4 Tips Mengelola Media Sosial yang Mudah untuk Musisi

4 Tips Mengelola Media Sosial yang Mudah untuk Musisi

  • By:
  • Senin, 1 February 2021
  • 495 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Di zaman modern sekarang ini, media sosial merupakan sebuah hal yang seakan tidak bisa digantikan dalam aktivitas sehari-harinya. Keberadaannya dianggap penting untuk dapat berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai kalangan. Semua orang perlu memiliki akun media sosial, begitu juga dengan sebuah band atau seorang musisi dan dalam menggunakannya, perlu mengenal tips mengelola media sosial yang baik dan tepat. 

Media sosial perlu digunakan serta dimanfaatkan oleh band atau musisi sebagai sebuah kanal untuk promosi. Terutama di tengah masa pandemi Covid-19 yang masih belum terlihat kapan akan berakhirnya. Maka dari itu, peran media sosial sebagai sebuah kanal promosi sebuah band jadi terkesan penting. Pengetahuan akan tips sosial media yang baik dan tepat guna juga perlu diaplikasikan agar mendapatkan hasil yang sesuai demi menjalankan promosi dengan baik dan berkelanjutan. Mengikuti tips mengelola media sosial yang tepat tidak hanya mampu untuk meningkatkan followers, views, atau likes saja, tapi bisa saja karya lo pun mulai terdengar sampai belahan dunia lainnya. Hal tersebut bisa terjadi karena internet dan media sosial tidak memiliki batas dalam hal regional, sehingga lo bisa bebas berekspresi menyesuaikan dengan image yang ingin dibangun.

Jika lo merupakan seorang musisi atau tergabung dalam sebuah band dan merasa promosi media sosial yang dilakukan masih belum tepat, mungkin ada baiknya untuk kembali menyusun ulang strategi pemasarannya. Demi mempermudah langkah promosi melalui media sosial sebagai seorang musisi atau sebuah band, berikut ada tips mengelola media sosial yang bisa dilakukan dengan mudah. 

  1. Lakukan riset tentang pendengar

    Dalam menyusun strategi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik melalui media sosial yang lo lakukan sebagai seorang musisi atau sebuah band, melakukan riset adalah langkah awal yang penting untuk dilewati sebagai salah satu tips mengelola media sosial. Demi meraih penggemar atau pendengar musik, lo perlu melakukan riset terlebih dahulu tentang karakteristik musik yang dibawakan. Riset ini bisa mengambil dasar dari beberapa band atau musisi yang lebih dulu terlihat sukses mengelola media sosialnya. Temukan kelebihan dan kekurangannya. Lalu, coba untuk aplikasikan sekaligus mencari titik pembeda untuk memberikan hal unik kepada pendengar genre musik yang lo pilih. 

    Selanjutnya, lo juga bisa melakukan riset mengenai arahan artistik konten atau karya yang ingin diunggah melalui media sosial. Pilihlah arahan artistik yang sesuai dengan selera dari penggemar atau pendengar genre musik yang masih satu irisan. Hal tersebut diperlukan agar para penggemar atau pendengar bisa merasa lebih dekat dan tidak perlu merasa kaget dengan hal baru yang coba dibawakan dari media sosial lo yang baru mereka kenal. 

  2. Sesuaikan konten dengan data analisis

    Membuat konten berdasarkan nilai estesis saja memang bukan hal yang salah untuk dilakukan dalam mengelola media sosial. Namun, tips mengelola media sosial menganjurkan untuk juga melibatkan data analisis yang dimiliki tentang genre musik yang lo pilih ke dalam konten-konten lainnya di media sosial. Data analisis yang dimaksud dalam tips mengelola media sosial ini adalah data yang lo dapatkan dari riset di berbagai platform. Platform riset media sosial yang bisa digunakan di antaranya ada Google Analytics, Facebook Analytics, Instagram Insights, dan masih banyak lagi.

    Dari platform riset tersebut, lo bisa menemukan data analisis terkait demografis pendengar atau penggemar musik yang lo usung. Rock misalnya. Dari data tersebut, lo bisa mulai aplikasikan tips mengelola media sosial dengan membuat konten-konten suplementer di luar karya demi mendapatkan target demografi yang tepat. Konten-konten berdasarkan riset yang jadi tips mengelola media sosial ini bisa dibuat dengan substansi yang ringan sehingga dapat menarik interaksi lebih lanjut. 

  3. Lakukan promosi sesuai dengan konten

    Tips mengelola media sosial lainnya yang bisa lo gunakan adalah memaksimalkan akun yang lo miliki sebagai ladang promosi. Promosi ini penting juga untuk dilakukan sebagai salah satu tips mengelola media sosial untuk jadi tambahan pemasukan. Selain untuk mempromosikan lagu, lo pun bisa menggunakan media sosial untuk memperkenalkan koleksi merchandise baru. Merchandise yang dikenalkan melalui media sosial bisa mampu meningkatkan popularitas lo sebagai musisi atau band lo. Memaksimalkan promosi merchandise merupakan salah satu tips mengelola sosial media yang bisa lakukan demi meningkatkan interaksi sekaligus menarik follower baru. 

    Meskipun lo punya gambaran sendiri tentang merchandise yang akan diperkenalkan melalui media sosial, lo pun tetap harus mengikuti arahan konten dari data analisis yang didapat sebelumnya. Mengikuti promosi melalui arahan konten analisis data merupakan salah satu tips mengelola media sosial yang perlu diikuti. Pasalnya, dengan arahan data tersebut bisa memberikan target audiens yang lebih sesuai. Sehingga promosi yang dibuat pun bisa mendapatkan hasil yang sesuai. Dengan hasil yang sesuai maka kemungkinan besar lo akan mendapatkan pemasukan tambahan dari konten media sosial yang dibuat.

  4. Quality over quantity

    Kuantitas konten memang masih jadi hal yang cukup memengaruhi algoritma dalam membuat akun lo jadi selalu terlihat. Namun, memberikan kualitas konten yang terbaik juga jadi salah satu tips mengelola media sosial yang tepat. Jika tidak dibarengi dengan kualitas yang baik, maka konten-konten yang diunggah seakan tidak memiliki kekuatan atau keunikannya sendiri. Sehingga para pengguna media sosial tersebut merasa kurang tertarik untuk mengikuti atau berinteraksi pada akun media sosial yang lo bangun. 

0 COMMENTS