5 Band Vokalis Wanita dengan Komposisi Musik Menarik

5 Band Vokalis Wanita dengan Komposisi Musik Menarik

  • By:
  • Jumat, 9 April 2021
  • 660 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Bermusik merupakan sebuah kegiatan yang bebas dilakukan oleh siapa saja, baik laki-laki maupun wanita. Di Indonesia sendiri banyak musisi ataupun band berkualitas yang datang dengan formasi antara laki-laki dan wanita. Bahkan band vokalis wanita dalam beberapa tahun ke belakang kerap kali berhasil membuat karya yang solid sehingga diminati oleh banyak orang. Selain itu, band vokalis wanita ini tidak hanya berkutat di dalam musik pop saja. Bahkan untuk genre musik cadas, seperti band rock dan metal juga umum diisi oleh band vokalis wanita.

Perlu diingat bahwa band dengan vokalis wanita yang ada di dalam daftar artikel ini juga memiliki penggemar yang cukup banyak berkat permainan musiknya yang terdengar harmonis maupun memiliki pendekatan kreatif yang unik. Bagi kalian yang penasaran, berikut daftarnya, Superfriends!

  1. Reality Club

    Reality Club merupakan band yang dibentuk oleh Fathia Izzati bersama Era Patigo dan Mayo di tahun 2016. Sejak pertama kali hadir di kancah musik independen Tanah Air, band vokalis wanita yang menamakan diri mereka Reality Club ini mampu berhasil menarik perhatian penikmat musik secara masif. Perlu diakui bahwa permainan musik rock alternatif nan modern yang ditawarkan oleh Reality Club cukup terdengar ringan untuk didengarkan dalam berbagai macam keadaan. Selain itu, lirik yang ditulis oleh para anggota band vokalis wanita ini juga cukup mudah dicerna, karena membicarakan tentang isu-isu yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kehidupan kaum dewasa muda. Reality Club hingga saat ini telah berhasil merilis dua buah album, bertajuk Never Get Better di tahun 2017 dan What Do You Really Know di tahun 2019.

  2. Scaller

    Tidak bisa dipungkiri bahwa Scaller merupakan salah satu band modern rock dengan pendekatan kreatif eksperimental yang cukup menarik perhatian. Pendekatan kreatif yang unik dalam tubuh band vokalis wanita ini cukup berhasil membuat Scaller memiliki banyak penggemar setia. Pertama kali mencuat di tahun 2014 dengan mini album mereka berjudul 1991, band vokalis wanita yang terdiri dari Stella Gareth dan Reney Karamoy ini dianggap menghadirkan sebuah kebaruan, baik untuk genre rock di industri musik Indonesia maupun secara keseluruhan. Beroperasi dalam format duo, band vokalis wanita ini cukup membagi peran dengan efektif. Di atas panggung, Reney Karamoy secara apik mengatur tempo dan arahan lagu dengan permainan gitarnya dan Stella Gareth menghadirkan harmonisasi yang apik berkat teknik vokal dan permainan synth-nya. Sejak merilis album Senses di tahun 2017, Scaller secara konsisten merilis single dari tahun ke tahunnya untuk menjaga konsistensi dan tren bermusik yang diusung oleh band vokalis wanita satu ini.

  3. Barasuara

    Jika berbicara mengenai band vokalis wanita yang populer di kalangan penikmat musik Indonesia, rasanya wajib untuk memasukkan Barasuara ke dalam daftar ini. Band yang dibentuk oleh Iga Massardi ini memiliki dua vokalis wanita yang posisinya diisi oleh Asteriska dan Puti Chitara. Kehadiran keduanya mampu menghadirkan dinamika yang lebih komplit dari permainan musik yang terdengar cukup kompleks. Kehadiran Barasuara melalui single-nya di tahun 2015, Bahas Bahasa merupakan langkah awal yang membuat band vokalis wanita Indonesia ini dikenal secara luas. Karakteristik yang melekat pada musik Barasuara tentu saja datang dari pemilihan komposisi beat yang terdengar layaknya musik etnis dengan lirik yang padat dan berisi. Saat ini, band vokalis wanita ini telah berhasil merilis dua buah album. Pertama berjudul Taifun di tahun 2015 dan dilanjutkan oleh Pikiran dan Perjalanan di tahun 2019.

  4. Stereowall

    Berawal dari hobi, Stereowall sebagai band vokalis wanita yang ada di dalam daftar ini secara konsisten terus meningkatkan kualitasnya serta reputasinya sebagai salah satu band rock/emo yang patut diacungi jempol. Cynantia Pratita berperan sebagai vokalis utama untuk band vokalis wanita yang terbentuk di Jakarta ini. Stereowall sebagai band rock tidak menutupi karakter vokal Cynantia Pratita untuk dapat terdengar garang. Malah, band rock asal Jakarta ini menggarap komposisi lagu dan notasi yang saling berpadu dan bersinergi untuk membuat lagu-lagu mereka terdengar lebih lengkap dan memiliki energi yang langsung dapat tersampaikan kepada para penikmat musiknya. Sebagai band vokalis wanita, Stereowall juga tidak ragu untuk melakukan kolaborasi dengan berbagai band yang memiliki spektrum yang identik dengan karakter musik mereka. Baru-baru ini, Stereowall merilis single kolaborasi bersama For Revenge berjudul Jakarta Hari Ini.

  5. Stars and Rabbit

    Jika terhitung sebagai sebuah band, mungkin Stars and Rabbit memang terbilang masih memiliki umur yang terbilang muda. Namun tidak bagi orang-orang di dalamnya. Kini beranggotakan Elda Suryani dan Didit Saad, band vokalis wanita ini diisi oleh orang-orang yang sudah cukup lama malang melintang di industri musik Indonesia. Pengalaman yang dimiliki oleh para anggota Stars and Rabbit ini mungkin jadi salah satu faktor yang membuat band vokalis wanita ini terdengar memiliki komposisi musik yang unik. Terlebih jika mengingat saat pertama kali band vokalis wanita ini merilis single yang cukup menarik banyak perhatian penikmat musik, Man Upon The Hill yang dirilis untuk album perdana mereka di tahun 2016. Penggabungan nuansa musik pop dan folk membuat lagu-lagu Stars and Rabbit memiliki nilai unik dan menarik untuk didengarkan dalam kondisi apapun.

Image banner courtesy of Stars and Rabbit

0 COMMENTS