podcast

4 Podcast Musik Lokal yang Seru Buat Didengerin

  • By: NND
  • Selasa, 31 March 2020
  • 455 Views
  • 3 Likes
  • 3 Shares

Perkembangan teknologi di era digital ini menghadirkan sejumlah platform baru dalam berbagai macam aspek kehidupan manusia. Musik misalnya, yang industri dan sistem mainnya seraya dirombak dengan kehadiran layanan streaming musik digital. Uniknya, dari sejumlah layanan streaming ini, lahir juga ekosistem baru yang turut menjadi relevan melalui "akses instan" yang ditawarkan oleh layanan streaming. Ya, streaming yang sekarang menjadi moda utama menikmati musik, turut membuka jalan bagi podcast; ia mendapatkan ruang yang membuatnya mampu relevan di tengah zaman yang serba cepat ini.

Tidak jauh berbeda dengan siaran radio, pada dasarnya podcast merupakan sesi bincang-bincang yang membahas isu tertentu untuk kemudian disiarkan kepada seluruh pendengarnya. Musik, dalam kasus ini, menjadi salah satu topik yang kerap dibahas--sama seperti radio di era kejayaannya dulu.

Untuk itu, SUPERMUSIC telah mengumpulkan beberapa podcast lokal Indonesia yang bergelut dalam dunia musik dan sekitarnya. Lengkapnya, silahkan langsung dibaca, di bawah ini:

1. Agordipod (Agordiclub)

Sebagai salah satu media/platform yang fokus membahas musik, Agordiclub merupakan nama yang cukup konsisten dalam menyajikan kontennya. Salah satu ujung tombak mereka adalah siaran podcast melalui Agordipod. Pembahasannya luas, namun secara garis besar disalurkan menjadi tiga program besar, yakni "Punggung Panggung" (dulunya Behind That Scene), "SVVARA Podcast", dan "Daftar 7" (kolaborasi dengan Amvibe).

Ketiga program yang disiarkan di Agordipod ini mengupas segala macam isu yang ada di kancah permusikan lokal, mulai dari insight mendalam para pelaku skena, bahasan-bahasan ringan seputar musik yang aktual, hingga meruntut album-album handpicked yang layak didengarkan. Semua ini disalurkan dengan konsistensi, sehingga berhasil menjaring sejumlah followers. Worth to listen!

2. East Kemang Radio (Whiteboard Journal)

Sesuai namanya, East Kemang Radio digarap di COMO Park yang terletak di Kemang Timur. Digagas oleh Whiteboard Journal, podcast ini beragam topik yang hadir di industri kreatif Indonesia. "(East Kemang Radio) akan menyajikan serangkaian program bervariasi--mulai dari bicara kreativitas, kesetaraan, sampai kenangan," dikutip dari Whiteboard Journal.

Tak jarang, sosok-sosok aktif dalam kancah musik independen ikut dijaring ke sebagai topik bahasan mereka. Semua itu disajikan melalui beberapa program seperti "We Discuss" yang membuka panel diskusi bersama para pelaku kreatif, "F.Y.I" yang berbagi insights terkait tren dunia kreatif, "Soundclass" yang mengundang sosok-sosok lintas background untuk berbagi tiga lagu dan kisah-kisah pribadi di baliknya, "Emo Night" yang membahas nostalgia dan glory days dari musik emo dan perayaannya. Menarik, kan?

3. Amwave (Amvibe)

Adalah Amwave, produk podcast gagasan Amvibe yang juga menjadi salah satu nama paling produktif dalam mengumpan sesi-sesi bicara seputar musik dan apapun itu yang beririsan dengannya. Tagline-nya simpel dan terus terang: "Amwave yang menggali, kalian bebas beropini." Namun jika turut menggali bahasan Amwave, terdapat tiga program besar yang menjadi basis siaran mereka.

Pertama, ada "Amwave" selaku sajian utamanya, membahas apapun itu--tren, fenomena, isu, dan lain sebagainya--yang terjadi di dunia musik, baik itu lokal ataupun global, dari sudut pandang para pembicara yang juga beragam. Mereka juga punya "Siniar DNA", program kolaborasi dengan podcast Bicara Musik yang mengajak pendengar menengok ke belakang, melacak sejarah dan perkembangan yang hadir dari pergerakan sebuah kancah musik--atau bahkan kancahnya sendiri. Terakhir, adapula "Daftar 7" yang sudah disebutkan sebelumnya, hasil kolaborasi dengan Agordiclub yang menrunut tujuh lagu pilihan keduanya. Dari ini semua, kita para pendengar dapat menikmatinya, dan tentu, bebas beropini.

4. Ngobam (Gofar Hilman)

Tentu nama "Ngobam" sendiri, yang berarti "Ngobrol Bareng Musisi" sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang, terutama mereka yang mengikuti Gofar Hilman. Biasa tayang di channel YouTube-nya, sekarang Ngobam sudah hadir pula dalam format podcast. Artinya, Ngobam sudah bisa dinikmati melalui layanan streaming layaknya podcast pada umumnya.

Bagi kalian yang belum sempat mendengarkan Gofar ngoceh bareng musisi-musisi ini, Ngobam hadir dengan bincang-bincang ringan yang terkadang bisa saja menjadi berat, semua dibungkus dengan persona Gofar yang pastinya mampu membuat semua tertawa. Pertanyaan-pertanyaan berbau tabu, mengorek rumor, ataupun sekedar guyonan receh (atau jorok); semua akan dikupas habis oleh Gofar dengan cara yang paling jenaka, dan yang penting, lintas genre dan isu! Jadi, langsung aja dengarkan sendiri~

0 COMMENTS