5 Band Bersaudara di Genre Rock: dari Radiohead hingga PAS Band

5 Band Bersaudara di Genre Rock: dari Radiohead hingga PAS Band

  • By:
  • Rabu, 3 February 2021
  • 420 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Tidak sedikit grup musik dibentuk atas latar belakang ikatan persaudaraan atau keluarga. Ya, ada pula band bersaudara yang tercatat mewarnai dunia industri musik.

Keputusan untuk membentuk band bersaudara tidak terlepas dari salah satu kunci sukses dalam bermusik, yaitu aspek chemistry yang jadi hal vital untuk turut menentukan sejauh mana sebuah kelompok musik berlayar jauh.

Tak ayal hal tersebut jadi salah satu resep utama sukses bagi keutuhan sebuah band. Tanpa adanya kesolidan yang kokoh, mustahil sebuah band mampu menjaga asa bercokol di tengah derasnya persaingan di belantara industri musik.

Berbagi proses komitmen serta kepercayaan, tentu jadi hal wajib yang dilakukan oleh antar personel. Normalnya sebuah kelompok musik merupakan kolektif yang terdiri atas sekumpulan orang-orang yang memiliki gagasan dan misi yang sama. Namun lebih menyenangkan kalau bisa digeluti bersama saudara sedarah sendiri.

Umumnya unit musik yang dihuni oleh pasangan bersaudara atau band bersaudara memiliki dua kepala untuk bisa menyatukan anggota lainnya di dalam band. Beberapa unit rock kaliber seperti The Beach Boys, The Allman Brothers hingga Oasis adalah contoh serentetan kelompok musik yang sukses serta populer dalam genrenya masing-masing.

Mereka pun membuktikan kalau duet kakak adik di dalam sebuah band mampu mewariskan karya mumpuni. Sama halnya dengan mancanegara, di nusantara pun banyak melahirkan deretan band rock beranggotakan kakak adik yang mampu menyuguhkan kualitas. Simak deretan band rock berpersonelkan sesama saudara.

Band bersaudara: Koes Plus

Daftar band bersaudara pertama datang dari Tanah Air, Koes Plus. Salah satu band legendaris dari bumi nusantara ini terbentuk di tahun 1969 sebagai kelanjutan dari grup bernama Koes Bersaudara. Mereka dimotori oleh kakak beradik Tony, Yon, dan Yok Koeswoyo. Famili Koes berasal dari arek-arek di tanah Tuban, Jawa Timur. Kakak beradik tersebut merupakan salah anak dari sembilan bersaudara pasangan R Koeswojo (Raden Koeswoyo) dan Rr. Atmini.

Selama menjalani karier di belantika musik nusantara, Koes Plus sebagai band bersaudara telah melepas karya tak kurang dari 100 album dan pencapaian hingga 1000 tembang yang sudah diciptakan. Di Indonesia sendiri, tak ada satupun kelompok musik yang mampu menyamai atau melebihi Koes Plus dalam urusan produktivitas dalam berkarya musik. Bahkan band bersaudara ini juga mencatatkan nama di Museum Rekor Indonesia sebagai band terproduktif.

Band bersaudara: Good Charlotte

Untuk daftar band bersaudara berikutnya adalah Good Charlotte. Band rock asal Amerika yang terbentuk pada 1995 ini punya dua anggota yang bersaudara dan mereka kembar identik. Band bersaudara dengan personel bersaudara itu adalah Benji dan Joel Madden.

Dalam band bersaudara yang populer dengan single I Just Wanna Live ini, Joel menempati posisi sebagai lead vocalist, sedangkan Benji berperan sebagai gitaris dan vokal. Band bersaudara yang mengusung alternative rock ini terbilang sukses dan eksis berkarya dengan melahirkan 7 album studio yang ditandai lewat album debut self-titled di tahun 2000.

Band bersaudara: Radiohead

Siapa yang tidak mengenal unit veteran rock satu ini. Ya, Radiohead, band yang terbentuk sejak 1985 tersebut nyatanya adalah band bersaudara yang digawangi oleh kakak-adik Jonny Greenwood dan Colin Greenwood.

Jonny yang mengisi posisi gitar dan Colin sebagai bassist, bersama vokalis Thom Yorke, gitaris kedua Philip Selway dan bassist Ed O'Brien mulai terdengar gaungnya setelah merilis lagu Creep pada 1992. Kini, band bersaudara ini tercatat telah melepas 9 album studio yaitu Pablo Honey (1993), The Bends (1995), OK Computer (1997), Kid A (2000), Amnesiac (2001), Hail to the Thief (2003), In Rainbows (2007), The King of Limbs (2011), A Moon Shaped Pool (2016).

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PAS Band (@pasbandofficial)

Band bersaudara: PAS Band 

PAS Band menjadi list dari band bersaudara pilihan kami. Lahir di Kota Kembang, nama PAS Band selalu jadi garda terdepan dalam perbincangan musik rock. Peta musik rock jadi terkesan lebih modern dan dinamis sejak digaungkan oleh unit rock alternatif tersebut di awal-awal era 90-an.

Namun tak banyak yang tahu kalau ternyata terdapat personel kakak adik di dalam kubu PAS Band. Mereka adalah sang gitaris yang dikenal dengan nama panggung Bengbeng dan bassis dengan nama Tresno. Duo saudara bernama asli Bambang Sutejo dan Bambang Sutrisno itu, merupakan personel asli sekaligus pendiri PAS Band. Bersama Yukie, Sandy, dan Richard Mutter, mereka tetap konsisten jadi band berpengaruh sekaligus veteran di lanskap rock tanah air.

Band bersaudara: /rif

Selain PAS Band, tak sah rasanya jika tak memasukkan nama /rif ke dalam daftar band Kota Kembang paling berpengaruh sekaligus band bersaudara juga tentu saja. Ya, sama halnya dengan PAS Band, /rif juga memiliki personel saudara kandung. Tak lain dan tak bukan sang frontman sekaligus vokalis Andy yang merupakan kakak dari penabuh drum Magi.

Keduanya sepakat membentuk /rif di tahun 1992. Hingga sampai kini /rif pun masih ditasbihkan sebagai salah satu penampil rock terbaik di nusantara. Album penuh perdana mereka berjudul Radja (1997) meledak di pasaran sekaligus jadi gong penanda musik Indonesia kini telah berevolusi di tangan seperti band sejawat seperti Slank, Dewa, hingga Padi. Kesuksesan album pertama pun berlanjut di opus selanjutnya seperti Salami (1998) dan Nikmati Aja (2000).

0 COMMENTS