4 Gitar Termahal Menurut Sejarah Dunia

4 Gitar Termahal Menurut Sejarah Dunia

  • By:
  • Jumat, 11 June 2021
  • 189 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Jika berbicara soal alat musik, gitar misalnya, harga memang tidak bisa membohongi kualitas yang diberikan. Merk dengan reputasi yang mendunia dengan komponen terbaik kerap kali membuatnya menjadi produsen gitar termahal. Terminologi gitar termahal sebetulnya tidak terlalu cukup populer di industri alat musik. Pasalnya, alat musik seperti gitar lebih dianggap sebagai sebuah kebutuhan oleh musisi dan bukan sebagai komoditas. Maka, baik mencari gitar termahal maupun termurah, selama sesuai dengan konsep dan rencana yang dibutuhkan oleh sang musisi, harga tidak jadi masalah yang berarti. Namun beberapa builder maupun produser terkenal juga tetap berusaha untuk memproduksi gitar termahal. Baik untuk keperluan kolektor maupun musisi yang masih aktif berkarya.

Produsen gitar termahal ini biasanya mengeluarkan gitar seri signature atau replika dari musisi terkenal dan legendaris. Produksi gitar termahal semacam ini memang masih cukup sering ditemui. Namun, produksi gitar termahal seperti ini biasanya hanya hadir dalam jumlah yang terbatas. Selain soal harga, langkanya unit yang tersedia dari rangkaian gitar termahal yang diproduksi ini membuatnya jadi alat musik yang cukup spesial. Buat kalian yang penasaran, berikut adalah beberapa gitar termahal yang pernah diproduksi. Perlu dicatat bahwa gitar termahal ini memiliki harga yang jauh di atas rata-rata. Namun, jika kalian memang menyukainya, tidak ada salahnya untuk menambah koleksi alat musik baru, Superfriends.

  1. Kramer Frankenstrat, Eddie Van Halen

    Dok. Guitars.com

    Sejak kepergian Eddie Van Halen pada tahun 2020 silam, memorabilia seperti gitar Kramer Frankenstrat yang ikonis miliknya langsung memiliki harga dengan banderol yang tinggi. Banderol gitar termahal milik dari mendiang pentolan Van Halen tersebut kurang lebihnya berasal dari sejarahnya yang panjang. Namun, ternyata bukan gitar asli dari Eddie Van Halen yang ternyata mampu meraih predikat sebagai salah satu gitar termahal, melainkan hanya replika. Replika gitar termahal milik Eddie Van Halen ini memang tercatat sebagai produksi dari Kramer. 

    Salah satu produsen gitar berkualitas di dunia tersebut memproduksi kembaran dari gitar Frankenstrat yang ikonis atas keinginan Eddie Van Halen sendiri. Sang musisi ingin memberikan kembaran gitar termahal tersebut untuk salah satu temannya, Bryan Cush. Gitar tersebut pun berhasil terjual dalam lelang seharga 231.250 dolar Amerika Serikat atau setara dengan 3 milyar rupiah. Meskipun begitu, Wolfgang Van Halen, anak dari mendiang Eddie Van Halen tidak menyetujui atas pelelangan tersebut.

  2. 1964 Gibson ES-335, Eric Clapton


    Doc. Disc Makers Blog

    Nama Eric Clapton sebagai seorang musisi legendaris nyatanya mampu menghasilkan persepsi sebagai gitaris dengan kumpulan gitar termahal. Hal tersebut ditemui oleh beberapa acara lelang yang kerap kali memamerkan gitar sang musisi dan berhasil terjual dengan harga yang fantastis. Salah satu gitar termahal milik Eric Clapton yang berhasil terjual sebagai gitar termahal dalam acara lelang adalah Gibson ES-335 Hollow Body yang diproduksi di tahun 1964. Gitar yang diproduksi di tahun tua memang dianggap sebagai produksi gitar yang baik. 

    Namun sejarah perjalanan karier musik Eric Clapton juga yang membantu gitar tersebut memiliki predikat sebagai salah satu gitar termahal. Pada acara lelang di tahun 2004, gitar asli milik Eric Clapton ini berhasil terjual seharga 847.500 dolar Amerika Serikat atau setara dengan 12 milyar rupiah. Padahal taksiran awal dari penyelenggara lelang tersebut menyangka bahwa salah satu gitar milik Eric Clapton ini memiliki harga yang jauh lebih rendah. Gitar termahal Eric Clapton ini sempat digunakan oleh sang musisi untuk berbagai macam proyek musik. Mulai dari proyek solo, proyek musiknya bersama band seperti Yardbirds, John Mayall’s Bluesbreaker, Cream, dan masih banyak lainnya.

  3. 1959 Gibson Les Paul Standard, Keith Richards

    Dok. Met Museum

    Selain Eric Clapton, ada musisi Inggris lainnya yang berhasil menjual gitarnya dengan taksiran banderol yang membuat alat musik tersebut menjadi salah satu gitar termahal. Gitar termahal satu ini adalah milik Keith Richards, gitaris dari The Rolling Stones. Tidak ada informasi yang detail mengenai kapan gitar 1959 Gibson Les Paul Standard milik Keith Richards ini dilelang. Namun, beberapa sumber menyatakan bahwa gitar termahal yang lekat dengan citra awal karier Keith Richards dan The Rolling Stones ini berhasil terjual hingga 1 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan 14 milyar rupiah. 

    Nilai berharga dari gitar termahal milik Keith Richards ini juga menambah cukup signifikan ketika orang-orang mengetahui jika Keith Richard sempat memainkannya dalam sebuah acara televisi bergengsi di Amerika Serikat, Ed Sullivan Show di tahun 1964 sebelum akhirnya pindah haluan menggunakan gitar produksi Fender hingga saat ini. Beberapa pengamat gitar pun memaklumi jika gitar milik Keith Richards tersebut berhasil menjadi salah satu gitar termahal saat ini. Pasalnya, untuk versi standar saja, Gibson Les Paul yang dirilis di tahun yang sama kini bisa terjual mencapai ratusan ribu dolar Amerika Serikat.

  4. 1958 Gibson Korina Explorer

    Dok. Ultimate Guitar

    Salah satu gitar termahal dalam daftar ini merupakan satu-satunya gitar yang tidak memiliki asosiasi dari musisi legendaris. 1958 Gibson Korina Explorer merupakan proyek atau misi personal dari Gibson sebagai produsen gitar untuk membuat gitar yang spesial. Eksklusivitas yang hadir pada gitar ini terdapat pada material utamanya. Untuk memproduksi gitar termahalnya, Gibson menggunakan material kayu bernama Korina. Selain itu, Gibson tercatat hanya memproduksi 10 unit gitar termahalnya saja dalam menggunakan kayu Korina. Salah satu gitar termahal milik Gibson ini berhasil terjual kepada salah satu toko musik di Denmark seharga 1.1 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan 15 milyar rupiah. Salah satu anak perusahaan Gibosn, Epiphone pun kini telah menjual versi replikanya dengan harga 600 dolar Amerika Serikat yang jauh lebih murah daripada aslinya.

Image courtesy of Rolling Stone

0 COMMENTS