4 Festival Konser Band Luar Negeri yang Berencana Hadir di 2021

4 Festival Konser Band Luar Negeri yang Berencana Hadir di 2021

  • By:
  • Sabtu, 17 April 2021
  • 428 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sejak pandemi virus Corona resmi diumumkan sebagai bencana global. Banyak pihak di industri kreatif yang terkena dampaknya secara signifikan. Dari ranah musik sendiri, festival musik atau konser band luar negeri baik yang datang ke Indonesia maupun diselenggarakan di mancanegara pun mau tidak mau harus mengalami perubahan jadwal. Selain berdampak pada para musisi, tentu saja jadwal yang berubah tersebut menghadirkan dampak ekonomi yang besar baik bagi pihak penyelenggara dan juga pihak penyedia tempat. Namun tampaknya di tahun 2021 ini, penyelenggaraan festival dan konser band luar negeri sudah mulai menunjukkan titik terangnya. 

Titik terang terkait festival musik dan konser band luar negeri, New Zealand sebelumnya sudah sempat mengadakan konser layaknya pra pandemi namun dengan mengimbau agar penonton tetap menjaga protokol kesehatan pribadi. Dengan diperbolehkannya konser di New Zealand, beberapa negara lain pun mulai mengadopsi langkah tersebut dan menyesuaikan lagi dengan regulasi yang ada sehingga dapat mengadakan festival konser band luar negeri secara live lagi. Di Inggris misalnya, di bulan September 2021 nanti sudah ada wacana bahwa akan ada beberapa festival konser band luar negeri dengan konsep physical distancing yang akan digelar. Festival-festival musik ternama lainnya di mancanegara pun mulai mempersiapkan festival musik dan konser band luar negeri di pertengahan hingga akhir tahun 2021 nanti. Berikut adalah daftar festival konser band luar negeri yang akan terselenggara di beberapa belahan dunia di tahun ini.

  1. Lollapalooza

    Harus puas untuk mengubah festival konser band luar negeri secara live menjadi virtual, Lollapalooza berencana untuk kembali menghadirkan atmosfer musim panas yang menyenangkan di tahun ini. Rencana tersebut diharapkan bisa terjadi di tahun ini karena pihak pemerintahan kota Chicago sebagai kota penyelenggara telah mengumumkan pernyataan bahwa salah satu festival konser band luar negeri terbesar di dunia tersebut bisa saja terselenggara. Sayangnya hingga saat ini Lollapalooza sebagai salah satu festival konser band luar negeri terbesar di dunia saat ini juga masih belum mengumumkan nama musisi yang akan hadir melengkapi rangkaian festivalnya. Namun dalam sebuah kesempatan wawancara, Neal Schon selaku pentolan di dalam tubuh band bernama Journey, mengumumkan bahwa mereka memiliki kesempatan besar untuk tampil di panggung Lollapalooza 2021.

  2. Fuji Rock Festival

    Tidak dapat dipungkiri bahwa Amerika Serikat dan benua Eropa kerap dianggap sebagai tuan rumah yang mampu menyelenggarakan festival konser band luar negeri dengan skala yang besar. Namun di Asia sendiri, Jepang pun tidak mau ketinggalan mendapatkan predikat tersebut. Sejak tahun 2005, Fuji Rock Festival dianggap menjadi salah satu festival musik atau penyelenggara festival konser band luar negeri terbesar di negara matahari terbit tersebut. Di tahun ini, rencananya salah satu festival konser band luar negeri terbesar ini akan kembali hadir dengan konsep dan tempat yang sama dari tahun-tahun sebelumnya, setelah tahun lalu terpaksa harus dibatalkan. Salah satu festival konser band luar negeri di Jepang ini akan tetap terselenggara selama 3 hari di pertengahan bulan Agustus mendatang. Dalam siaran pers yang tersedia dalam situs resminya, Fuji Rock Festival juga akan mengimplementasikan peraturan ketan terkait protokol kesehatan dan juga akan fokus menyajikan penampilan musisi-musisi dari seluruh Jepang. 

  3. Reading Festival

    Inggris adalah salah satu negara di Eropa yang memiliki keinginan untuk segera mengadakan festival konser band luar negeri di tahun ini. Setelah mendapatkan kabar Glastonbury Festival 2021 kembali ditunda, Reading Festival menjadi salah satu festival musik terbesar di Inggris yang berperan sebagai harapan bagi para musisi dan penikmat musik Inggris di tahun ini. Rencananya, festival konser band luar negeri ini akan diselenggarakan pada akhir bulan Agustus mendatang. Bahkan pihak penyelenggara pun sudah merilis nama-nama penampil yang akan hadir di Reading Festival. Nama-nama tersebut di antaranya adalah Stormzy, Two Door Cinema Club, Neck Deep, Beabadoobee, hingga Liam Gallager. Dengan nama-nama band dan musisi bertaraf internasional, tampaknya festival konser band luar negeri satu ini memang serius untuk dapat kembali hadir di tahun ini.

  4. Bonnaroo Music & Arts Festival

    Selain Reading Festival, Inggris juga akan kembali menjadi negara penyelenggara Bonnaroo Music & Arts Festival di tahun ini. Festival konser musik band luar negeri ini akan diselenggarakan pada awal bulan September mendatang. Kehadirannya yang hanya kurang lebih berselang satu pekan dari Reading Festival membuat festival konser band luar negeri satu ini juga cukup sayang untuk dilewatkan, Superfriends. Festival yang akan terselenggara di kota Manchester ini akan menjadi estafet dari tongkat semangat penikmat musik akan antusias dari kembalinya konser band luar negeri secara live. Selain itu, nama-nama besar seperti Foo Fighters, Tame Impala, Deftones, Lana Del Rey, hingga Incubus telah masuk sebagai lineup yang akan ikut memeriahkan festival konser band luar negeri ini.

Perlu diingat Superfriends, jadwal terkait konser band luar negeri ini bisa saja berubah di masa depan tergantung kebijakan dari setiap penyelenggaranya. Jika kalian memang berkeinginan untuk menyambangi salah satu dari 4 festival konser band luar negeri berikut, pastikan kalian untuk tetap menjaga kondisi kesehatan dan alangkah baiknya untuk memahami peraturan tentang traveling secara internasional. Mengingat regulasi yang cukup ketat demi mencegah penyebaran virus Corona di tahun 2021 ini.

Image courtesy Vadim Ponomarenko / Shutterstock

0 COMMENTS