5 Aplikasi Bikin Lagu untuk Pemula hingga Musisi

5 Aplikasi Bikin Lagu untuk Pemula hingga Musisi

  • By:
  • Senin, 26 April 2021
  • 246 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Kemajuan teknologi dan pesatnya perkembangan zaman saat ini bikin seorang musisi atau bahkan para pemula menjadi lebih mudah untuk mengekspresikan kemampuannya dan minatnya dengan kehadiran aplikasi bikin lagu.

Dengan hadirnya aplikasi bikin lagu, baik pemula hingga musisi semakin mudah untuk menciptakan lagu dan merekam lagu. Bahkan aplikasi bikin lagu ini tidak hanya tersedia untuk PC, melainkan juga sudah tersedia di gadget atau ponsel pintar.

Tentu saja hadirnya aplikasi bikin lagu di gadget tersebut akan memudahkan kerja dari musisi dan membikin para pemula lebih bisa mengeksplorasi kemampuan bermusik mereka. Hal ini dimungkinkan karena di aplikasi bikin lagu tersebut terdapat fitur-fitur yang membantu membuat lagu dengan adanya sample suara gitar hingga drum serta kemampuan untuk merekam vokal.

Ada banyak aplikasi bikin lagu yang kini sudah tersedia, dari sekian banyak itu The Guardian merilis aplikasi bikin lagu untuk pemula. Nah, Superfriends bisa menyimak daftarnya di bawah ini.

1. Aplikasi Bikin Lagu: Figure

Daftar aplikasi bikin lagu pertama adalah Figure yang merupakan keluaran dari salah satu perusahaan musik/teknologi, Propellerhead Software, yang alatnya digunakan oleh sejumlah musisi profesional. Aplikasi bikin lagu Figure diciptakan untuk mempermudah para pemula membuat musik dengan membuat loop elektronik menggunakan drum, bass, dan melodi.

Aplikasi bikin lagu ini memungkinkan kalian untuk melihat dan membuat remix loop orang lain dan membagikan loop musik kalian sendiri. Aplikasi bikin lagu Figure saat ini tersedia di iOS secara gratis.

2. Aplikasi Bikin Lagu: GarageBand

Aplikasi bikin lagu ini disebut-sebut sebagai aplikasi musik paling atas hingga sekarang. Diluncurkan oleh Apple pada 2004, aplikasi bikin lagu ini terus mengalami perkembangan yang membuatnya semakin mudah digunakan.

GarageBand kini sudah tersedia untuk versi Windows, iOS, dan Android yang memungkinkan kalian membuat lagu dengan aplikasi kaya fitur yang mudah digunakan dan memungkinkan kalian membuat komposisi lengkap hanya menggunakan ponsel.

3. Aplikasi Bikin Lagu: KORG iKaossilator

Aplikasi bikin lagu di seluler yang menyenangkan ini telah ada selama beberapa waktu. Kalian akan diberikan kumpulan suara dengan lima trek untuk dimainkan, serta panjang pola dan skala yang dapat dipilih untuk dimainkan.

Untuk bisa menggunakan fitur dari aplikasi bikin lagu ini, kalian harus membayar sekitar 19,99 USD. Kalian bisa mendapatkan kualitas synthesizer yang mumpuni untuk aplikasi bikin lagu di ponsel.

4. Aplikasi Bikin Lagu: FL Studio Mobile

FL Studio Mobile adalah aplikasi bikin lagu atau aplikasi komposer musik lengkap dimana kalian bisa membuat project multitrack pada perangkat Android. Aplikasi ini mengemas segalanya yang kalian perlukan untuk membuat musik, termasuk step sequencer, piano roll, keyboard, drum pad, track editor, effects, dan lebih dari 100 sampel instrumen.

Aplikasi bikin lagu ini juga memiliki real-time effects seperti EQ, Delay, Reverb, Limiter, Filter, dan Amp untuk meningkatkan kualitas mixing. Ada juga wave editor untuk normalisasi, cut, trim, menambahkan silence, reverse, fade in atau fade out. Untuk mendapatkan fitur dari aplikasi ini, kalian harus merogoh kocek sekitar 15 USD untuk membelinya di Play Store.

5. Aplikasi Bikin Lagu: Music Maker Jam

Untuk aplikasi bikin lagu selanjutnya cukup banyak digunakan. Pada aplikasi ini kita bisa membuat trek audio sendiri dengan berbagai macam loops, beats, dan sumber musik lainnya. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 100 style musik seperti hip hop, dubstep, rock, funk, trap, drum & bass, techno, house, ambient, jazz, juga mixer 8 channel sehingga kamu bisa mixing lagu dan menambahkan efek pada lagu.

Dengan Music Maker Jam kalian bisa me-remix trek audio hanya dengan menggoyangkan (shake) device. Kalian juga bisa menggunakan loop selector untuk mengkombinasikan style-style musik. Ada ribuan loops yang bisa dipilih serta fitur voice recording di mana kalian bisa merekam suara kalian sendiri. Aplikasi bikin lagu Music Maker Jam bisa diunduh gratis dari Play Store, juga menawarkan in-app purchases seperti library atau loops tambahan.

0 COMMENTS