perhatian—mereka memang sedang panas-panasnya nih, Superfriends! Siapa saja mereka?

***

1. Mukarakat

Mukarakat adalah grup hip-hop yang berdomisili di Pulau Dewata.  Digawangi lima MC yang kerap menyuarakan suara-suara dari bagian timur Indonesia, Mukarakat telah berhasil menjadi sebuah nama dalam jagad hip-hop lokal yang tak bisa dikesampingkan begitu saja.

Rima yang kuat, flow yang ganas, dan pesan yang kritis dan tak kenal rem seakan memastikan posisinya di dalam skena hip-hop Indonesia. Mereka galak dan jujur, di sanalah titik kuat mereka.

Kalian bisa mendengarkan lagu-lagu andalan mereka; macam “Rompes”, “Elias Piqal”, dan “Indonesia vs. Everybody”—sebuah single yang dalam pengerjaannya turut menggaet Ras Muhammad dan Tuan Tigabelas. Seluruhnya merupakan sebuah banger yang mampu menghebohkan party kelaknya diputar dan mereka merajai microphone!

2. Envy*

Crew new school hip-hop asal bagian selatan Jakarta ini memang sedang naik daun. Envy* mengeksekusi sound new school dengan apik, mereka berhasil memberikan angin segar di belantika musik lokal. Wajar rasanya jika mereka dikiblatkan dengan Brockhampton, Envy* memang turut menggandeng orang-orang terdekat mereka. Tidak tanggung-tanggung, desainer mereka pun termasuk ke dalam jajaran nama dalam Envy*.

Belum lama ini, mereka telah meluncurkan sebuah album bertajuk No Wonder We Have No Friends pada tanggal 10 Agustus lalu—album yang prosesnya memakan waktu satu tahun. Crew berisi delapan orang ini telah menggelar listening party yang bertempat di sebuah restoran di Jakarta Selatan.

3. BLVCKMINDS

Berdomisili di Jakarta meski dibentuk pada tahun 2014 di Ambon, Blvckminds merupakan sebuah kolektif hip-hop yang mengedepankan musik dan sound bertenaga dengan nuansa throw-back ke era-era Golden Era.

Kolektif berisi sepuluh kepala ini menjadi saat ini tengah memanas, dan semua itu karena mereka berhasil merilis sebuah EP bertajuk Plural. Estetika old-school yang dikemas ulang dengan semangat dan sentuhan kekinian. Kombinasi ini menjadi resep yang cukup pas untuk menggubah musik-musik mereka, dan mereka memainkan kartu tersebut dengan benar.

EP Plural merumahi enam trek yang memajukan single “Balaga”—trek pembukanya yang hadir lengkap dengan video klip yang apik. Tidak hanya itu, baru-baru ini mereka juga sempat merilis single bertajuk “Gang” yang rilis pada tanggal 31 Mei lalu.

4. Flava Effect

Flava Effect hadir dari nama lama yang tentunya sudah tidak asing bagi telinga-telinga yang pakem mendengar hip-hop lokal dari era 90-an. Ya, mereka adalah hasil resureksi dari Pasukan Records—sebuah label legendaris yang rilisannya cukup membentuk pondasi skena hip-hop lokal.

Flava Effect merupakan sebuah kuartet hip-hop asal Surabaya. Single mereka, “Maniac” memantapkan nama mereka sebagai pelaku skena hip-hop karena dirilis oleh Pasukan Records.

Namun, ketenaran bawah tanah itu tidak muncul hanya karena embel-embel nama Pasukan Records yang merilis single-nya. Terbukti bahwa mereka got what it takes. Beats organik old school yang pasti berhasil bikin kepala naik turun dari “Maniac” dapat berkata lebih ketimbang membaca tulisan ini, jadi langsung dengarkan saja treknya. Waspada, banyak rima dan flow yang tak kenal ampun di dalamnya!

1 COMMENTS
  • hendrapare151@yahoo.com

    Hipppp hopppppp

Info Terkait

superbuzz
318 views
superbuzz
263 views
superbuzz
336 views